Lima Pantai Yang Wajib Kamu Kunjungi di Tuban, Jawa Timur

Lima Pantai Yang Wajib Kamu Kunjungi di Tuban, Jawa Timur 1

Tentu kamu tidak asing dengan Kota Surabaya, Ibu Kota Provinsi Jawa Timur. Namun, tahukah kamu bahwa terdapat kota di Jawa Timur yang bernama Tuban? Mari aku kenalkan sekilas mengenai kota kelahiranku.

Secara gerografis, kota kelahiranku berada di pinggiran Provinsi Jawa Timur dan terletak di perbatasan antara Jawa Timur dengan Jawa Tengah. Dengan letaknya yang berada di pinggiran pulau jawa, Tuban memiliki daerah pesisir pantai yang cukup panjang dan menjadi objek wisata bagi penduduk setempat maupun para wisatawan dari luar kota. 

Konon, kota kelahiranku dijuluki sebagai kota wali, sebab terdapat banyak makam para wali di kabupaten ini. Hal tersebut menambah objek wisata religi yang dapat kamu kunjungi di Kota Tuban. Kabupaten ini diapit oleh empat kabupaten atau kota lain, yaitu: Lamongan, Bojonegoro, Blora, dan Rembang.

Pantai merupakan salah satu objek wisata yang diburu oleh mayoritas orang. Selain untuk melepaskan penat, para wisatawan biasanya mengabadikan momen-momen yang mereka lakukan di pantai tersebut. Tidak sedikit yang mengupload fotonya di sosmed.

Tuban memiliki banyak pantai yang tersebar di daerah pesisir. Kamu wajib banget nih untuk mampir ke Tuban, singgah ke beberapa pantai. Tiket masuknya murah tapi pemandangan gak murahan. Langsung aja deh, aku kenalin lima pantai yang terdapat di Kota Tuban.

1. Pantai Kelapa

Foto dari instagram @pantaikelapatuban
Foto dari instagram @pantaikelapatuban

Yang pertama adalah Pantai Kelapa. Pantai ini terletak di Kecamatan Palang dan menjadi salah satu pilihan warga Tuban dan wisatawan dari luar Tuban sebagai tempat wisata. Seperti namanya, kata “kelapa” diambil karena di pantai tersebut terdapat banyak pohon kelapa yang tumbuh. Pohon kelapa yang rindang membuat para wisatawan menikmati suasana pantai yang sesungguhnya.

Terlebih terdapat spot foto yang disediakan oleh pihak pengelola pantai. Harga tiketnyapun terjangkau, sehingga menarik para wisatawan untuk berkunjung serta menikmati suasana Pantai Kelapa. Pantai ini juga dapat digunakan untuk berenang. Namun, harus tetap berhati-hati ya kawan. 

2. Pantai Boom

Foto dari instagram @pantaiboom.tuban
Foto dari instagram @pantaiboom.tuban

Yang kedua ada Pantai Boom. Udah kaya bom aja ya, meletus “boom”. Gak kok ini bukan seperti namanya. Pantai yang satu ini letaknya berhadapan dengan Alun-Alun Kota Tuban. Pemandangan adalah sesuatu yang dicari oleh para wisatawan.

Biasanya waktu matahari terbenam adalah waktu yang diburu, sebab saat waktu tersebut menjadi momen yang bagus untuk background foto. Harga tiket masuk yang ditawarkanpun bersahabat. Namu, perlu diingat bahwa Pantai Boom tidak untuk berenang karena gelombang air laut yang lumayan deras, tapi tak usah takut kawan, tetap aman kok.

3. Pantai Cemara

Foto dari instagram @mbolangjatim
Foto dari instagram @mbolangjatim

Pantai selanjutnya adalah Pantai Cemara. Terletak di Kecamatan Jenu, dekat dengan alun-alun kota. Dengan nama yang disandangnya yaitu Pantai Cemara, tidak heran jika terdapat banyak pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai. Pantai yang satu ini sering digunakan sebagai spot foto bagi para penggiat sosial media.

Di musim liburan, tercatat bahwa pengunjung Pantai Cemara mencapai ratusan wisatawan yang terdiri dari warga asli Tuban dan luar kota. Sama seperti Pantai Boom, pantai cemara tidak direkomendasikan untuk dipakai berenang. Jadi pantai ini cocok untuk Anda yang suka berfoto.

4. Pantai Pasir Putih Remen

Foto dari instagram @pantairemen
Foto dari instagram @pantairemen

Pantai Pasir Putih terletak di Desa Remen, Kecamatan Jenu. Oleh masyarakat sering disebut dengan nama Pantai Remen. Namanya saja pasir putih, pasti pasirnya berwarna putih. Yap betul sekali. Pantai Remen memiliki pasir yang berwarna putih.

Garis pantai yang satu ini cukup luas, sehingga dapat digunakan untuk bermain pasir atau voli pantai. Pantai Remen memiliki pemandangan yang tak kalah indah dengan pantai yang lain, terutama saat matahari terbenam.

5. Pantai Mangrove

Foto dari instagram @fakhriyuliantono
Foto dari instagram @fakhriyuliantono

Terakhir yang aku mau kenalin adalah Pantai Mangrove. Pantai Mangrove terletak tidak jauh dari Pantai Cemara dan Pantai Pasir Putih. Pantai ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi guru untuk memperkenalkan kepada muridnya mengenai tumbuhan bakau (Mangrove) serta ekosistem laut.

Selain itu, pengelola Pantai Mangrove juga memperbolehkan wisatawan untuk berkemah di sekitar pantai asalkan mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh panitia penyelenggara.

Aslinya masih banyak tempat wisata di Tuban yang wajib kamu ketahui lho! di atas baru lima pantai yang aku kenalkan ke kamu, masih ada wisata realigi, wisata alam, dan lain sebagainya. Selamat berlibur kawan, semoga sehat selalu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.