Lima Penyebab Training Online Yang Kamu Ikuti Tidak Memberikan Hasil Maksimal!


Lima Penyebab Training Online Yang Kamu Ikuti Tidak Memberikan Hasil Maksimal! 1

Di masa pandemi, untuk menambah pengetahuan training on line menjadi pilihan yang tepat. Dengan  media on line seperti FB, instragram dan telegram memberi kesempatan setiap orang untuk terus menambah pengetahuan. Kelebihan training on line bagi peserta, selain tidak perlu meninggalkan rumah, proses training juga dapat diikuti sambil mengerjakan kegiatan yang lain. Kelebihan lainnya adalah peserta training yang ketinggalan materi dapat mempelajarinya ketika mempunyai waktu longgar karena biasanya oleh penyelenggara grup yang digunakan untuk proses belajar akan tetap dibuka sampai batas waktu tertentu.

Mungkin kamu juga termasuk yang suka ikut training on line? Apakah banyak merasakan manfaatnya? Jika belum banyak merasakan manfaatnya, stop! Jangan menyalahkan trainingnya dulu, sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal ini:

1. Tujuan mengikuti training tidak jelas

Kamu mengikuti training untuk menambah wawasan atau tujuan lain?. Jika tujuanmu untuk menambah wawasan maka kamu harus mengikuti training tersebut dengan serius. Karena training tidak dilakukan dengan tatap muka maka kamu harus mempunyai semangat kuat untuk belajar. Kamu tidak dapat berharap tutor akan mengingatanmu untuk serius di kelas seperti halnya jika training dilakukan secara off line. Tutor tidak dapat melihat langsung seberapa serius kamu mengikuti kelas.

2. Tidak paham apakah training diperlukan apa tidak

Bagi kamu yang gemar menambah pengetahuan, pasti kamu sering hunting berbagai informasi training on line yang banyak dipromosikan di FB, grup WA maupun IG. Nah, sebelum memutuskan untuk mendaftar, pastikan bahwa kamu memang memerlukan materi training tersebut. Jangan sampai kamu membuang uang dan waktu untuk training yang sebenarnya kamu sudah mahir atau tidak memerlukannya.

Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan ilmu yang didapat?

Hukum ekonomi menyatakan ada harga, ada kualitas. Nah untuk mendapatkan training yang berkualitas tentu kamu harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Sebelum memutuskan untuk bergabung, pelajari dulu apakah memang isi trainingnya cukup berbobot. Biasanya sebelum training dimulai, penyelenggara mengadakan kelas preview yang berisi gambaran umum materi yang akan diberikan. Sebaiknya kamu mengikuti kelas preview ini sebagai pertimbangan sebelum mendaftar. Kelas preview selain digunakan untuk menjaring calon peserta, juga untuk memberi gambaran umum materi yang nanti akan disampaikan.

Untuk training-training khusus seperti training kepenulisan dan marketing on line, banyak penyelenggara yang cukup berkualitas. Kamu dapat browsing untuk mengumpulkan informasi trac record penyelenggara sehingga lebih mantap mengikuti training tersebut.

3. Waktu training yang tidak tepat

Waktu yang tepat dalam hal ini adalah tepat dengan jadwal kegiatanmu yang lain. Meski penyelenggara biasanya memberikan tambahan waktu untuk tanya jawab dengan peserta, namun respon cepat akan diberikan saat jam training berlangsung. Saat jam training kamu juga dapat melakukan diskusi dengen trainer atau dengan peserta yang lain. Ada baiknya sampaikan ke orang sekitar (teman atau keluarga yang sedang bersama) bahwa kamu sedang mengikuti training saat ini sehingga mereka tidak mengganggu. Sebaiknya kamu juga mencari tempat yang relatif tenang selama proses training berlangsung.

4. Tidak ada fasilitas pendukung yang memadai

Karena training dilakukan secara on line maka fasilitas pendukung yang harus ada adalah gadget dan koneksi internet yang stabil. Sering peserta merasa kedodoran mengikuti materi atau merasa tutor memberikan materi secara tidak berurutan sehingga susah untuk dipahami. Padahal sebenarnya materi sudah diberikan secara berurutan namun karena signal penerima yang tidak mendukung akhirnya ada yang ter-pending.

5. Apakah kamu menyelesaikan tugas tepat waktu

Ini yang sering membuat training on line tidak maksimal. Karena tidak bertemu langsung dengan tutor, peserta menganggap sepele tugas yang diberikan. Padahal menyelesaikan tugas sangat penting untuk mengukur seberapa besar kamu menguasai materi yang diberikan. Ada baiknya kamu mengikuti training yang memberlakukan sistem gugur jika tidak menyelesaikan tugas tepat waktu sehingga terpacu untuk menyelesaiannya.

Agar kamu mendapatkan hasil maksimal dari training on line yang kamu ikuti, hal-hal di atas perlu kamu perhatikan. Selamat mengikuti training on line!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap