Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini!

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini!

Wabah belum menunjukkan tanda-tanda akan segera usai. Hal ini tentu menyulitkan banyak pihak. Bukan cuma pemerintahan, tapi rakyatnya juga. Kalau dari rakyat sendiri, banyak aspek yang terhimpit karena . Salah satunya . Pasti ada banyak yang jadi seret pemasukannya karena .

Lalu gimana caranya bisa bertahan dari wabah yang nggak tahu kapan akan selesainya ini?

Siapkan Kebijakan Menghadapi Kondisi Darurat

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini!

Hal pertama yang harus sebuah lakukan adalah menyiapkan kebijakan untuk menghadapi kondisi darurat macam ini. Seharusnya, ketika berdiri, ia harus sudah menyiapkan kebijakan untuk menanggulangi kondisi tersebut. Tapi kalau nggak ada, maka kalian, pemilik , harus segera membuatnya. Ketika membuat kebijakan, pastikan itu mencakup banyak hal. Salah satu contoh kebijakan adalah kebijakan bekerja di rumah. Nah, kebijakan macam itu harus dibuat aturan dan prosedur yang jelas.

Baca juga  Skidipapap Bisa Jadi Penangkal Corona? Apa Iya?

Bicarakan Dengan Kalian

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini!

Kalau kalian sudah memiliki beberapa , kalian bisa membicarakannya dengan kalian. Mintalah pendapat mereka atas kondisi ini. Lalu sebagai pemilik, kamu harus memutuskan dengan tepat akan bagaimana. Dengan ngobrol sama , kalian akan jadi memahami apa yang mereka kerjakan, lalu bisa menyusun strategi yang tepat.

Baca juga  Kehilangan indra penciuman ternyata tanda infeksi ringan Covid-19

Mau Tak Mau, Kurangi Jumlah

Lindungi Bisnismu Di Tengah Wabah Corona Dengan 3 Cara Ini!

Ini adalah opsi terakhir kalau seandainya tidak ada lagi cara yang bisa kalian lakukan. Mengurangi jumlah atau mem-PHK beberapa . Tentu tak ada yang mau melakukan ini. Tapi mau bagaimana lagi. Mau bisnisnya yang bertahan, atau perlahan mati? Tapi, dengan mengurangi jumlah pun kalian harus memikirkan pesangon mereka. Jangan asal PHK aja. Tapi ada cara lain yang lebih manusiawi. Yakni dengan mengurangi jam kerja. Obrolkan dengan kalian. Dengan mengurangi jam kerja, kalian juga bisa sekaligus mengurangi gaji mereka. Lebih baik dari pada PHK.

Baca juga  Di Tengah Corona Ini, Aman Nggak Berkendara ?

Memang berat bertahan di tengah wabah macam ini. Orang-orang tak bisa kemana-mana, sulit berjalan, dan masalah lainnya. Tapi, kalian tak perlu melakukan 3 cara itu jika kalian tahu bagaimana caranya beradaptasi dengan kondisi macam ini. Salah satu contoh adaptasi yang bisa kalian lakukan adalah menggunakan fasilitas online untuk menjaga kalian tetap berdenyut. Gimana caranya? Pahami kalian, lalu cari celah agar prinsip online bisa masuk.

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.