Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya

Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya 1

Orang seringkali malas membuat lontong atau ketupat karena waktu memasaknya yang sangat lama. Dengan panci presto saja minimal membutuhkan waktu 2 jam, apalagi dengan panci biasa pasti lebih lama lagi. Karena itu, lontong atau ketupat hanya kita masak di waktu-waktu tertentu, seperti hari raya.

Lontong ini adalah lontong ‘sesat’ karena  dibuat dengan menggunakan cara-cara yang tidak biasa. Membuat lontong ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dan hasilnya tak kalah enak dengan lontong yang dibuat dengan cara biasa. Penasaran, kan ? simak, yuk 5 langkah membuatnya!

1. Siapkan nasi

Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya 3

Nasi yang dipakai adalah nasi yang dimasak seperti biasa tetapi dalam memasaknya agak sedikit lembek dari biasanya. Jadi, misalnya dalam memasak 300 gr beras biasa menggunakan 500 ml air, maka untuk lontong ini air yang digunakan menjadi 600 ml.

Supaya lebih sempurna hasilnya, gunakan jenis beras yang pulen. Nasi pulen cenderung kenyal dan legit jadi sangat cocok untuk dibuat lontong dengan metode seperti ini. Beras yang tidak pulen tidak cocok untuk membuat lontong ‘sesat’ ini.

2. Proses selagi panas

Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya 4

Setelah selesai dimasak, dalam kondisi masih panas, angkat nasi ke loyang atau pinggan tahan panas. Ratakan hingga memenuhi seluruh bagian loyang atau pinggan.

Jika kondisi nasi sudah dingin, hasil lontongnya tidak akan maksimal, seperti kurang kenyal dan kurang bisa menyatu. Untuk itu, begitu nasi selesai dimasak, harus segera diproses untuk dijadikan lontong.

3. Tumbuk-tumbuk dengan centong

Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya 5

Tumbuk-tumbuk nasi dengan centong hingga butiran nasi tidak tampak lagi atau tekstur nasi menjadi halus. Dalam menumbuk, gunakan centong anti lengket.Centong anti lengket biasanya bertekstur kasar. Menggunakan centong biasa yang dibungkus plastik bisa jadi pilihan bila tidak ada centong anti lengket.

Setelah tampak halus, padatkan nasi dengan cara menekan-nekan dengan centong atau tangan yang dilapisi sarung tangan plastik. Tekan hingga sepadat mungkin.

4. Diamkan

Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya 6

Setelah ditumbuk-tumbuk dengan centong sampai halus, tutup permukaan nasi dengan plastik supaya tidak kering sambil dipadatkan kembali. Diamkan agar benar-benar dingin dan memadat sempurna. Nasi yang padat sempurna akan sangat mudah untuk dipotong. Untuk mempercepat pendingian bisa diletakkan di dekat kipas angin yang menyala.

Setelah benar-benar dingin, lontong dikeluarkan dari loyang atau pinggan lalu dipotong dengan pisau yang dibungkus plastik agar tidak lengket.

5. Lontong siap disajikan

Lontong Ini Dibuat Selama 1 Jam, Simak 5 Langkah Membuatnya 7

Setelah dipotong-potong, sajikan lontong dengan  sayur gulai nangka dan gulai pakis ala lontong sayur Padang atau dengan sayur godog ala Betawi. Dimakan bersama gado-gado atau ketoprak pun enak. Biasanya, dalam menghidangkan lontong sayur selalu dilengkapi dengan kerupuk dan sambal. Ketika momen hari raya, misalnya Idul Fitri, pelengkap hidangan lontong sayur adalah rendang daging atau semur daging.

Meski dibuat dengan cara ‘sesat’, lontong ini tetap kenyal, padat, dan enak sebagaimana lontong yang dibuat dengan cara biasa.

Bagaimana,minat untuk mencoba? praktis karena menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Hasilnya pun tak kalah enak dari lontong yang dibuat dengan cara biasa. Supaya tidak penasaran, dicoba yuk cara membuat lontong ini! selamat mencoba!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti