Maglev Kereta Super Cepat, Purwarupa Kereta Tercepat dengan Kecepatan 620 Kilometer Per Jam


Maglev Kereta Super Cepat, Purwarupa Kereta Tercepat dengan Kecepatan 620 Kilometer Per Jam 1

Berbagai inovasi transportasi di berbagai dunia pun makin bermunculan, dengan mengandalan dominasi spesifikasi kecepatan kendaraan. Khususnya untuk transportasi kereta api, kereta dengan kecepatan paling tinggi mulai bersaing. Di Tiongkok sendiri selalu ada perkembangan teknologi kereta cepat.

Baru-baru ini Tiongkok memperkenalkan purwarupa kereta tercepat yang mampu menempuh kecepatan 620 kilometer per jam. Kereta ini bernama Maglev mulai diperkenalkan di Tiongkok. Nantinya kereta ini dapat menjadi alternatif transportasi dengan kecepatan yang mampu terbang karena sangat tinggi kecepatannya.

Kereta ini mempergunakan inovasi teknologi high temperatyre superconducting (HTS), yang mampu membuat kereta terasa seperti terbang melayang, namun diatas rel berupa magnet. Kereta maglev tersebut menggunakan elektromagnetik agar bisa tetap bertahan di atas rel. Karena tidak adanya gesekan dengan rel, kereta tersebut bisa berjalan dengan lancar dan tenang. Kereta tersebut akan berjalan seperti melayang 10 milimeter di atas rel dan akan menjadi moda transportasi super cepat dalam jarak tempuh 1.500 kilometer. Kereta maglev bakal hanya menempuh waktu 3,5 jam guna melintasi jalur sepanjang 1.800 kilometer.

Apabila kereta ini berada di Indonesia, maka di perkirakan menempuh jarak dari Jakarta ke Surabaya, maka hanya membutuhkan waktu satu jam lebih saja. Kecepatannya hampir menyamai kecepatan pesawar terbang, dengan estimasi waktu tempuh satu jam lebih.

Luar biasa cepatnya, bagaimana rasanya jika berada sebagai penumpang, pasti senam jantung ya! High speed train merupakan kereta api yang melaju sangat cepat, lebih cepat dari kereta tang kita kenal di Indonesia. Kereta api ini memiliki jalur khusus dengan lintasan lurus. 

Kantor berita Xinhua menyampaikan bahwa purwarupa kereta tersebut memilki dimensi sepanjang 21 meter, dan dipertunjukkan kepada Media Chengdu, di Provinsi Sichuan, pada tanggal 13 Januari 2021 lalu. Salah satu perancang bernama Profesor He Chuan berasal dari Universitas Jiaotong, China.

China sendiri memiliki jalur kereta api paling besar dengan jarak tempuh 37.000 kilometer. Dengan kereta yang sudah lama beroperasi bernama Shanghai Maglev, tahun 2003, dengan kecepatan 430 kilometer per jam.

Menggunakan teknologi magnet, gerbong kereta ini akan dapat terangkat dan melintas pada rel tanpa harus bersinggungan dengan rel. Oleh karena mengambang, Maglev memiliki gaya gesek kecil serta gaya dorong yang cukup besar. Inilah yang menyebabkan maglev dapat melaju hingga 600 km/jam, jauh lebih cepat daripada kereta pada umumnya.


Faizal Chandra

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap