Makan Ramen Murah di Ramen Bajuri Bandung


Makan Ramen Murah di Ramen Bajuri Bandung 1
photo by Lea Putu

Siapa sih yang tidak tau dengan makanan yang bernama Ramen? Ramen yang terkenal makanan khas Jepang ini ternyata berasal dari China loh. Sejarah awal ramen ini bermula pada tahun 1910, saat itu ada dua orang koki yang berasal dari Cina di restoran Rairaken, Tokyo yang memperkenalkan makanan baru yang berupa mie dengan kuah kaldu yang mereka beri nama Shina Shoba (Mie China).

Ramen terbuat dari bahan dasar berupa mie yang berkuah. Ciri khas dari ramen adalah bentuk mienya yang tipis dan juga berwana kuning. Mie tersebut kemudian dimasukan kedalam sebuah mangkuk yang berisi kuah yang terbuat dari berbagai jenis kaldu. Kaldu asli Jepang sendiri memang berasal dari kaldu tulang dan lemak babi.

Tapi seiring perkembangan kandungan nutrisi dan kebijakan pemerintahan Jepang yang menginginkan Ramen sebagai makanan pariwisata di negaranya, kuah Ramen bergeser menjadi olahan tulang ayam dan seafood terutama tulang dan kulit udang. Termasuk di Indonesia, kuah Ramen kebanyakan bukan dari babi.

Nah, di Bandung ada satu tempat yang bernama Ramen Bajuri nih. Cabangnya juga cukup banyak dan salah satunya terdapat di Jalan Sasak Gantung, Lengkong Besar dekat dengan Universitas Bandung Kampus I. Tempatnya lumayan luas dan juga nyaman, bagi kalian yang mungkin kuliah di Universitas Pasundan atau kerja kantoran sekitar Lengkong bisa nih mampir untuk makan siang atau sekedar nongkrong nunggu pergantian jam kuliah.

Buat yang mau malmingan dengan low budget juga bisa loh nongkrong disini. Menunya juga lumayan murah untuk satu porsi Ramen yang lumayan banyak. Menunya pun beragam-ragam. Pokoknya cocok deh untuk tempat nongkrong sekitaran Lengkong.

Makan Ramen Murah di Ramen Bajuri Bandung 3

Tidak hanya menyediakan Ramen, tapi di Ramen Bajuri ini juga ada menu Yamien, Udon, menu nasinya dan beraneka ragam minuman loh. Harganya pun relatif murah loh mulai dari dua puluh ribuan aja. Murah kan?

Makan Ramen Murah di Ramen Bajuri Bandung 4

Untuk pilihan kuahnya pun ada 5 macam, yaitu original chicken, kare, oriental, tomyam dan juga suju. Yang uniknya lagi level kepedasannya dibuat dengan nama percintaan seperti level 1 (kenalan), level 2 (modus), level 3 (baper), level 4 (harkos) dan level 5 (patah hati). Jika kamu merasa porsi Ramennya terlalu kecil, kamu bisa memesan menu Bigger Ramen loh seperti menu di bawah ini

Makan Ramen Murah di Ramen Bajuri Bandung 5

Dari sekian banyak tempat makan Ramen yang ada di Bandung yang menyediakan porsi banyak dan harga yang relatif murah, Ramen Bajuri tempat terpas untuk didatangi. Di samping Ramen Bajuri ini juga ada restoran makanan loh yang namanya Cekeran Midun yang menyediakan beraneka ragam makanan baso, mie dan lainnya.

Buat kamu yang lagi nyari tempat makan ramen atau tempat nongkrong dengan teman untuk bercakap-cakap bisa coba datang ke tempat ini ya.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Puput Raja

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments