Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan

Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan 1

Lebaran merupakan momen saling memaafkan yang identik dengan saling bersilaturahmi ke rumah sanak famili. Saat berkumpul dengan keluarga inilah biasanya kita akan menyambutnya dengan penuh suka cita. Salah satunya adalah dengan menyiapkan berbagai macam menu makanan yang enak dan menggugah selera.              

Diantara menu-menu tersebut kita yakin bahwa pasti ada menu andalan ataupun menu wajib yang ada di meja makan kita. Nah…5 makanan ini biasanya sangat kita nantikan keberadaanya ketika momen Lebaran tiba.        

Ketupat

Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan 3

Salah satu makanan fenomenal yang identik dengan Lebaran adalah ketupat. Ketupat adalah makanan yang dibuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa muda.             

Setelah melalui proses perebusan yang cukup lama, ketupat akan matang sempurna dan mengeluarkan aroma yang khas dari daun kelapa muda itu sendiri. Ketupat nantinya akan menjadi menu utama yang akan bersanding dengan berbagai macam sayuran dan juga lauk pauk yang akan menambah cita rasa menu andalan saat Lebaran ini.       

Lontong

Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan 4

Lontong juga menjadi salah satu makanan yang hadir di menu saat Lebaran kita. Hampir sama dengan ketupat, lontong juga terbuat dari beras dan memerlukan waktu perebusan yang relatif lama untuk mendapatkan hasil sempurna. Lontong biasanya dibungkus dengan daun pisang atau plastik.        

Hanya saja, lontong yang dibungkus dengan daun pisang akan menghasilkan rasa, aroma, dan warna yang lebih khas dibandingkan dibungkus dengan plastik. Tak jauh berbeda dengan ketupat, lontong juga akan kita sajikan dengan sayuran ataupun lauk yang menambah cita rasa menu Lebaran kita.         

Opor Ayam

Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan 5

Opor ayam sebenarnya sudah menjadi menu harian kita. Namun, menu ini akan menjadi spesial di hari Lebaran saat kita sandingkan dengan ketupat ataupun lontong. Opor ayam terbuat dari daging ayam yang berkuah santan.

Paduan bumbu khas Nusantara seperti santan kelapa, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit dan lain sebagainya membuat menu ini terasa sangat gurih dan cocok sebagai menu yang sangat kita nantikan.

Rendang

Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan 6

Rendang merupakan makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang. Makanan ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang sudah mendunia. Itu sebabnya, rendang merupakan salah satu sajian istimewa yang kita harapkan saat momen Lebaran tiba.

Rendang terbuat dari irisan daging sapi yang direbus dengan kuah santan kelapa dan campuran berbagai macam bumbu khas Nusantara. Aroma dan rasa yang keluar dari menu yang satu ini memang sangat menggugah selera sehingga pantas jika rendang merupakan salah satu makanan terenak di dunia.

Kue Kering

Makanan Khas saat Lebaran yang selalu Kita Rindukan 7

Kue-kue kering memang tak pernah luput mengisi meja tamu kita saat Lebaran tiba. Salah satu kue kering yang fenomenal saat Lebaran adalah kue nastar. Nastar identik dengan selai nanas yang membuat kue ini terasa lumer dan segar saat kita menggigitnya.

Nah…itulah 5 sajian khas Lebaran yang sering kita rindukan. Tentunya masih banyak juga macam-macam sajian Lebaran yang lainnya yang sesuai dengan selera masing-masing.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

hikaanggarani