Jenis Makanan yang Jadi Pantangan Penderita Asam Urat

asam urat

Mengetahui jenis-jenis makanan yang menjadi pantangan penderita tidak hanya perlu bagi mereka yang menderita gout atau kadar tinggi, tapi juga bagi siapapun, utamanya mereka yang telah lanjut usia.

Sebab orang-orang yang lanjut usia mayoritas mengalami penurunan pada fungsi ginjal sehingga tidak dapat maksimal dalam melakukan metabolisme untuk membuang zat purin yang menjadi penyebab dari serangan tinggi.

Sebagaimana diketahui, zat purin terbentuk dari sel-sel yang mengalami kerusakan karena berbagai sebab, salah satunya karena penyakit tertentu, serta dibentuk dari makanan yang dikonsumsi, yakni makanan yang mengandung zat purin yang berasal dari makhluk hidup.

Banyaknya zat purin yang diasup, jika tidak diimbangi dengan fungsi ginjal yang normal, akan membuat zat purin tidak semuanya dapat dibuang melalui proses metabolisme, sehingga sisas-sisanya menumpuk di sela-sela persendian dan memicu terjadinya serangan gout atau tinggi.

Jenis Makanan yang Jadi Pantangan Penderita Asam Urat

Hal itulah yang menjadi alasan utama, mengapa setiap orang, utamanya mereka yang  pernah terserang tinggi dan mereka yang sudah lanjut usia perlu mengetahui berbagai macam makanan yang jadi pantangan .

Dengan mengetahui makanan yang jadi pantangannya, mereka yang pernah terserang tinggi, tidak sampai kambuh sebab rasa nyeri yang diderita akan jauh lebih menyiksa. Sedang bagi mereka yang sudah lanjut usia, tidak sampai terserang gout, meskipun fungsi ginjal yang dimilikinya tidak sesempurna saat mereka masih muda.

Dengan menghindari berbagai jenismakanan yang jadi pantangan, dimaksudkan untuk mengurangi kadar zat purin yang diasup oleh tubuh, agar zat purin dalam plasma darah tidak terlalu berlebihan, sehingga semuanya dapat dibuang oleh ginjal lewat proses metabolisme, tanpa ada sedikitpun yang tersisa yang dapat menumpuk di persendian tubuh.

Mengingat sumber zat purin yang paling utama adalah makanan yang dikonsumsi, maka pantangan yang dimaksud tentu saja dengan mengindari atau setidaknya mengurangi jenis-jenis makanan dengan kadar zat purin tinggi.

Jenis Makanan yang Jadi Pantangan Penderita Asam Urat

Jenis makanan yang menjadi pantangan penderita , diantaranya adalah:

  • Makanan yang ┬áberasal dari hewan darat, kecuali daging sapi yang memiliki kadar purin sedang, sehingga masih dapat dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Sedang untuk hewan lainnya, seperti unggas, kambing, domba, babi, rusa, serta kelinci, sebaiknya diihindari utamanya pada bagian jeroan seperti hati, usus, lidah, babat, paru, dan ginjal.
  • Ikan dan beberapa jenis hewan laut lainnya juga merupakan sumber purin yang tinggi dan harus dihindari agar terhindar dari , seperti: mackarel, ikan asin, kerang, udang, salmon, tuna, kod, lobster, serta kepiting.
  • Produk-produk dari gandum seperti sereal, roti, dan jenis makanan yang berbahan dasar gandum juga memiliki kadar purin yang tinggi.
  • Konsumsi gula secara berlebihan sebaiknya tidak dilakukan karena meski gula memiliki kadar purin yang rendah, namun dampaknya akan memicu penyakit lain seperti diabetes dan obesitas yang dapat memperburut serangan . Jika memang memiliki keinginan yang kuat untuk mengkonsumsi sesuatu yang berasa manis, sesbaiknya diganti dengan makan buah-buahan.
  • Hindari meminum bir atau minuman yang mengandung alkohol, karena proses pembuatan minuman tersebut membutuhkan ragi untuk proses fermentasinya, sementara ragi mengandung purin yang tinggi. Selain itu, minuman beralkohol juga berpotensi untuk merangsang produksi purin dalam tubuh.
  • Meskipun secara umum sayuran memiliki kadar purin yang rendah, namun ada baiknya membatasi konsumsi beberapa jenis sayur berikut ini, karena memiliki kandungan purin berkadar sedang. Beberapa jenis sayuran tersebut diantaranya adalah: kacang polong, kacang panjang, kacang lentil, bayam, kangkung, asparagus, serta kembang kol.

Itulah beberapa jenis makanan yang jadi pantangan bagi disebabkan karena kandungan purinnya yang tinggi. (*)

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan