Makanan Pedas Itu Sehat Nggak Sih?


Makanan Pedas Itu Sehat Nggak Sih? 1

Apakah elu semua adalah penggemar pedas? Orang Indonesia kebanyakan adalah penggemar pedas. Saking senengnya makan pedes, ada banyak banget kuliner pedes dari tiap daerah di Indonesia. Bukan cuma itu, karena ada banyak yang suka pedes, banyak usaha kuliner yang nonjolin tingkat kepedesan makanan mereka. Mulai dari level nol sampai level sepuluh. Terus, elu pernah nanya nggak, btw makanan pedes itu sehat nggak sih? Nih! Ogut kasih tahu!

Baik Buat Metabolisme

Makanan pedas itu punya manfaat kok. Pertama, meningkatkan metabolisme tubuhmu. Ada sebuah penelitian yang bilang kalau sensasi pada yang berasal dari capcaisin itu bisa ningkatin kinerja metabolisme tubuh sampek 5 persen. Nah, metabolisme tubuh yang menghasilkan pembakaran lemak sampek 16 persen. Ada juga penelitian lain yang bilang kalau capcaisin itu punya efek yang namanya termogenik. Efek itu bisa bikin tubuhmu ngebakar kalori lebih 20 menit setelah elu selesai makan.

Baik Buat Jantung

Tahu nggak kalau makanan sehat itu ternyata juga bikin jantung lebih sehat. Hal itu karena capsaicin di cabe efektif buat nurunin kadar kolesterol jahat dan bisa ningkatin kadar kolesterol baik di tubuh. Di cabe itu juga ada vitamin A dan C yang bisa bikin otot jantung lebih kuat. Selain itu sensasi hangat dari capsaicin itu bisa ningkatin sirkulasi darah di tubuh. Si Capsaicin ini juga bisa mencegah pembekuan darah.

Ada penelitian yang ngasih tahu kalau orang yang makan pedes tiap hari resiko kematiannya turun sampek 14 persen. Sementara yang makan pedes 2 kali seminggu resiko kematiannya turun sampek 10 persen.

Bantu Sembuhin Kanker

Dari American Association for Cancer Research, si capsaicin itu diduga punya kemampuan buat memperlambat beberapa jenis kanker. Para peneliti juga nemuin kalau capsaicin itu bisa matiin 80 persen kanker prostat. Si capsaicin itu juga bisa ngebantu pengobatan kanker payudara, kandung kemih, sama pankreas.

Tapi Jangan Kebanyakan!

Memang, makan pedes itu akhirnya bisa bermanfaat buat tubuh kita dan kesehatan kita. Tapi kayak banyak makanan, jangan kebanyakan. Karena kalau kebanyakan, pasti nggak baik efeknya buat tubuh. Dilansir dari Womens Health, makanan pedes itu bisa bikin iritasi kulit terutama di bibir. Kulit bibirmu akan perih. Sama kalau abis makan pedes itu cuci tangan. Biar nggak kena panas kemana-mana.

Sama satu hal yang penting, kalau makan pedes jangan sebelum tidur. Karena pencernaan bisa terganggu. Elu bisa sakit perut, mencret, dan paling parah kalau kebanyakan adalah elu bisa kena ambeien. Jadi hati-hati ya!


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

PukulTiga

   

Penulis yang kadang ngehek. Namanya juga manusia. Ogut yang penting woles dan memberi informasi yang bermanfaat.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments