6 Tips Makanan Sehat Disaat Anak Sakit & Susah Makan


6 Tips Makanan Sehat Disaat Anak Sakit & Susah Makan 1

Pada saat sedang sakit, anak cenderung sulit untuk makan. Padahal disaat kondisi tubuhnya sedang lemah, anak butuh asupan gizi yang lebih untuk membantu proses penyembuhan penyakit yang dia derita, karena bantuan obat saja tidak cukup, jika nutrisi dari makanan kurang.

Untuk itulah serangkaian cara mengatasi anak susah makanakibat sakit harus dilakukan. Beberapa cara tersebut diantaranya adalah:

1. Ciptakan Kondisi Menyenangkan

Dengan suasana hati yang senang dan gembira, anak akan lebih lahap saat menyantap makanan. Karena itu, ajak si kecil untuk melupakan sejenak rasa pahit di lidahnya dengan mengajaknya bermain game, memainkan mainan kesukaannya, atau nonton film kartun sembari dibarengi dengan menyuapkan makanan ke mulutnya.

6 Tips Makanan Sehat Disaat Anak Sakit & Susah Makan 3

2. Porsi dikurangi frekuensi ditambah

Rasa pahit yang melekat di lidah anak pada saat sakit, membuat makanan apapun kehilangan kelezatannya. Tidak heran jika porsi makannya pun berkurang. Jangan dipaksa untuk menghabiskan makanan dengan porsi yang sama dengan saat sebelum sakit. Biarkan dia makan dengan porsi yang dia inginkan, tapi usahakan agar anak menambah frekuensi makannya, agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap tercukupi.

3. Pilih Makanan Bergizi Tinggi

Agar daya tahan tubuh anak untuk melawan penyakit meningkat, pastikan makanan yang dia santap mengandung gizi yang tinggi. Selain itu, pemberian gizi yang tinggi juga dimaksudkan untuk mengganti porsi makannya yang semakin menurun.

4. Manjakan dengan Makanan Kesukaan

6 Tips Makanan Sehat Disaat Anak Sakit & Susah Makan 4

Cara mengatasi anak susah makankarena sakit  bisa juga dilakukan dengan menuruti keinginan anak terhadap jenis makanan tertentu, selama makanan yang diminta tidak memberi pengaruh negative terhadap penyakit yang dia derita. Jika permintaannya terhadap jenis makanan tertentu dipenuhi, besar kemungkinan dia akan menghabiskannya.

5. Sajikan Makanan Hangat

Cita rasa dan aroma makanan yang masih hangat pada umumnya lebih tajam, sehingga mengundang selera anak untuk mencobanya.

6. Buatkan Makanan Lunak

Makanan dengan tekstur yang lunak dan mudah ditelan serta dicerna adalah makanan yang paling tepat untuk anak sakit, seperti pudding buah, pure kentang, cream sup tomat, serta jenis makanan yang lain.

Itulah beberapa tips dan cara mengatasi anak susah makan karena sakit. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap