Makanan Tahun Baru Tradisional di Dunia


Makanan Tahun Baru Tradisional di Dunia 1

Tahun baru menjelang. Detektif Wisata mau ngintip teman-teman di seluruh dunia biasanya makan apa saja untuk merayakannya. Siapa tahu bisa jadi resep baru kamu.

Amerika Serikat bagian Selatan, Hoppin’ John

Hoppin’ John itu nasi dengan daging babi dimasak bersama kacang.  Kacang adalah lambang uang. Sering kali disajikan bersama sayur-sayuran matang lambang kesuburan dan roti jagung keemasan.

Amerika Serikat bagian Selatan, Hoppin' John
Amerika Serikat bagian Selatan, Hoppin’ John

Spanyol, 12 Anggur

12 Anggur mewakili 12 keberuntungan. Maka ketika bel berdentang jam 12.00, semua orang Spanyol berebut memasukkan 12 anggur ke dalam mulut. Bila berhasil, maka tahun depan akan menjadi tahun beruntung bagi mereka.

Austria, Sylvesterabend

Nama ini diberikan sebagai penghormatan terhadap Santo Silvester, yang artinya adalah malam tahun baru. Makanan tradisionalnya adalah Babi Guling. Babi melambangkan kemajuan dan kesejahteraan bagi rakyat Austria. Mereka juga minum punch anggur merah dicampur kayu manis dan gula dan mendentingkan gelasnya bagi Santo Silvester, santo pelindung tahun baru.

Mexico, Tamales

Tamales adalah adonan jagung yang diisi daging, keju dan dibungkus daun pisang atau daun jagung. Tamales menyimbolkan keluarga, karena sulit dibuat dan membutuhkan kerjasama dari semua anggota keluarga.

Mexico, Tamales
Tamales di Mexico

Belanda, Olliebollen

Roti goreng berbentuk bulat dengan sedikit kismis dan dilapisi gula halus. Kadang dicocol saus karamel atau coklat. Kenapa menjadi tradisi tahun baru? Kabarnya karena bahannya mudah ditemukan di musim dingin, dan mudah dibuat dan dibagikan.

Belanda, Olliebollen
Belanda, Olliebollen

Jerman, Glücksschwein dan Pfannkuchens

Walau susah dieja, tapi Glücksschwein adalah babi-babi lucu dan kecil dari marzipan dan gula. Simbol keberuntungan ini sering menjadi benda yang dibawakan kepada teman dan keluarga sebagai ucapan Happy New Year. Sementara Pfannkuchens adalah donat yang di dalamnya ada isi selai atau liquor.

Glücksschwein, Jerman
Glücksschwein, Jerman

Jepang, Toshikoshi Soba

Soba, bakmi yang dibuat dari gandum hitam, dinikmati khususnya di tahun baru. Tradisi ini sudah berumur 800 tahun, sejak periode Kamakura. Kabarnya dimulai oleh salah satu kuil yang memberi makan soba bagi orang miskin di tahun baru. Sejak periode Edo, tradisi makan soba diperluas di seluruh Jepang sampai sekarang. Ternyata soba memiliki simbol juga: mematahkan tahun yang lama. Ini karena soba relatif lebih keras dibanding ramen dan mi lain. Makan sobanya jangan pas jam 12.00 ya… nanti nasib buruk tahun lalu terikut serta di tahun depan. Makannya pas tahun baru saja.

Jepang, Toshikoshi Soba
Jepang, Toshikoshi Soba

Italia, Cotechino con Lenticchie

Maksudnya sosis Itali dan lentil (miju-miju) rebus. Lentil adalah simbol uang dan rejeki. Dimulai di Modena, lalu menyebar di seluruh Italia.

Cotechino con Lenticchie di Italia
Cotechino con Lenticchie di Italia

Polandia, Ikan Hering Acar

Hmmm… percayalah rasanya sangat kuat. Tidak ada yang setengah-setengah, hanya ada doyan dan muak dengan makanan ini. Tapi hering dipilih sebagai simbol keberntungan tahun baru karena warna peraknya. Bisa dimakan dengan saus krim maupun bawang bombay.

Denmark, Kransekage

Ini adalah kue berbentuk lingkaran dan disusun seperti menara. Dibuat dari tepung almond, gula dan putih telur, dan diberikan frosting di atasnya. Bentuk ini mengingatkan pada cornucopia, tanduk kelimpahan.

Makanan Tahun Baru Tradisional di Dunia 3

Swedia, Puding Beras

Biasanya di dalam puding beras ada almond yang disembunyikan. Yang mendapatkannya dipercaya akan mendapat keberuntungan di tahun baru.

Yunani, Vasilopita

Dieja: vah-see-LO-pee-tah. Kue berbentuk cincin ini menyembunyikan berbagai benda, seperti cincin atau perhiasan kecil untuk memberikan keberuntungan bagi yang mendapatkan. Cerita rakyat dari kue ini menarik. Di jaman Basil dari Kaisarea, penduduk desa mengumpulkan semua emas dan perhiasan yang mereka miliki untuk menyogok musuh agar tidak menyerang daerah mereka. Entah bagaimana musuh mundur tanpa mengambil harta tersebut. Basil ingin mengembalikan harta itu tapi tidak tahu siapa pemiliknya, maka ia membuat kue, memasukkan perhiasan di dalamnya dan membagikan kue itu. Secara ajaib setiap penduduk mendapatkan miliknya masing-masing.

Vasilopita di Yunani
Vasilopita di Yunani

Armenia, Tarehatz

Mirip dengan kebiasaan di banyak negara di Eropa, roti ini diisi dengan kacang-kacangan, buah kering, dan…. hadiah-hadiah kecil. Di pagi pertama tahun baru, perempuan tertua dalam keluarga membawa Tarehatz ke halaman, menghadapi timur dan mengucap doa agar kesejahteraan datang ke rumah itu.

Perancis, Dîner du Réveillon de la Saint Sylvestre

Susah bacanya, tapi artinya adalah makan malam tahun baru. Biasanya menunya adalah makanan-makanan paling mewah seperti escagot (siput), foie gras (hati angsa berlemak), tiram, berbagai seafood segar, dan tentu saja…. sampanye.

Indonesia…. apa ya?

Kalau di Indonesia kita biasa makan apa ya pas malam tahun baru? Jagung bakar, mie rebus, sosis panggang, marshmallow dan kacang rebus sambil tiup terompet?


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Rowena Suryobroto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments