Makhluk Mengerikan di Cermin


Makhluk Mengerikan di Cermin 1

Menurut sebuah survey terhadap 1000 orang inggris menemukan bahwa pria melihat bayangan mereka dicermin sebanyak 23 kali sehari dan menghabiskan waktu rata-rata 10 menit per hari. Sedangkan wanita bercermin rata-rata sebanyak 16 kali per hari.

Namun, kebanyakan orang tidak menyadari bahwa menatap cermin pada waktu dan kondisi yang tepat, bisa sangat menakutkan. Berbagai permainan yang berhubungan dengan cermin seperti “Bloody Mary” telah mengingatkan kita tentang potensi yang menakutkan dari cermin.

Tetapi, artikel yang diterbitkan oleh Perceptions pada tahun 2010 telah memberikan alasan yang ilmiah dibalik fenomena ini. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Dr.Caputo dari universitas Urbino, Partisipan yang melihat ke arah cermin dengan cahaya remang-remang atau cahaya yang agak gelap selama 10 menit.

Hasilnya menunjukkan bahwa 66% partisipan melihat wajahnya mengalami perubahan yang aneh, 28% melihat orang yang tidak dikenal, dan 48% melihat makhluk yang mengerikan.

Hasil yang mengejutkan ini menimbulkan pertanyaan: Bagaimana mungkin menatap cermin dapat menyebabkan wajah kita mengalami perubahan yang tidak diketahui dan sangat menakutkan?

Jawabannya terletak pada kecenderungan otak untuk memproses perhatian selekstif. Otak kita hanya bisa menerima beberapa informasi pada satu waktu. Artinya, otak hanya lebih fokus terhadap yang paling penting, misalnya kamu yang sedang membaca artikel ini, kamu mungkin tidak memperhatikan hal-hal kecil di sekelilingmu saat ini, seperti pola napas, kicauan burung, dan lain-lain.

Fenomena ini dinamakan Troxler Effect, yang ditemukan pada tahun 1804 oleh seorang dokter dan filsuf bernama Ignaz Troxler. Karena efek ini jugalah yang mendasari ilusi optik yang bisa kamu temukan di internet. Menatap titik merah di tengah lingkaran dengan cukup lama dan tiba-tiba lingkaran tersebut memudar dan menghilang. Hal tersebut bisa terjadi karena otak kita menganggap lingkaran tersebut tidak relevan dan menguranginya, pada pandangan kita, lingkaran tersebut memudar.

Makhluk Mengerikan di Cermin 3

Jika seseorang menatap satu area yang ada diwajah, dalam jangka waktu yang signifikan, kemungkinan area wajah lain yang tidak terfokus akan mulai menghilang dan menyatu dengan cermin. Atau bisa juga wajah kita tiba-tiba terlihat menakutkan seperti hidung ke dagu, mulut membesar, mata menyatu, dan perubahan-perubahan aneh lainnya pada wajah.

Makhluk Mengerikan di Cermin 4

Lebih buruk lagi, otak suka mengisi hal-hal yang tidak dapat ia kenali dengan hal-hal yang dikenalinya, apalagi jika hal itu menakutkan. Wajahmu yang sudah berantakan tersebut mungkin akan terlihat seperti hantu atau monster yang pernah kamu lihat di televisi.

Jadi, kita sudah mengetahui bahwa “Bloody Mary” dan hantu cermin lainnya hanya efek psikologis saja, Kamu bisa mencoba eksperimen ini tapi ingatlah, meski menarik, juga bisa sangat tidak nyaman dan mungkin menjadi mimpi buruk yang mengerikan.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Fathurrahman Al-Rasyid

   

Bukan siapa-siapa

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments