Makna Yang Terkandung dalam Lirik Maju Tak Gentar

Makna Yang Terkandung dalam Lirik Maju Tak Gentar 1

Salah satu lagu nasional Indonesia berjudul Maju Tak Gentar lagu yang identik dengan lagu yang dikumandangkan dalam Sumpah Pemuda 28 Oktober, dan juga diperingati dalam 17 Agustus,serta juga hari pahlawan tanggal 10 November ini merupakan lagu Wajib yang sering kita dengar dengan lantunan yang memberikan semangat berkobar-kobar.

Lagu ini diciptakan oleh C.Simanjuntak atau Cornel Simanjuntak, lagu ini menggambarkan bagaimana semangat dan perjuangan dari rakyat Indonesia dalam mengusir atau melawan para penjajah yang menjajah negara Indonesia.

Makna Yang Terkandung dalam Lirik Maju Tak Gentar 3

Lagu yg liriknya memberikan semangat rakyat Indonesia yang berjuang melawan Para penjajah, dengan hanya bermodalkan semangat yang berapi-api, dan juga bersamaan dari rakyat Indonesia mengusir Para penjajah dengan para penjajah yang bersenjata.

Berikut makna yang terkandung dalam lirik lagu Maju Tak Gentar Ciptaan Cornelis Simanjutak.

1. Maju tak gentar..Membela yang benar, Makna yang terkandung dalam lagu ini adalah semangat untuk dikedepankan dalam rangka membela tanah air, dan pantang menyerah, tanpa mundur selagi kita benar.

2. Maju tak gentar…Hak kita diserang, hal ini mengandung makna, jika kita harus optimis dalam memperjuangkan keoentingan kita selagi hak hak kemerdekaan dan kebebasan diserang oleh para penjajah.

3. Maju serentak…Mengusir penyerang, Hal ini mengandung makna jika selagi dalam posisi bersama sama melawan para penjajah meskipun dengan lawan yang bersenjata tanpa rasa takut.

4. Maju serentak..Tentu kita menang, bahwa dengan kebersamaan maka akan terjalin kemenangan dengan rasa keyakinan dan optimisme tinggi.

5. Bergerak, bergerak..Serentak, serentak…Menerkam menerjang terjang..

Makna yang terkandung dalam syair lagu ini adalah bagaimana semangat Patriotisme dan nasionalisme dari bangsa Indonesia atau rakyat Indonesia dalam memperjuangkan kepentingan rakyat Indonesia terhadap hak-haknya dan martabat bangsa Indonesia dalam mengusir dan melawan Para penjajah.

Dan dengan semangat pantang menyerah dan juga semangat kebersamaan dengan rasa kompak, mereka bersatu padu dengan persatuan dan kesatuan bangsa persamaan dan juga segala rintangan yang ada selagi posisi benar, apabila kita dengan penuh  kebenaran, dan juga apa yang kita alami merasa tertindas dengan para penjajah yang datang ke Indonesia 

6. Tak gentar, tak gentar…Menyerang, menyerang…Majulah, majulah menang.

Makna yang terkandung dalam syair ini adalah keberanian rakyat Indonesia dalam menghadapi atau mengusir para penjajah. 

Meskipun mereka membawa senjata dan rakyat Indonesia dengan alat yang  seadanya hanya dengan rasa keberanian dan pantang menyerah, sehingga para pejuang Indonesia ini tetaplah memiliki jiwa serta semangat yang berapi api dalam mengusir para penjajah.

Pada dasarnya lagu dan syair ini mengartikan mengenai perjuangan para pahlawan rakyat Indonesia, yang dengan rasa semangat dan pantang menyerah, ketika menghadapi dan mengusir para penjajah.

Pada intinya mereka atau rakyat Indonesia yang dirugikan dengan kedatangan para penjajah yang meresahkan, dan dengan rasa swmangat yang berkobar kobar, para pemuda pemudi bergerak dan tak gentar atau tidak takut dalam menghadapi para penjajah yang siap dengan senjatanya.

Semangat dalam lagu dan juga makna dari syair lagu ini yang menjadi tolok ukur perjuangan bangsa ini ketika bala penjajah datang dengan sporadis dan membuat resah dan ketakutan dimana mana.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaenal