Makna Yang Tersirat Dalam Syair Lagu Lilin-Lilin Kecil

Makna Yang Tersirat Dalam Syair Lagu Lilin-Lilin Kecil 1

Lagu memiliki definisi dan tafsiran dibalik pembuatannya dan oleh pencipta nya. Rahasia dibalik makna yang terkandung di dalam sebuah makna lagu itu sendiri memiliki pengertian mendalam. Lagu memiliki makna dibalik proses penciptaan lagu memilikia amanat atau pesan yang dikandung dapat mempengaruhi emosi: bergairah, bahagia, sedih dan sebagainya.

Mayoritas lagu-lagu sekarang bertemakan tentang percintaan maupun anak muda jaman now. Jika dilihat dari setiap lagu pasti penciptanya dan penyanyinya dalam membawakan lagu memiliki makna atau pesan lagu yang ia ciptakan maupun dinyanyikan. Pencipta memiliki alasan dan dan makna tersendiri dari lagu tersebut.

Makna Yang Tersirat Dalam Syair Lagu Lilin-Lilin Kecil 3

Contohnya saja lagu-lagu bertemakan lagu-lagu daerah maupun lagu kebangsaan tanah air, seperti Indonesia Raya, Bagimu negeri, Sorak-sorak bergembira, Rayuan Pulau Kelapa, dan sebagainya. Setiap lagu memiliki makna yang terkandung didalamnya. Lagu-lagu nasional bisa membangkitkan semangat kita terhadap sikap nasionalisme terhadap bangsa kita tercinta. Lagu-lagu nasional yang memiliki tujuan untuk membangun bangsa dan negara, untuk ikut ambil bagian menjadi pelopor negara yang bebas, merdeka, dan berdaulat. Lagu-lagu tersebut memang dibutuhkan bangsa ini untuk menggairahkan semangat membangun bangsa dan negara kita tercinta.

Setiap pencipta lagu memiliki karateristik serta berbeda pandangan pemikiran, contohnya saja antara satu penyair dengan penyair lain, pasti memiliki landasan dalam membuat lagu sendiri-sendiri. Hal tersebut dialami oleh Alm. Chrisye, penyanyi legendari Indonesia yang terkenal dengan lagu-lagunya yang menyanyat hati.

Makna Yang Tersirat Dalam Syair Lagu Lilin-Lilin Kecil 4

Bahwa pencipta lagu Lilin-lilin kecil ciptaan Alm. Chrisye merupakan salah satu pencipta lagu serta penyanyi terkenal yang mayoritas lagunya berisi tentang kesedihan yang membuat kita menangis, kisah romantis tentang percintaan, namun kebanyakan lagu Chrisye memang membuat banyak orang bisa merenung dan menghayati setiap lagu-lagu ciptaan Chrisye dan lagu-lagu yang dibawakan oleh Alm. Chrisye. Itu sebagai contoh, dimana lagu memiliki penghayatan sendiri dan bagaimana cara membawakan sebuah lagu menjadi menarik tergantung karya ciptaannya dan pembawaan lagu tersebut. 

(sumber : youtube/GuanPetteson)

Setelah itu kita bisa memahami lagu karya ciptaan Chrisye berjudul “LILIN-LILIN KECIL” kita perlu tahun bagaimana makna yang terkandung di dalam setiap syair dari lagu tersebut satu persatu :

Syair yang pertama : Oh … manakala, mentari tua lelah bersinar”

Bahwa dari syair pertamanya tersebut mengandung makna bahwa kita sama-sama diajak agar bisa merenungkan jika orangtua adalah tempat bagi kita untuk selalu bergantung padanya bagaikan sinar matahari yang menerangi bumi ini. Lelah bersinar mengandung makna jika kehidupan sementara hanya ada di dunia.Hal tersbut menggambarkan betapa besarnya pengorbanan orangtua yang telah membesarkan kita ketika menginjak masa tua beda ketika masih masa muda dimana ia membesarkan kita dengan luar biasa.  

Syair kedua “Oh … manakala, bulan nan genit enggan tersenyum”

Hal tersebut mengandung makna bahwa dunia ini saat kita menuju ke tahapan dewasa kita tidak lagi bergantung pada orangtua kita, apapun jerih payah, perjuangan entah manis pahit harus kita lalui dan kita hadapi itulah kehidupan dengan penuh semangat.

Syair ketiga “Berkerut-kerut tiada berseri, Tersendat-sendat merayap dalam kegelapan”

Bahwa dari syair diatas menggambarkan jika kita sama-sama diajak untuk tetap menjalani kehidupan kita dengan konsisten, dan mencapai tujuan serta cita-cita kita, serta nantinya kit abisa meraih apa itu kesuksesan yang ada didepan mata.

Syair ke empat : Hitam kini, Hitam Nanti … Gelap Ini, akankah berganti”

Bahwa di syair diatas menggambarkan jika kita harus sadar bahwa kehidupan kita ini tidak boleh ada sikap malas, manjaz dan enggan berjuang keras. Jika kita mau berusaha dan berjuang maka kita bisa merubah diri kita. Jika tidak mau berusaha ya hidup kita tak akan berubah. Dan belum tentu usaha kita membuahkan hasil, yang penting tetap berusaha dan berdoa karena semua atas kehendak Tuhan.

Syair kelima : “Engkau lilin-lilin kecil … Sanggupkah kau mengganti …. Sanggupkah kau memberi … Seberkas cahaya … Engkau lilin-lilin kecil … Sanggupkah kau berpijar … Sanggupkah kau menyengat … Seisi dunia ….”

Syair tersebut mengandung makna jika kita mau berusah dan tetap berusaha semua atas kehendak Tuhan, pergunakan waktu sebaik mungkin dan semaksimal mungkin, dan membuktikan diri kita mampu sukses dan menjadi orang-orang yang bermanfaat dalam kehidupan kita 

Syair keenam “Sanggupkah kau menyengat, seisi dunia?”

Bahwa dari syair diatas menggambarkan jika beberapa anak muda meskipun masih muda namun bisa membuktikan jika mereka mampu membuat dunia tersenyum dan kagum pada dirinya.Baiklah itu tadi beberapa makna yang terkandung dalam lagu lilin lilin kecil milik Chrisye yang menarik untuk dihayati.  

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Zaenal