Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan


manajemen bisnis

Manajemen bisnis tidak hanya dilakukan untuk bisnis besar. Bisnis dengan skala kecil dan menengahpun butuh cara mengelola bisnis, karena pada dasarnya sistem manajemen antara perusahaan besar dengan perusahaan kecil dan menengah tidak jauh berbeda.

Hanya saja manajemen di perusahaan besar biasanya dipegang khusus oleh seseorang yang ahli di bidangnya, sedang pada bisnis kecil dan menengah biasanya dirangkap oleh pemilik bisnis.

Pengetahuan tentang manajemen bisnis perlu diketahui dan diterapkan karena manajemen merupakan salah satu aktifitas yang mengatus berbagai hal yang terkait dengan aktifitas bisnis sehingga tujuan-tujuan yang diharapkan dari bisnis yang dijalankan dapat tercapai.

Terdapat banyak aktifitas yang dapat dijalankan dalam melakukan manajemen bisnis, beberapa yang terpenting dan baik untuk dilakukan diantaranya adalah sebagai berikut.

Buat Business Plan

Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan 1

Sebelum menentukan model bisnis, membuat perencanaan bisnis wajib dilakukan karena salah satu fungsi dari manajemen bisnis adalah menyusun bussiness plan. Dalam membuat perencanaan, paparkan secara realistis model bisnis yang akan dikembangkan, karena jika terlalu muluk dipastikan akan sulit untuk dapat direalisasikan.

Deskripsikan Usaha dengan Jelas

Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan 2

Model bisnis apapun yang dijalankan, deskripsikan bisnis tersebut secara jelas dan detail dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang, mulai dari bentuk usaha, jenis produk atau jasa, harga produk/jassa, sistem kerja, biaya operasional, perkiraan untung dan rugi dan sebagainya.

Melakukan manajemen bisnis dengan mendeskripsikan usaha ini juga  memaparkan lokasi usaha, manajemen inti, target pasar, keunggulan produk, visi – misi hingga tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Analisa Kompetitor

Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan 3

Pahami pesaing bisnis dengan melakukan analisa lewat cara manajemen bisnis, agar strategi untuk memenangkan persaingan dapat diciptakan. Melalui analisa tersebut, sisi kelemahan sekaligus kekuatan dari kompetitor diharapkan dapat diketahui, karena hanya dengan cara itu strategi pemasaran dapat disusun.

Strategi Pemasaran

Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan 4

Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, salah satu tujuan dari analisa kompetitor adalah untuk membangun strategi pemasaran. Dalam mengembangkan strategi marketing ini juga harus dipahami potensi yang dimiliki perusahaan serta mencari cara untuk dapat memaksimalkan potensi tersebut guna mendukung suksesnya pemasaran.

Dengan melakukan manajemen bisnis yang baik, rencana marketing harus disusun seakurat mungkin, mulai dari anggaran yang dibutuhkan, target promosi, lokasi, media yang digunakan untuk berpromosi, dan sebagainya. Jika seluruh anggaran tercatat secara rinci, berbagai kemungkinan yang terjadi akan dapat diperhitungkan.

Laporan Keuangan

Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan 5

Laporan keuangan juga menjadi bagian dari manajemen bisnis yang baik, karena menjadi dasar dalam pengelolaan anggaran. Sebaliknya, pengelolaan anggaran sendiri akan dapat dilakukan dengan baik jika laporan keuangan dibuat secara terperinci namun tetap disajikan dengan bentuk yang sederhana dan mudah dipahami.

Satu hal yang harus ditekankan adalah menulis laporan keuangan dengan jujur dan transparan, karena maju mundurnya perusahaan dapat diketahui dari laporan keuangan.

Pendanaan

Manajemen Bisnis yang Baik itu Seperti Apa ? 6 Hal Harus yang Dilakukan 6

Masih terkait dengan sektor keuangan, cara manajemen bisnis yang baik adalah dengan menghitung secara global keuangan yang dimiliki perusahaan beserta sumbernya. Apakah sumber pendanaan dari satu orang atau lebih, jika lebih berapa prosentase masing-masing dan sepertiapa pembagian keuntungan yang diperoleh perusahaan, dan sebagainya.

Untuk perusahaan yang baru berdiri, menghitung keuangan perusahaan secara global ini menjadi sangat dibutuhkan, karena menyangkut eksistensi perusahaan ke depannya. Sebab dalam kurun waktu tertentu, setidaknya pada tahun pertama, besar kemungkinan perusahaan akan mengalami kerugian karena modal awal yang dikeluarkan belum dapat tertutupi oleh pemasukan dari sektor penjualan.

Belum lagi seretnya sektor penjualan karena masih dalam tahap mencari pasar dan membangun kepercayaan konsumen. Itu sebabnya harus tersedia dana talangan untuk dapat menutupi biaya operasional perusahaan sampai penjualan produk berjalan lancar dan kondisi perusahaan benar-benar sehat.

Demikian manajemen bisnis yang baik melalui sejumlah aktifitas penting yang dijalankan oleh perusahaan. (*)


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments