Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil & Janin

Manfaat Asam Folat Bagi Ibu Hamil & Janin

Hamil adalah salah satu hal yang selalu diimpikan oleh setiap wanita, terutama bagi pengantin baru. Untuk itu, penting bagi calon ibu untuk selalu menjaga kesehatan dan memenuhi asupan nutrisi, khususnya saat menantikan sang buah hati. Banyak para calon ibu masih belum mengetahui pentingnya memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung proses kehamilan. Salah satu zat gizi penting yang harus dipenuhi selama proses kehamilan adalah asam folat.

Baca juga  11 Makanan Penting untuk Dikonsumsi Selama Kehamilan, Janin Jadi Sehat

Apakah itu asam folat?

Asam folat adalah salah satu bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Vitamin ini diketahui memiliki peranan penting dalam memproduksi sel darah merah, membantu perkembangan sistem saraf pada bayi dan janin, dan membantu perkembangan otak dan sumsum tulang belakang janin.

Baca juga  Kucing Berbahaya untuk Ibu Hamil, Mitos atau Fakta?

Bahkan, di saat Ibu belum mengetahui sedang berada dalam kondisi hamil, otak dan sumsum tulang belakang janin sudah terbentuk. Di sinilah peran asam folat dalam membantu memastikan bahwa otak dan sumsum tulang belakang janin terbentuk dengan baik. Mengonsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan juga dapat mencegah kelahiran bayi prematur, berat badan bayi lahir rendah (BBLR), pertumbuhan janin yang buruk dalam rahim, bibir sumbing, dan risiko keguguran (Ramdhany 2016).

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fandi syah

   

Penulis, jurnalis, mentor Menulis karya karya jurnalistik dan pegiat literasi