5 Manfaat Bawang Putih & Kandungan yang Harus anda Ketahui


manfaat bawang putih

Manfaat bawang putih – Bawang putih biasa ditemukan dalam masakan sebagai bumbu. Rasanya bahkan tidak lengkap suatu masakan jika tidak dilengkapi dengan bawang putih. Manfaat bawang putih selain untuk melezatkan suatu olahan masakan, juga memiliki banyak manfaat lain untuk kesehatan. 

 

Kandungan bawang putih 

5 Manfaat Bawang Putih & Kandungan yang Harus anda Ketahui 1

Bawang putih termasuk dalam jenis umbi-umbian dengan nama latinnya yaitu Allium Sativum. Tanaman bawang putih juga termasuk satu keluarga dan bersaudara dengan bawang merah dan daun bawang. Biasanya satu buah bawang putih terdiri dari 1 sampai 10 siung. Sedangkan beratnya sekitar 6 sampai 8 gram per siung. Dalam bawang putih mengandung kalori, karbohidrat, protein, serat, vitamin C, mangan, kalsium, selenium, dan juga antioksidan. 

Selain itu bawang putih juga memiliki kandungan senyawa aktif yang lain seperti alliin, dialil disulfide, dialil trisulfida, dan allyl propyl disulfide. Sehingga saat bawang putih hancur dikunyah akan menimbulkan reaksi membentuk allicin. 

 

Manfaat bawang putih 

5 Manfaat Bawang Putih & Kandungan yang Harus anda Ketahui 2

Manfaat bawang putih akan lebih banyak dirasa saat memakannya setelah dipanggang. Bawang putih yang dimakan secara mentah justru akan sulit untuk ditelan. Sedangkan jika sudah dipanggang, rasa bawang putih panggang akan lebih manis dan ringan. Berikut ini adalah manfaat bawang putih untuk kesehatan antara lain:

  1. Menurunkan kolesterol 

Bawang putih telah terkenal untuk mencegah kolesterol tinggi dengan baik. dalam sebuah penelitian melaporkan dengan mengkonsumsi bawang putih 10 gram per hari dapat menurunkan kolesterol yang cukup drastis selama dua bulan. 

  1. Mengendalikan tekanan darah 

Menjaga pola makan adalah kunci untuk mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Bawang putih juga memiliki manfaat untuk menurunkan dan menekan tekanan darah. Bahkan bawang putih dikenal sebagai obat hipertensi generik. Efek yang ditimbulkan setelah mengkonsumsi bawang putih pada tekanan darah juga sama dengan efek dari obat hipertensi seperti obat atenolol. 

  1. Menyehatkan jantung 

Manfaat bawang putih selanjutnya adalah dapat menyehatkan jantung. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan mengendalikan tekanan darah, maka hal itu juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. 

  1. Menurunkan resiko kanker 

Manfaat bawang putih selanjutnya yang sangat menguntungkan yang telah dikenal selama berabad-abad adalah menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker. Seperti kanker usus, kanker perut, kanker pankreas, kanker payudara, dan kanker prostat. 

  1. Mengatasi jerawat 

Jerawat memang hal yang paling menjengkelkan. Namun Anda juga bisa menggunakan bawang putih yang ada di rumah untuk mengatasi jerawat. Bawang putih mengandung zat allicin yang mempunyai sifat anti bakteri, anti jamur, anti virus, dan anti septik sehingga dapat membunuh kuman penyebab jerawat. Hal tersebut dapat membantu meredakan peradangan yang terjadi pada jerawat. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin C, vitamin B6, tembaga, selenium, dan seng yang dapat mengendalikan produksi minyak berlebih pada wajah. Sehingga dapat membasmi jerawat. 

 

Mengusir bau bawang putih dalam mulut 

5 Manfaat Bawang Putih & Kandungan yang Harus anda Ketahui 3

Manfaat bawang putih bagi kesehatan memang sangatlah banyak. Namun mengkonsumsi bawang putih secara berlebihan juga akan berdampak tidak baik bagi kesehatan. Apabila dikonsumsi secara langsung atau mentah dan terlalu sering akan menyebabkan mulut panas, diare, muntah, hingga juga bau mulut dan bau badan yang tidak mudah dihilangkan. 

Agar terhindari dari bau mulut setelah mengkonsumsi bawang putih mentah terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan seperti cuci bersih bawang, konsumsi bawang putih bersamaan dengan kemangi atau daun seledri, minum susu rendah lemak, dan sikat gigi. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Indah Safitri

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap