4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui


manfaat buah naga

Manfaat buah naga – Buah naga merupakan salah satu buah unik yang hanya dapat tumbuh di daerah tropis dan subtropis, salah satunya di Indonesia. dinamakan buah naga karena buah ini memiliki tampilan luar yang menyerupai sisik naga. Buah unik ini terdiri atas 2 jenis, yaitu buah naga merah dan buah naga putih yang masing – masing memiliki kandungan gizi dan manfaat buah naga yang sama – sama besar.

Ada berbagai manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh yang mungkin belum banyak diketahui.

Membantu memelihara kesehatan jantung

4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui 1

Sebuah studi yang dilakukan dalam Journal of Pharmacognosy Research menemukan bahwa buah naga juga memiliki manfaat dalam memelihara kesehatan jantung, lho. Dengan mengkonsumsi buah ini dalam jumlah yang cukup dapat membantu Anda mengurangi jumlah kolesterol jahat dan meningkatkan jumlah kolesterol baik di dalam tubuh Anda.

Tak hanya itu, biji hitam yang ada di dalam buah ini ternyata memiliki kandungan asam lemak omega dalam jumlah cukup besar, yang dapat pula meningkatkan fungsi kardiovaskular dan mengurangi jumlah trigliserida di dalam tubuh Anda, sehingga kesehatan jantung dapat senantiasa terjaga.

 

Sebagai salah satu pencegah kanker

4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui 2

Manfaat buah naga yang lain yang belum banyak Anda ketahui adalah merupakan salah satu pencegah kanker alami. Buah naga memiliki kandungan vitamin C dan karoten yang dikenal sebagai bahan anti karsinogen.

Tak hanya itu, kandungan likopen yang ada di dalam buah naga merah telah banyak terbukti dapat menurunkan risiko timbulnya kanker prostat, salah satunya adalah penelitian yang dimuat dalam Pasific Journal of Cancer Prevention di tahun 2011 yang menunjukkan bahwa kecukupan asupan lycopene (sekitar 2.498 mcg atau lebih perharinya dapat membantu menurunkan timbulnya risiko kanker prostat.

Selain konsumsi buah dan sayur kaya akan lycopene, kanker dapat dicegah pula dengan aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur. 

 

Membantu menurunkan berat badan

4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui 3

Apakah saat ini Anda sedang berusaha menurunkan berat badan untuk mencapai berat badan ideal? Buah naga ini dapat menjadi salah satu pendukung diet Anda, lho. Saat berusaha menurunkan berat badan, tentu Anda perlu berusaha menekan nafsu makan dan keinginan memakan berbagai makanan favorit Anda.

Anda dapat menjaga nafsu makan Anda agar berada di bawah kontrol, salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga ini. buah ini dikenal memiliki kandungan kalori yang rendah, dengan serat yang tinggi, sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh Anda yang sedang mengatur pola makan, karena dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Konsumsi buah naga juga dapat membantu meningkatkan dan memperbaiki metabolisme tubuh Anda. 

 

Manfaat buah naga dapat menurunkan risiko terkena diabetes

4 Manfaat Buah Naga yang Harus Anda Ketahui 4

Selain beberapa uraian di atas, manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh lainnya adalah membantu dalam menurunkan risiko terkena diabetes. Seperti yang kita ketahui bersama, dari tahun ke tahun, penderita diabetes semakin meningkat. Salah satu penyebabnya adalah pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat.

Dengan konsumsi buah naga secara rutin, dapat membantu Anda menjaga kadar gula darah dalam rentang normal, karena kandungan serat yang tinggi mampu membuat Anda tetap kenyang hingga tiba jadwal makan selanjutnya. Tak hanya itu, dengan konsumsi buah naga secara teratur, dipercaya juga mampu mengurangi timbulnya stress oksidatif di dalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab terjadinya resistensi insulin pada penyakit diabetes melitus tipe 2. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Indah Safitri

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap