Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV


Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 1

Apakah anda termasuk orang yang sering menghabiskan kesehariannya dengan berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari? Jika iya, maka anda perlu berhati-hati dengan kesehatan mata anda. 

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 3

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama bisa mengganggu kesehatan. Selain kulit tersengat panasnya matahari maupun ada kemungkinan kulit bisa menjadi belang, selain itu juga ada bahaya lainnya. Sinar UV yang dipancarkan matahari tidak hanya bisa menyerang kulit saja, namun juga dapat menyerang mata.

Untuk tetap memastikan mata anda terlindung dari bahaya paparan sinar UV, anda dapat menggunakan kacamata. Selain sebagai bagian dari alat bantu melihat, kacamata juga telah menjadi bagian dari fashion. Tak hanya itu, kacamata yang tepat dengan fungsi khusus di dalamnya, akan mampu untuk menghalau berbagai sinar yang tidak diinginkan.

Sinar Ultraviolet

Sinar ultraviolet atau yang lebih sering disingkat sebagai sinar UV adalah salah satu bentuk radiasi yang paling banyak ditemukan dikehidupan kita. Selama matahari masih menyinari bumi, maka selama itu juga sinar UV akan terus ada.

Sinar UV sendiri terbagi ke dalam 3 jenis, yaitu UVA, UVB, dan UVC. Singkatnya, UVA adalah radiasi gelombang panjang; UVB adalah radiasi gelombang pendek; dan UVC adalah radiasi gelombang sangat pendek. Dari ketiga jenis sinar UV tersebut, UVA adalah sinar dengan 95% kemungkinan untuk mencapai tanah, 5% sisanya adalah sinar UVB, dan sinar UVC dapat dihalau sepenuhnya oleh lapisan ozon.

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 4

Karena sinar UVC dapat dihalau sepenuhnya oleh lapisan ozon di atmosfer, kita tidak perlu khawatir akan keberadaannya. Namun, sinar UVB dan UVC lah yang perlu kita waspadai karena mampu mencapai permukaan tanah. Kedua sinar tersebut selain bisa memberikan dampak yang buruk bagi kulit, juga dapat memberikan dampak buruk bagi mata jika terlalu lama terpapar sinarnya.

Dalam jangka pendek, radiasi sinar UV dapat menyebabkan fotokeratitis. Fotokeratitis adalah peradangan kornea mata akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Dalam jangka panjang, terpapar sinar matahari terlalu lama mampu meningkatkan risiko terkena katarak atau degenerasi makula. Itulah kenapa diperlukan adanya kacamata anti sinar UV.

Tips Memilih Kacamata Anti-UV

1. Perlindungan Penuh

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 5

Pilih kacamata dengan perlindungan sepenuhnya dari sinar UV. Beberapa jenis lensa dapat menghalau sinar UV dengan baik. Namun, ada jenis lensa tertentu yang dapat menghalau hingga 99% sinar UV. 

Jika ingin sepenuhnya terhindar dari sinar UV, pilihlah produk yang mampu menghalau 99% atau bahkan 100% sinar UV. Pastikan produsen kacamata yang anda gunakan memiliki jaminan yang dapat dipercaya. 

2. Bingkai Ukuran Besar

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 6

Semakin besar ukuran kacamata, maka akan semakin baik. Luas permukaan lensa yang semakin besar akan membuat mata lebih terhindar dari kemungkinan masuknya sinar matahari.

Sinar matahari dapat masuk kedalam sela-sela kacamata. Pastikan ukuran kacamata cukup besar untuk menghalau sinar matahari dari berbagai sisi. Ingat, kacamata besar bukan artinya harus berukuran raksasa.

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 7

3. Lensa Yang Tepat

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 8

Sebelum membeli kacamata, pastikan anda mencobanya terlebih dahulu. Kacamata apapun itu, ada baiknya untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum membelinya.

Pastikan tidak ada penglihatan aneh setelah anda mengenakan kacamata tersebut. Untuk pengujian lebih jelas, tutup salah satu mata ketika mencoba lensa baru. Apabila ada penglihatan yang terlihat masih buram ketika mencoba memfokuskan pandangan; atau ada gambar atau pola tertentu yang terlihat; atau mungkin garis lurus bisa menjadi bergelombang ketika mengenakan kacamata tersebut, maka anda perlu mengganti lensanya.

4. Tahan Banting

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 9

Bagi kalian yang sering terpapar sinar UV, bisa dipastikan kalian adalah tipe orang yang kesehariannya berada di luar ruanga. Pastikan kacamata yang kalian pilih adalah produk yang tahan banting.

Pastikan ada lapisan antigores pada lensa ada untuk menghindari kemungkinan terkena goresan yang tidak disengaja. Selain itu, pastikan anda juga menggunakan bingkai kacamata yang fleksibel untuk menghindari kemungkinan bingkai kacamata yang mudah pecah, baik karena jatuh atau terduduki secara tidak sengaja.

5. Sesuai Anjuran Dokter

Manfaat dan 4 Tips Cara Memilih Kacamata Anti-UV 10

Jika anda memiliki dokter pribadi, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter anda. Dokter mata anda bisa saja menyarankan jenis kacamata tertentu yang mungkin lebih cocok dengan anda. Dari pada gambling, mendingan ikut saran dokter deh!

Nah, jika sudah menemukan kacamata yang pas nih buat keseharianmu, pastikan untuk selalu menggunakannya ketika beraktivitas di bawah teriknya sinar matahari!


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Adriel Prastyanto

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap