Manfaat dan Langkah Membangun Sistem SDM yang Efektif

Manfaat dan Langkah Membangun Sistem SDM yang Efektif 1

Setiap perusahaan pasti ingin memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas dan kinerja yang maksimal. Untuk mencapai itu, tentunya banyak faktor yang harus dilakukan oleh perusahaan pada saat awal dibangun. Beberapa diantaranya adalah memilih dengan baik dan matang divisi HR (Human Resources).

Pada divisi HR (Human Resources) inilah yang merupakan salah satu kunci untuk bisa mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas bagi perusahaan sebagai aset utama yang dimiliki. Karena bagian HR (Human Resources) memiliki tanggung jawab yang cukup berat untuk memberi perubahan signifikan pada perusahaan yang dipimpinnya. Seperti memastikan karyawan bekerja sesuai dengan kualitas perusahaan terhadap pekerjaan yang diberikan yang didasari dengan sistem supply (penawaran) dan demand (permintaan) yang dimiliki.

Apakah dengan memiliki divisi HR (Human Resources) perusahaan akan benar-benar mengalami peningkatan atau mendapatkan surplus yang besar? Jika tidak memilikinya bagaimana?

Memiliki divisi HR (Human Resources) adalah sesuatu yang lebih baik bagi perusahaan lingkup besar. Bahkan saat perusahaan masih kecil pun atau baru saja merintis, secara tidak sengaja karyawan pertama yang mengelola bisa disebut juga sebagai seorang HR (Human Resources) yang biasanya bahkan merangkap menjadi bagian atau divisi lain. Pada intinya setiap perusahaan besar pasti diawali dengan karyawan yang sedikit dan lama-lama semakin berkembang sampai memiliki divisi masing-masing sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Maka dari itu penting bagi perusahaan untuk melakukan perencanaan Sumber Daya Manusia (SDM), karena banyak manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan seperti berikut dibawah ini :

  • Mengembangkan dan mengidentifikasi kompetensi karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • Mengantisipasi Sumber Daya Manusia (SDM) untuk kebutuhan karyawan dari macam-macam kualifikasi.
  • Mampu melakukan pekerjaan secara proaktif saat menemukan kandidat yang sesuai dengan sistem perusahaan.
Manfaat dan Langkah Membangun Sistem SDM yang Efektif 3

Setelah mengetahui manfaat dalam dalam perencanaan sistem Sumber Daya Manusia (SDM) yang efektif, maka kita perlu mengetahui juga mengenai apa saja langkah yang harus dilakukan agar perusahaan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Berikut diabawah ini adalah langkah-langkah untuk perencanaannya:

1. Ketahui jumlah karyawan dalam perusahaan

Tim Sumber Daya Manusia (SDM) dapat bekerjasama dengan manajer tim untuk menjelaskan bagaimana proses ini akan dilakukan, dengan membutuhkan wawancara dan memahami tantangan yang akan dihadapi. Identifikasi yang dilakukan dinilai dari kategori karyawan dengan pengelompokan yang komprehensif seperti halnya usia, jabatan, pengalaman, skill, kompensasi dan lain-lain yang bisa disesuaikan dengan keadaan perusahaan.

2. Menganalisa kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM)

Karyawan yang telah menjadi bagian perusahaan harus dipikirkan nasib kedepannya akan seperti apa dan bagaimana. Maka dari itu perlu dipikirkan dan dianalisa dengan baik seperti mutasi karyawan, pemecatan karyawan, rekruitmen karyawan, promosi jabatan, pengunduran diri dan pertimbangan lain yang akan sangat berpengaruh banyak terhadap perusahaan dimasa yang akan datang.

3. Pencarian Sumber Daya Manusia (SDM)

Berdasarkan dengan dilakukannya analisa Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik maka saat pelaksanaannya akan memberikan solusi-solusi jika mengalami kendala atau kekurangan yang terjadi. Salah satunya seperti dengan diadakannya pelatihan, relokasi dan lain-lainnya yang dapat memberikan perubahan positif terhadap perusahaan yang dijalani. Itu menjadi faktor yang akan meminimalisir saat hal-hal negatif melanda Sumber Daya Manusia (SDM).

Itulah manfaat dan langkah untuk perencanaan sistem Sumber Daya Manusia (SDM) yang dapat membantu untuk memaksimalkan kebutuhan karyawan dengan  sistem supply (penawaran) dan demand (permintaan) yang dimiliki dengan baik.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fina Fauziah

   

Penulis Artikel | Moderator Online | Content Creator | Voice Over