4 Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan


4 Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan 1

Karena pohon jarak pada umumnya tumbuh secara alami, dan kalaupun dibudidayakan tujuannya cenderung untuk memanfaatkan lahan-lahan kering yang tidak subur, membuat jarak kerap disepelehkan.

Padahal, hampir seluruh bagian yang terdapat pada tanaman ini memiliki khasiat untuk pengobatan, mulai dari batang tanaman, biji, hingga bagian daun. Dengan kandungan senyawa amiri, teraksol, stigmasterol, dan kaemfesterol, membuat manfaat daun jarak untuk kesehatan begitu besar.

Berikut beberapa manfaat daun jarak untuk kesehatan:

1. Mencegah Kanker Serviks

Penyakit kanker serviks yang merupakan salah satu momok bagi kaum wanita, dapat dicegah dengan menggunakan daun jarak, karena daun jarak mengandung dimethyl sulfoxide yang bermanfaat dalam menjaga daerah kewanitaan. Selain itu daun jarak juga mengandung curcin dan toksalbumin yang merupakan senyawa antikanker.

2. Mengobati Reumatik

Buat mereka yang memiliki penyakit rematik, sembuhkan dengan menggunakan daun jarak dengan cara menumbuk halus daun jarak yang sudah tua dan masih segar kemudian mencampurnya dengan air dan oleskan pada anggota tubuh yang terserang rematik.

3. Obat Sakit Gigi

4 Manfaat Daun Jarak Untuk Kesehatan 3

Gigi yang berlubang tidak saja menimbulkan rasa sakit pada bagian gigi dan kepala, tapi juga berbahaya karena syaraf yang terdapat pada gigi ada yang berhubungan dengan jantung. Cara mudah untuk mengobati gigi berlubang dapat dilakukan dengan meneteskan getah yang terdapat pada tangkai daun jarak dengan menggunakan cottonbath atau kapas. Getah tersebut akan membunuh bakteri-bakteri karena mengandung sejumlah senyawa yang memiliki sifat antimikroba, seperti streptococcus, staphylococcus dan Escherechia Coli.

4. Menyembuhkan Koreng dan Luka

Penyakit koreng yang banyak menyerang kepala anak-anak serta luka pada bagian kulit dapat disembuhkan dengan menggunakan daun jarak yang sudah ditumbuk halus dan dicampur garam kemudian dibubuhkan pada koreng atau kulit yang terluka. Pengaruh yang ditimbulkannya adalah rasa perih, sebab kandungan β glukanase yang memiliki sifat antifungi tengah bekerja aktif. Penyembuhan dengan memanfaatkan daun jarak, tidak hanya sekedar menutup luka tapi juga menghillangkan bekas luka pada kulit.

Selain mengatasi berbagai macam penyakit sebagaimana tersebut di atas, manfaat daun jarak untuk kesehatan yang lainnya adalah: mengobati perut kembung, membantu proses persalinan, memulihkan kelumpuhan otot wajah, mengobati radang telinga, sariawan, mengencerkan dahak, juga memperbesar alat vital. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap