4 Manfaat Daun Kelor Yang Harus Anda Ketahui


manfaat daun kelor

Manfaat daun kelor – Daun kelor, adalah salah satu tumbuhan yang sangat terkenal di kalangan masyarakat. Hal ini dikarenakan daun kelor tumbuh dengan sangat cepat di beberapa tempat. Daun yang termasuk ke dalam suku Moringaceae ini adalah tumbuhan yang memiliki umur panjang dan mampu bertahan pada musim kemarau dengan suhu panasnya yang sangat ekstrim. Daun kelor ini sempat viral dalam masyarakat karena mereka percaya jika daun ini dapat berfungsi untuk mengusir atau menjauhkan rumah dari gangguan-gangguan makhluk gaib. Selain itu, daun kelor juga sering sekali dijadikan obat tradisional yang memiliki berbagai manfat. Kemudian, apa saja manfaatnya? Yuk simak manfaat daun kelor yang jarang diketahui oleh masyarakat.

 

Menghilangkan Cacingan

Cacingan adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering sekali dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal, cacingan juga dapat memberikan efek yang sangat buruk pada tubuh seperti mual, muntah, diare, dan demam. Oleh karena itu, cacingan harus segera diobati dan salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi air rebusan daun kelor. Dengan meminum air hasil rebusan daun kelor pada malam hari sangatlah ampuh untuk mengobati dan menghilangkan cacingan sangat dengan cepat. Untuk membuatnya sangatlah mudah dan sederhana. Anda hanya perlu merebus daun kelor dan tunggu selama beberapa menit. Setelah itu, saring air rebusan tersebut dan ramuan daun kelor siap untuk diminum.

 

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh manusia tentunya sangat berbahaya. Hal ini dikarenakan kadar kolesterol yang sangat tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit mematikan seperti jantung dan stroke. Namun kini Anda tidak perlu takut karena penyakit tersebut dapat dicegah dengan daun kelor. Salah satu manfaat daun kelor adalah untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi yang menumpuk di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan daun kelor sudah dibuktikan dengan penelitian yang masuk kedalam NCBI dapat menurunkan kolesterol seperti tumbuhan-tumbuhan lainnya yaitu oatmeal, almond, dan biji rami. 

 

Manfaat daun kelor sebagai Antioksidan

Selain memiliki berbagai macam kandungan gizi, ternyata daun kelor juga berperan sebagai antioksidan yang mempunyai fungsi untuk melawan radikal bebas pada tubuh seseorang. Adanya radikal bebas ini dapat mengakibatkan penyakit parah seperti diabetes tingkat 2 dan bahkan serangan jantung. Selain melawan radikal bebas, antioksidan juga dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan kadar gula yang berlebih. Anda hanya perlu meracik ramuan sederhana dengan 1,5 sendok the bubuk daun kelor. Setelah itu, Anda dapat mengkonsumsinya setiap hari agar kadar antioksidan darah di dalam tubuh meningkat. Untuk mendapatkan hasil yang signifikan, konsumsilah secara rutin dalam 3 bulan.

 

Mencegah Penyakit Kanker

Kanker adalah penyakit ganas yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Hal ini dikarenakan penyakit kanker dapat menyebabkan kematian dan sampai saat ini masih belum ada obatnya. Tentunya Anda tidak ingin kan apabila hal tersebut terjadi dalam diri Anda? Oleh karena itu, sebelum terlambat Anda perlu mencegah datangnya penyakit kanker. Untuk pencegahan kanker, Anda dapat menggunakan daun kelor. Daun ini memiliki kandungan senyawa niazimicin yang berguna untuk mencegahnya perkembangan sel kanker pada tubuh seseorang. Selain itu, kandungan beta-sitosterol juga dapat ditemukan di dalam daun kelor. Senyawa ini dapat mengobati prostat yang membesar dalam usus besar.

Itulah beberapa manfaat daun kelor yang tersembunyi sehingga jarang diketahui oleh banyak orang. Selain itu, daun kelor juga memiliki manfaat-manfaat lain seperti meningkatkan kesehatan mata, melancarkan pencernaan, meningkatkan fungsi otak. Daun kelor juga sangat cocok untuk Anda yang sedang menjalankan diet karena manfaat lain dari daun ini adalah untuk menurunkan berat badan seseorang.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

Isti Wulandary

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments