Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi


Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi 1

Manfaat daun sirih untuk gigi sangat kompleks. Bahkan hampir semua persoalan yang menyangkut kesehatan gigi, dapat diatasi dengan menggunakan daun sirih, mulai dari persoalan yang terkait langsung dengan gigi, maupun dampak yang ditimbulkannya, seperti kesehatan gusi serta bau mulut yang tidak sedap.

Berbagai penelitian pre-klinik telah membuktikan bahwa daun sirih mengandung zat-zat tertentu yang dapat menyembuhkan luka kecil pada mulut, menguatkan gigi, menghilangkan bau tidak sedap pada mulut, menghentikan gusi berdarah, serta mencegah terjadinya gigi berlubang.

Manfaat daun sirih untuk gigi sudah dikenal dan dimanfaatkan sejak tahun 600 SM di India dan Srilanka. Meski pada saat itu belum dilakukan penelitian secara ilmiah, namun masyarakat percaya efektifitas dari daun sirih untuk mengatasi persoalan gigi. Hal tersebut kini terbukti lewat serangkaian uji klinis yang membuktikan bahwa daun sirih mengandung minyak atsiri yang memiliki daya basmi sangat ampuh terhadap bakteri.

Manfaat Daun Sirih Untuk Gigi 3

Konsentrasi minyak atsiri pada daun sirih mengandung senyawa fenol dengan bahan aktifnya yang bernama kavikol dan betelfenol. Kedua bahan aktif tersebut memiliki fungsi antiseptik yang luar biasa dengan kemampuan daya bunuh bakteri lima kali lipat lebih kuat dibandingkan senyawa fenol biasa.

Tidak hanya untuk penyembuhan, manfaat daun sirih untuk gigi juga untuk pencegahan berbagai macam penyakit yang menyerang gigi. Hal tersebut disebabkan karena air rebusan daun sirih memiliki kemampuan yang sama dengan mouthwash, yakni membersihkan serta menghilangkan plak-plak pada gigi.

Sebagaimana diketahui, tingkat kebersihan rongga mulut dan gigi adalah faktor utama yang mempengaruhi kesehatan gigi. Karena itu, gigi harus senantiasa bersih dari plak yang disebabkan oleh sisa makanan yang tidak dibersihkan.

Keberadaan plak dapat menyebabkan munculnya gingivitis atau radang gusi yang dapat mengganggu jaringan pendukung gigi yang lain. Sehingga jika plak tidak segera ditangani, maka akan dapat menjadi penyebab munculnya gigi berlubang.

Membersihkan plak dapat dilakukan dengan dua cara, yakni cara mekanis dengan menggosok gigi dan cara khemis dengan berkumur menggunakan mouthwash. Cara mekanis saja tidak cukup, karena sikat gigi sulit untuk menjangkau bagian terdalam pada gigi terutama sela-sela gigi. Sedang cara Khemis masih jarang dilakukan oleh masyarakat karena produk mouthwash  yang dijual di pasaran harganya masih relatif mahal.

Untuk mengganti produk moutwash itulah bisa dilakukan dengan mengambil manfaat daun sirih untuk gigi. Caranya dengan menggunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur setiap kali selesai menggosok gigi.


Suka POST ini ? Bagikan ke temanmu !

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments