6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Dan Merawat Kecantikan Serta Cara Pengolahannya


manfaat kunyit

Kunyit atau sebagian masyarakat Indonesia ada yang menyebutnya kunir, adalah salah satu bumbu dapur yang ternyata memiliki segudang khasiat. Tanaman ini masuk dalam famili jahe-jahean atau bahasa latinnya Zingiberaceae yang merupakan tanaman rempah asli Asia Tenggara. Penyebarannya dimulai dari Indonesia, Malaysia, India, Australia hingga ke negara Afrika. Karena beragam macam manfaat kunyit inilah yang menyebabkan tanaman rempah ini sangat digemari oleh masyarakat di negara-negara Asia, terutama India.

Umumnya ada 2 jenis kunyit yang dikonsumsi di Indonesia, yaitu kunyit kuning biasa dan kunyit putih. Di Indonesia, kunyit diolah menjadi bumbu masakan, jamu tradisional, produk kecantikan (seperti masker, krim dan lain-lain) hingga pengolahan obat modern di industri farmasi. Lantas bagaimanakah.

 

Mengatasi Nyeri Datang Bulan

Salah satu khasiat klasik dari jaman nenek moyang kita di indonesia adalah mengatasi kram perut karena haid atau datang bulan. Biasanya kunyit diolah dalam bentuk minuman tradisional seperti jamu kunyit asam. Di era modern sekarang, mudah dijumpai jamu ini yang dikemas dalam bentuk botolan siap minum atau berupa bubuk.

Kunyit mengandung kurkumin yang mana berfungsi sebagai anti nyeri alami. Kurkumin bekerja dengan menekan hormon prostaglandin yang biasanya terjadi pada wanita semasa haid. Hormon prostaglandin merupakan hormon yang menyebabkan adanya rasa sakit. Karena sifatnya sebagai analgesik alami, hormon ini dapat mengurangi rasa sakit akibat kontraksi rahim saat meluruhkan sel-sel telur saat sedang masa menstruasi.

Pengolahan jamu kunyit asam sangat sederhana. Siapkan kunyit sepanjang 1 jari telunjuk sebanyak 3 buah, asam jawa 1 sendok makan dan air sebanyak 350 mg. Parut kunyit, tambahkan air lalu peras untuk mengambil sarinya. Larutkan asam jawa dengan sedikit air lalu tambahkan ke sari kunyit tadi. Tambahkan madu atau sedikit gula jika ingin lebih manis.   

 

Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ vital pada tubuh dalam kehidupan manusia. Selain fungsinya sebagai pemompa darah, di dalam jantung terdapat banyak pembuluh darah baik yang menuju atau keluar dari jantung. Senyawa kurkuminoid pada kunyit dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah tersebut dalam melancarkan aliran darah. Senyawa ini dapat mencegah penggumpalan darah sehingga dapat menjaga kesehatan jantung.

 

Mengurangi Perut Kembung Dan Maag

Senyawa yang terkandung pada kunyit juga dapat mengurangi produksi asam lambung yang dapat menyebabkan perut kembung. Cobalah konsumsi satu sendok makan bubuk kunyit yang dituang air panas segelas. Lalu konsumsi larutan tersebut selama 2 minggu.   

 

Mengurangi Rasa Ngilu Pada Nyeri Sendi

Manfaat kunyit lainnya adalah dapat mengurangi ngilu akibat osteoarthritis. Osteoartritis adalah penyakit penuaan sendi sehingga menjadi kurang fleksibel dan berakibat nyeri pada penderitanya. Senyawa kurkumin pada kunyitlah yang berperan dalam mengatasi rasa nyeri tersebut. Cukup dengan mengkonsumsi sekitar 500 miligram ekstrak kunyit sehari sebanyak 2 kali minum.

 

Membantu Mencerahkan Wajah

Tak hanya dari segi kesehatan, kunyit juga memiliki khasiat untuk merawat kecantikan. Anda dapat memanfaatkan kunyit sebagai seri perawatan alami untuk wajah Anda. Selain mengandung senyawa kurkumin, di dalam kunyit terdapat vitamin C sebanyak 25,9 miligram. Anda bisa mengolah kunyit menjadi masker bubuk.

Caranya mudah, cukup siapkan kunyit sebanyak 500 gram, parut dan beri air 500 mililiter. Lalu peras dan tempatkan di wadah. Diamkan air sari kunyit di wadah selama semalam sampai terpisah antara endapan dan air kunyit. Keesokan harinya, buang air endapannya saja. Lalu jemur endapannya hingga kering. Hancurkan endapan tadi hingga menyerupai bubuk.

Anda bisa menggunakan bubuk kunyit alamiah ini sebagai masker. Campurkan bubuk kunyit tadi dengan sair jeruk nipis lalu aduk hingga konsistensinya seperti pasta. Baurkan di wajah dan diamkan masker hingga mengering. Lakukan seminggu 3 kali. Cara ini ampuh untuk membantu mencerahkan kulit Anda.

 

Membantu Mengempiskan Jerawat

Selain mencerahkan wajah, manfaat kunyit lainnya adalah bisa membantu meredakan jerawat yang sedang meradang. Kandungan berbagai vitamin dan senyawa antioksidan tinggi dapat membantu meremajakan sel kulit dan membantu pengempisan jerawat. Caranya cukup campurkan bubuk pati kunyit dengan madu lalu totolkan di jerawat Anda. Diamkan hingga kering lalu bilas. Gunakan sehari 2 kali hingga jerawat membaik.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rin Rin

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap