5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kecantikan Tubuh & Tips Pemakaiannya


manfaat lidah buaya

Tanaman lidah buaya banyak tumbuh subur di Indonesia. Anda bisa menjumpai tanaman ini terpajang sebagai tanaman hias di pekarangan rumah. Berbagai manfaat lidah buaya tak melulu soal kecantikan saja, namun juga dapat menyembuhkan penyakit. Biasanya yang dapat dimanfaatkan dari tanaman ini adalah daging buahnya yang berbentuk seperti gel. Apa saja khasiat yang terkandung pada tanaman bergerigi ini? Berikut 6 daftar rangkumannya dan cara untuk mengolahnya:

 

Membuat Rambut Tampak Berkilau dan Tumbuh Lebat

Anda memiliki rambut yang kusam dan tipis? Jangan risau karena alam telah menyediakan lidah buaya sebagai solusi bagi rambut Anda. Sejak jaman nenek moyang, lidah buaya memang lazim digunakan sebagai masker rambut alami. Bahkan di jaman sekarang, banyak krim-krim yang beredar di pasaran memiliki campuran ekstrak lidah buaya. Lidah buaya banyak mengandung vitamin C dan E yang telah terkenal baik untuk kecantikan rambut Anda.

Cara mengaplikasikan ke rambut cukup mudah. Pertama, sediakan tanaman lidah buaya berukuran sedang atau besar. Jumlahnya sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Kelupas kulit lidah buaya bagian atas beserta duri-durinya. Di dalamnya terdapat daging lidah buaya yang bertekstur seperti gel dan berlendir. Gosok-gosokan daging buahnya ke rambut dan kulit kepala Anda secara merata. Tunggu hingga menyerap sempurna dan kering. Lalu bilas dengan air biasa. Lakukan masker rambut ini seminggu 1 kali secara rutin. Maka rambut Anda akan tampak berkilau dan tumbuh lebat.  

 

Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Daging dari lidah buaya mengandung sekitar 98% air dan 2% berupa vitamin, mineral dan senyawa lainnya yang baik bagi tubuh. Kandungan polisakarida dan 6 fosfat mannose-nya dikenal dapat merawat luka dengan baik. Dua senyawa tersebut bekerja dengan cara menghasilkan hidroksiprolin dan asam hialuronat yang akan membentuk fibroplas untuk menutup luka. Penggunaannya simpel, cukup dengan mengoleskan daging lidah buaya pada kulit yang terkena luka. Lakukan secara rutin hingga luka sembuh.

 

Membantu Meredakan Kemerahan Pada Kulit Karena Efek Sinar Matahari

Kulit yang terpapar langsung sengatan sinar matahari dapat berbahaya. Sinar UV dapat berakibat buruk pada kulit, mulai dari kulit yang menggelap karena efek terbakar sinar UV hingga berujung kanker kulit. Walaupun memang sinar matahari pagi bagus untuk nutrisi tulang karena mengandung vitamin D. 

Maka dari itu, jika kita bepergian hendaknya menggunakan sunscreen sebagai protektor kulit kita. Manfaat lidah buaya salah satunya adalah meredakan kemerahan pada kulit yang sudah terlanjur terbakar sinar UV. Kandungan vitamin C, E, mineral dan antioksidannya dapat menutrisi kulit yang telah terpapar efek UV tadi. Caranya sama, cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya pada kulit yang kemerahan lalu diamkan hingga kering. Bilas dengan air biasa. Lakukan secara rutin.  

 

Kandungan Antioksidan Yang Melimpah Untuk Detoksifikasi Tubuh

Antioksidan merupakan senyawa yang telah dikenal sebagai anti penuaan dini sekaligus dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain dioleskan secara langsung ke sumber masalah, Anda juga dapat mengkonsumsi daging lidah buaya.

Jika Anda ingin mengolahnya sendiri, cukup mudah. Siapkan tanaman lidah buaya berukuran besar secukupnya, kupas lalu potong-potong daging buahnya. Taruh di panci, tambahkan air secukupnya dan rebus hingga mendidih untuk menghilangkan getahnya. Anda bisa menambahkan gula pasir, gula batu atau madu agar rasanya lebih manis. Jika ingin praktis, Anda bisa membeli olahan minuman lidah buaya instan di supermarket.   

 

Mencegah Jerawat Dan Menghilangkan Komedo

Manfaat lidah buaya lainnya masih seputar kecantikan. Masker lidah buaya, selain melembabkan kulit juga dapat mencegah jerawat dan menghilangkan komedo. Anda dapat menggunakan masker wajah dari lidah buaya secara rutin seminggu 3 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Rin Rin

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap