Manfaat Lompat Tali Bagi Anak-anak

Manfaat Lompat Tali Bagi Anak-anak 1

Indonesia memang negara yang sangat kaya akan segala hal. Mulai dari makanan tradisional, bahasa daerah, suku-suku, baju-baju adat, rumah adat, hingga permainan tradisional. Salah satu permainan tradisional yang masih sering kita lihat, dan saat ini sering digunakan dalam pelajaran olahraga adalah lompat tali.

Lompat tali sendiri ternyata memiliki banyak manfaat yang tidak kita sadari. Berikut beberapa manfaat lompat tali untuk anak-anak:

1. Motorik Kasar

Main lompat tali merupakan suatu kegiatan yang baik bagi tubuh. Secara fisik anak jadi lebih terampil, karena bisa belajar cara dan teknik melompat dalam permainan ini memang memerlukan keterampilan sendiri.

2. Emosi

Untuk melakukan suatu lompatan dengan ketinggian tertentu dibutuhkan keberanian dari anak. Berarti, secara emosi dia dituntut untuk membuat suatu keputusan besar, mau melakukan lompatan atau tidak. Dan juga saat bermain, anak-anak akan melepaskan emosi mereka, sehingga mereka bisa tertawa, berteriak, dan bergerak bebas.

3. Ketelitian dan Akurasi

Anak juga belajar melihat suatu ketepatan dan ketelitian. Misalnya, bagaimana ketika tali diayunkan, dia dapat melompat sedemikian rupa sehingga tidak sampai terjerat tali dengan berusaha mengikuti ritme ayunan.

4. Sosialisasi

Untuk bermain tali secara berkelompok, anak membutuhkan teman yang berarti memberi kesempatan untuk bersosialisasi sehingga dia terbiasa dan nyaman dalam kelompok. Dia dapat belajar berempati, giliran, menaati peraturan, dan lain-lain.

5. Moral

Dalam permainan tradisional mengenal konsep menang atau kalah. Namun, menang atau kalah tidak menjadikan para pemainnya bertengkar, mereka belajar untuk bersikap sportif dalam permainan.

Itulah beberapa manfaat dari permainan tradisional lompat tali. Dan sudah sepatutnya jika kita bisa melestarikan permainan tersebut, mengingat ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dari permainan itu. Karena di zaman sekarang ini semua hal yang berbau tradisional makin tersingkir tergerus modernisasi, dan tertutupi oleh cara berpikir masyarakat kita yang menganggap hal-hal tradisional tak patut lagi dipelajari meskipun masih banyak manfaat yang tersimpan. Semoga kita sebagai penerus bangsa mampu menjaga dan melestarikan budaya asli negara kita, agar bisa menjadi pelajaran bagi anak cucu nantinya, serta menjadi kekayaan bangsa yang menjadi ciri unik bangsa kita.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.