Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh

Manfaat Olahraga Lari Bagi Tubuh 1

Olahraga atau melaksanakan aktivitas secara teratur adalah salah satu hal penting yang harus dilakukan  untuk menjaga kesehatan. Setiap orang dapat merasakan manfaat kesehatan dari olahraga atau aktivitas lain nya. Menjadi sehat adalah pilihan manusia sendiri, sehat bisa dilakukan dengan istirahat cukup, nutrisi yang baik, dan olahraga secara teratur.

“Mens Sana In Corpore Sano” yang memiliki arti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Banyak penelitian sudah membuktikan olahraga lari memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Olahraga lari merupakan olahraga yang paling umum dilakukan.

Selain mudah dan tidak memerlukan banyak biaya, lari juga dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Olahraga lari dilakukan secara konsisten, banyak manfaat yang didapatkan oleh tubuh, berikut manfaat olahraga lari bagi tubuh :

Foto : Berlari menjadikan tubuh sehat dan bahagia
Foto : Berlari menjadikan tubuh sehat dan bahagia

Mencegah sakit

Dengan berlari fungsi jantung memompa darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh. Dilakukan secara teratur potensi sakit jantung, stroke, diabetes, kolestrol dapat dicegah

Otot dan tulang menjadi kuat

rutin melakukan olahraga lari, dapat mencegah osteoporosis. Karena dengan berlari mampu meningkatkan kepadatan tulang, sehingga otot dan tulang menjadi kuat. Jadi biasakan diri sejak muda sudah melakukan olahraga lari.

Mengurangi stress

Saat hormon serotonin terangsang saat berlari, suasana hati menjadi lebih baik dan tubuh menjadi prima. Lihatlah foto dalam tulisan ini, bahagia nya saya saat melakukan olahraga lari. 

Stamina meningkat

Setelah melakukan olahraga lari, dipastikan stamina meningkat, hal ini dipacu oleh fungsi jantung yang optimal. Ditambah lagi jika imune kita sehat, membantu untuk tidak tertular dari berbagai virus.

Jantung menjadi sehat

Rutin berlari mampu menyehatkan jantung. Karena jantung yang terlatih mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh dengan baik.

Mencegah obesitas

Olahraga lari bisa menjadi solusi bagi kamu yang mengalami obesitas. Olahraga lari sangat efektif untuk menurunkan lemak karena lancarnya metabolisme. Rutin melakukan olahraga lari dipercaya membuat lemak menumpuk di dalam tubuh akan cepat berkurang secara efektif dan aman.

Memperbaiki kualitas tidur

Jika kamu memiliki masalah dengan tidur, olahraga lari dapat membantu kamu mengurangi masalah ini. Cobalah untuk berlari setiap hari di pagi hari. Rutin berlari akan menghilangkan masalah insomnia sehingga meningkatkan kualitas tidur dan membuat pola hidup menjadi lebih baik dan tubuh menjadi bugar.

Mengurangi Kecemasan

Mengurangi kecemasan adalah salah satu manfaat olahraga lari. Dengan berlari, kamu akan mengalami penurunan ketegangan otot sehingga mengurangi kecemasan yang dialami. Selain itu, berlari dengan banyak orang juga meningkatkan kepercayaan diri.

Menjaga berat badan

Olahraga lari secara rutin dapat memicu pembakaran kalori dalam tubuh. Seseorang yang malas berolahraga, maka kalori dari makanan yang ia konsumsi akan menumpuk dan mengakibatkan berat badan naik.Olahraga lari merupakan salah satu olahraga yang efektif untuk menjaga bahkan menurunkan berat badan. Dengan berolahraga lari secara rutin, penumpukan lemak dan ekstra kalori dapat terhindar dan berat badan akan lebih terjaga.  

Yuk lakukan olahraga lari secara rutin, sehingga manfaat nya didapatkan oleh tubuh. Jangan tunggu sakit untuk olahraga lari, karena olahraga lari mencegah sakit. 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Arif Kurniawan