Manfaat Sirih Hijau dan Sirih Cina untuk Kesehatan


Manfaat Sirih Hijau dan Sirih Cina untuk Kesehatan 1

Kalian pasti sudah mengenal dengan salah satu tanaman yang memiliki beragam khasiat ini, yaitu tanaman Sirih. Sirih Hijau yang memiliki nama latin Piper betle ini merupakan tanaman yang hidup subur pada dataran rendah ataupun dataran tinggi di wilayah Indonesia. Ciri-ciri dari tanaman ini mempunyai bentuk tulang daun menyirip, pangkal daun membulat dan ujung daun meruncing. Memiliki batang yang berbentuk silindris dan beruas dengan tumbuh merambat.

Sedangkan Sirih Cina dengan nama latin Peperomia pellucida atau ketumpang air tumbuh bercabang dengan batang dan daun berwarna hijau pucat. Daun berbentuk helaian lebar, ujung meruncing dan tulang daun melengkung. Tanaman ini berasal dari Amerika Tropis. Di Indonesia biasanya tumbuh secara liar seperti pekarangan rumah dan tumbuh subur saat musim hujan, nah makanya dari sebagaian orang tidak peduli dengan keberadaannya dan menganggap tanaman ini sebagai tanaman liar padahal sebenarnya tanaman ini mempunyai banyak manfaat di dalamnya lho!

Dalam tanaman ini terdapat kandungan vitamin A di mana vitamin ini dapat menurunkan resiko atau mencegah kanker, vitamin B1 sebagai sumber energi untuk tubuh, vitamin B2 ini dapat mengatasi sakit kepala atau migrain, protein, kalsium, sodium, karbohidrat, alkaloid, antibiotic, antiseptik dan lainnya. Nah makanya tidak heran jika tanaman ini memiliki beragam manfaat.

Apakah kamu pernah mengalami sakit gigi? Jangan khawatir karena Sirih Hijau ini dapat mengatasi sakit gigi dengan cara mengunyah secara langsung atau berkumur dengan air rebusan daun sirih. Selain itu, Sirih Hijau ini dapat mengobati demam berdarah, menurunkan gula darah pada penderita diabetes, mengobati sakit tenggorokan dan mempercepat penyembuhan luka bakar lho. Wah kenapa begitu ya? Hal ini dikarenakan pada daun sirih terdapat kandungan antiseptik yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi.

Begitupun dengan Sirih Cina yang mempunyai kandungan antioksidan untuk menjaga kesehatan tubuh diantaranya dapat membantu mencegah penyakit flu, menurunkan tekanan darah tinggi, mengatasi penyakit asam urat serta gangguan sistem kemih dan menjaga kesehatan pencernaan dengan cara meminum air rebusan daun Sirih Cina ini. Hal ini dibuktikan dari hasil studi bahwa kandungan pada tanaman ini dapat menghambat terjadinya kerusakan mukosa pada lambung.

Jadi, bagaimana teman-teman? Tidak heran kan jika kedua tanaman ini sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan dapat mengobati berbagai macam penyakit. Dahulu para orang tua menggunakan daun sirih untuk menjaga kesehatan gigi mereka. Nah, itu artinya tanaman ini sudah digunakan sebagai obat tradisional sejak dahulu. Bahkan manfaat dari kedua tanaman ini sudah dilakukan penelitian oleh para ahlinya lho, jadi teman-teman tidak usah ragu dengan manfaat dari tanaman ini ya!

Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan perhatikan lingkungan sekitar serta menjaga kebersihan teman-teman. Karena, tanpa kita sadari banyak sekali tanaman disekitar kita yang sangat bermanfaat untuk tubuh, tetapi harus tetap berhati-hati karena tidak semua tanaman memiliki kandungan yang baik untuk tubuh. Jika kalian menemukan tanaman seperti ciri-ciri yang aku sebutkan di atas, boleh banget nih kalian coba. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Salwa Renjani Ratu Pratiwi

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap