Manfaat tanaman herbal kunyit untuk kesehatan


Manfaat tanaman herbal kunyit untuk kesehatan 1

Dimasa pandemik. Kesembuhan dengan menggunakan herbal sangat baik bagi kesehatan tubuh. Dengan memanfaatkan tumbuhan sebagai anti bodi atau ketahanan imun bagi tubuh sangat diperlukan selain juga dengan menjaga jarak dari penularan dan pemakaian alat perlindung diri seperti masker, faceshield, banyak tumbuh tumbuhan herbal yang dapat menjaga daya tubuh dan juga bisa meningkatkan imun.

Manfaat tanaman herbal kunyit untuk kesehatan banyak sekali dan bisa kamu pelajari dari internet atau buku-buku tentang tanaman herbal. Kesehatan memang hal utama yang wajib diperhatikan, apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Sebenarnya banyak cara menuju sehat, semua tergantung pilihan kamu sendiri. Kebanyakan orang menggunakan jasa dokter ketika badan merasa tidak sehat. Tetapi, banyak juga yang telah terbiasa dengan pengobatan sendiri menggunakan cara tradisional.

Indonesia terkenal sebagai negara yang berlimpah sumber kekayaan alamnya. Termasuk di dalamnya adalah keanekaragaman tanaman herbal. Kebiasaan masyarakat dari tempo dulu menggunakan tanaman herbal sebagai pengobatan masih berlanjut hingga saat ini. Biasanya, tanaman-tanaman herbal tersebut diolah dalam bentuk jamu. Seiring kemajuan zaman, olahan tanaman herbal juga jadi semakin modern. Sekarang kamu bisa mendapatkan berbagai macam jamu dalam bentuk kemasan yang lebih praktis.

Manfaat tanaman herbal kunyit untuk kesehatan 3

Salah satu tanaman herbal yang sering digunakan oleh masyarakat adalah kunyit. Tanaman berwarna kuning dengan bentuk seperti akar kecil ini memang sangat mudah didapatkan. Kunyit sering digunakan sebagai bumbu dapur, dan juga termasuk yang mudah untuk ditanam. Tanaman ini termasuk ke dalam TOGA atau tanaman obat keluarga yang dibudidayakan oleh masyarakat. Menanam sendiri tanaman herbal akan membantu kamu dalam menghasilkan olahan obat herbal yang terjamin kebersihan dan keasliannya.

 

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut ini:

Sebagai tanaman herbal kunyit sangat mudah ditanam. Kamu hanya tinggal menyediakan media tanah dalam pot, lalu tanam kunyit yang telah bertunas di dalamnya.

Kunyit telah digunakan dari zaman dahulu sebagai obat maag. Sakit maag sendiri bisa dipicu dari luka pada lambung yang diakibatkan infeksi bakteri. Kunyit dipercaya dapat mengobati peradangan akibat luka tersebut berkat curcumin yang dimilikinya.

Kunyit memang tanaman herbal yang banyak khasiatnya. Salah satunya bisa meredakan mual. Zat curcumin yang dikandungnya memang memiliki efek meredakan rasa mual.

Selain itu kunyit juga dipercaya dapat meredakan rasa sakit pada haid. Kandungan curcumin pada kunyit memiliki pereda nyeri alami yang dapat melemaskan perut kram.

Tanaman herbal ini juga sering digunakan untuk kecantikan. Kunyit dapat diolah menjadi masker alami untuk menghilangkan komedo. Pengolahan tanaman herbal yang mudah dan juga tidak sulit didapatkan, membuat tanaman obat alami ini dapat bertahan hingga sekarang.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Fandi syah

   

Penulis, jurnalis, mentor Menulis karya karya jurnalistik dan pegiat literasi

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap