Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan dengan Menulis!

Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan dengan Menulis! 1

Menulis dan membaca adalah salah satu kemampuan dasar yang sudah kita pelajari sejak kecil. Di bangku Sekolah Dasar, mungkin pikiran kita tentang menulis hanya tentang menulis catatan pelajaran yang diberikan oleh guru. Tapi, apakah pandangan itu masih bertahan sampai sekarang?

Menulis adalah kegiatan yang terdengar sepele dan membosankan. Namun, menulis bukan hanya tentang menulis catatan atau buku harian. Di masa dewasa ini, mungkin pandanganmu tentang menulis sudah meluas. Mulai dari hal sederhana seperti menulis caption atau pendapat di sosial media sampai menulis cerpen, puisi, novel atau bahkan jurnal penelitian. Itu semua adalah kegiatan menulis.

Meski terdengar sepele, ternyata menulis memiliki berbagai manfaat yang tidak kamu sadari. Kali ini kita akan membahas tentang manfaat-manfaat tersebut.

1. Mengekspresikan diri

Yang pertama adalah kamu bisa mengekspresikan diri kamu dengan menulis. Kamu bisa menuangkan segala perasaan dan isi hati dalam tulisanmu. Kamu bebas mengekspresikan rasa marah, senang, atau sedih di dalamnya.

Menuangkan perasaan dalam tulisan bisa membuatmu lebih lega saatkamu merasa tak ada teman berbagi. Sama halnya berbagi cerita dengan teman, yang membedakan adalah tulisan tak akan menghakimimu seperti yang biasa dilakukan manusia.

2. Meningkatkan kreativitas

Saat pertama kali kamu mencoba menulis, kamu mungkin kebingungan hendak menulis apa. Tapi lama-kelamaan kamu akan mulai terbiasa dan tulisanmu akan mengalir dengan sendirinya. Itu karna kamu membiasakan otakmu berpikir mencari ide untuk merangkai kata-kata dalam tulisanmu, memilih kata yang akan kamu gunakan dan merangkainya menjadi satu kalimat. Kamu hanya perlu berlatih.

3. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Tulisan yang baik adalah tulisan yang sesuai dengan kaidah penulisan yang berlaku. Pada awalnya, kamu mungkin tidak akan terbiasa dan memilih cuek dengan EYD atau PUEBI yang berlaku saat ini. Namun, semakin sering menulis, keinginanmu untuk membuat sebuah tulisan yang bagus akan semakin besar. Hal ini juga sejalan dengan intensitas kamu membaca. Semakin sering membaca, kemampuan berbahasa yang menulis kamu juga akan berkembang.

4. Me’refresh’ otak

Terkadang kepala kita dipenuhi ide, perasaan, emosi yang tidak bisa kita utarakan membuat pikiran tidak tenang bahkan menimbulkan kecemasan. Kamu bisa mecoba menuangkan isi kepalamu dalam bentuk tulisan. Kamu bisa mengemukakan semua ide, pendapat, perasaan tanpa harus khawatir dengan respon negatif yang mungkin akan kamu terima saat membaginya dengan seseorang. Dengan menuangkannya dalam tulisan, kamu bisa mengurangi rasa cemas yang membuatmu tidak nyaman.

5. Menghasilkan uang

Tulisan yang selama ini kamu pikir hanya identik dengan tugas atau pelajaran ternyata bisa menghasilkan uang, loh. Jika kamu sudah cukup yakin dengan tulisanmu kamu bisa menguangkannya. Caranya? Kamu bisa mengirim tulisanmu ke media cetak atau online. Entah itu berupa cerpen, novel, puisi, atau artikel. Kamu bisa menemukan berbagai situs yang bersedia membayar penulis yang ingin menerbitkan tulisannya. Kamu juga bisa menjadi penerjemah, jurnalis atau penulis artikel freelance.

Salah satu situ yang bersedia membayar penulis untuk menerbitkan artikel atau cerpen adalah Digstraksi.com. Mereka bersedia membayar Rp. 5 setiap kali ada yang membaca artikel yang berhasil kamu terbitkan. Kamu bisa mencoba berbagai macam tema mulai dari cerpen, horor, film, sampai psikologi dan ekonomi.

Itu dia manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rutin menulis. Tidak perlu buru-menulis cerpen, artikel atau novel, kamu bisa memulainya dengan menulis apa yang akan kamu lakukan setiap harinya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.