Manusia, Kenapa Kamu Butuh Rekreasi?

Manusia, Kenapa Kamu Butuh Rekreasi? 1

Sudah berapa lama waktu yang kita habiskan di dalam ruangan selama masa pandemi begini, Sob? Apakah ada dari kalian yang sudah merindukan rekreasi? Pasti banyak yah, apalagi bersama dengan keluarga tercinta. Tentunya hal tersebut dapat lebih menambah imun ya kalau kata anak jaman sekarang. Hem.. semoga Covid-19 ini lekas berakhir dan semua manusia dibebaskan dari segala marabahaya segera.

pixabay.com
pixabay.com

Ngomong-ngomong soal rekreasi, biasanya yang paling seru dan membekas di ingatan kita adalah masa-masa saat sedang duduk di bangku sekolah dulu. Baik dari Taman Kanak-kanak, SD, SMP, hingga SMA, tapi ini khusus bagi kalian yang bukan angkatan Corona baru-baru ini ya, yang sudah pernah merasakannya di era-era dulu. Dari bikin agenda sebelum berangkat, mau bawa bekal apa aja, janjian ketemu di mana, rencana mau main apa, bawa uang saku berapa, sampai mau bawa oleh-oleh apa aja dan lain sebagainya. Sampai tidak ketinggalan dengan kamera dari ponsel jadul buat selfie dengan gaya super alay hahaha. Tapi buat yang belum, didoain deh semoga lekas ketemu dan rekreasi bareng sama temen-temennya, Amiinnnn.

Eh ya, kalian tahu belum manfaat rekreasi itu apa aja? Yap, selain bisa bikin bahagia, rekreasi juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan lho. Apalagi bagi mental health yang sekarang sedang gencar disuarakan di berbagai pemberitaan media sosial. Nah, mau tahu info lebih lengkapnya? Nih seperti yang udah penulis lansir dari cantik.tempo.co ada beberapa sebab kenapa manusia itu butuh liburan. Cek kuy.

1. Menyisihkan Waktu yang Baik untuk Keluarga dan Sahabat

Manusia tetaplah manusia. Ia tidak mampu hidup dengan sendirian di dunia ini. Ia akan selalu butuh dan dibutuhkan orang lain. Sebab sudah kodratnya ia sebagai makhluk sosial yang membutuhkan interaksi sosial dengan manusia lainnya.

Nah dengan melakukan rekreasi, manusia bisa lepas sejenak dari beban pekerjaan yang dipikulnya serta lebih banyak menghabiskan waktu sementara dengan orang-orang sekitar yang tentunya lebih berharga. Akan ada lebih banyak cerita dan pengalaman hangat yang didapat. Sesekali boleh kok rekreasi, karena kita perlu itu.

2. Isi Ulang Energi

pixabay.com
pixabay.com

Layaknya ponsel genggam kita yang perlu mengisi ulang dayanya, manusia pun butuh hal demikian. Rasa penat dan lelah dari rutinitas sehari-hari perlu diberhentikan sejenak agar energi kita tidak benar-benar habis dan berujung drop.

Oleh sebab itu, rekreasi dapat membantu kita mengisi ulang energi dengan bersantuy-santuy dahulu. Lalu lanjut kerja lagi kemudian ehehe.

Meskipun tidak punya banyak biaya yang cukup untuk pergi ke tempat-tempat wisata yang wow wow, kamu juga bisa kok pergi ke kampung atau desa halaman yang masih memiliki pesona lingkungan alami. Hal tersebut bisa membuat pikiran kamu segar kembali. Jika ada cara mudah untuk bahagia, kenapa mesti mahal?

3. Bikin Seneng

Ini sudah pasti lah ya. Rekreasi bisa bikin kamu seneng asal kamu menikmati rekreasi tersebut. Percuma kalau kamu pergi liburan tapi masih cemberut dan memikirkan banyak masalah. Jangan ya, kalau rekreasi baiknya kamu bebaskan segala beban pikiran dan cobalah untuk membuat dirimu sendiri nyaman serta menikmati kondisi yang ada. Begitu.

4. Nambah Pengalaman

Yap, seperti yang dilansir dari m.liputan6.com rekreasi mampu membuat manusia memperoleh pengalaman yang baru. Khususnya pada anak-anak. Rekreasi dapat menjadi media untuk pengenalan sosial serta penambah wawasan bagi mereka. Ditambah mengajak buah hati liburan bersama dengan keluarga dan teman-temannya akan memberikan arti tersendiri yang berharga bagi mereka. Tentunya sebagai kenangan masa lalu yang menyenangkan, bukan?

5. Penghilang Stres

Terlalu banyak kerjaan, lagi banyak masalah, beban ini beban itu, pasti bawaannya gusar melulu. Nah solusi yang pas salah satunya adalah rehat dan pergi rekreasi alias liburan. Dengan begitu, kita akan merasa lebih rileks dan berpikir lebih jernih.

Nah gimana nih para pembaca Digstraksi sekalian, kalian udah bikin rencana gak nih mau liburan ke mana?

Referensi :

  • https://cantik.tempo.co/read/1213169/manusia-butuh-liburan-ini-sebabnya
  • https://m.liputan6.com/lifestyle/read/2926298/catat-ini-manfaat-penting-rekreasi-untuk-buah-hati

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Soreane Sore