MASHLE, Manga Kocak yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

MASHLE, Manga Kocak yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan 1

MASHLE bercerita mengenai perjuangan hidup Mash Burnedead dalam meniti karirnya sebagai penyihir dan ingin mencapai status tertinggi dalam dunia sihir demi menggapai mimpinya yang ingin hidup normal bersama keluarganya. Perjuangan Mash tentunya tidaklah mudah karena berbeda dengan sebagian besar orang yang memiliki kemampuan sihir, Mash tidak memiliki keahlian sihir apapun, satu-satunya hal yang dapat membuatnya bertahan sejauh ini adalah kemampuan fisik yang luar biasa.

Kemampuan fisik yang luar biasa ini dikarenakan sejak kecil Mash menghabiskan waktunya dengan melatih fisiknya sampai ke batas maksimal sehingga tidak mengherankan mengapa saat ini dia bisa menjadi begitu kuat. Walaupun begitu perjuangannya untuk sampai pada posisi tertinggi di dunia sihir tidaklah mudah karena dia harus bersekolah di sekolah sihir ternama yang tentunya dipenuhi orang-orang ambisius dengan kemampuan sihir tingkat tinggi dan tidak menyukai anomali pada Mash. 

Bagi yang belum mengetahui, MASHLE merupakan salah satu manga dalam Weekly Shonen Jump yang baru terbit awal 2020 yang lalu dan walaupun masih tergolong sebagai manga baru, MASHLE cukup berhasil dalam meraih kepopuleran. Salah satu bukti keberhasilan dari manga ini adalah dapat melewati tahap inisiasi dimana banyak manga baru yang penjualannya tidak menunjukkan peningkatan maka dalam waktu kurang lebih 6 bulan akan di paksa berhenti oleh editor WSJ. Keberhasilan manga ini bukan tanpa alasan, ada beberapa hal yang membuatnya berbeda dari berbagai manga baru yang terbit di WSJ pada saat itu.

Manga yang Memparodikan Berbagai Serial Terkenal

MASHLE, Manga Kocak yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan 3

Salah satu bagian yang membuat manga ini populer adalah bagian humornya, dimana humor yang disajikan cukup berbeda dengan manga sejenis. MASHLE memang dapat dikategorikan juga sebagai gag manga  karena hampir disetiap chapternya selalu diselipkan humor, dan bahkan pada bagian awal cerita memiliki porsi yang lebih banyak daripada bagian seriusnya. Manga yang satu ini memang banyak memparodikan beberapa serial terkenal seperti Harry Potter dan One Punch-Man sebagai bagian utama dari humornya. 

Seperti dalam dunia sihir Harry Potter dimana terdapat sekelompok orang yang menganggap bahwa manusia yang tidak bisa menggunakan sihir adalah kelas rendah, dalam dunia Mash juga banyak ditemukan orang-orang yang berpandangan seperti itu, namun Mash dengan kemampuan fisiknya dapat selalu membungkam orang-orang yang selalu memperlakukannya secara tidak adil.

MASHLE, Manga Kocak yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan 4

Sama seperti Saitama dari One Punch-Man, Mash memiliki kekuatan fisik yang jauh diatas kemampuan manusia biasa, bahkan karena saking hebatnya dapat mengelabui setiap lawannya dan menganggapnya bahwa itu adalah sihir dari Mash. Sementara itu sekolah sihir yang merupakan tempat dimana Mash menuntut ilmu yang tidak lain adalah Easton Magic Academy sangat mirip dengan Hogwarts, termasuk berbagai event maupun tes sihir di dalamnya.

MASHLE juga memparodikan My Hero Academia yang terdapat salah satu bagian dimana Lemon memberikan pembelaannya terhadap Mash yang diprotes oleh pendemo karena dianggap tidak layak, mirip seperti Uraraka yang membela Deku atas protes yang dilancarkan warga sipil terhadapnya.

Karakter Utama yang Merupakan Perpaduan dari Beragam Karakter

MASHLE, Manga Kocak yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan 5

Memiliki hobi untuk melatih otot seperti Asta dan kepribadian seperti Saitama dan Mob membuat karakter dari Mash ini menjadi lebih menarik. Dalam berbagai hal karakter polos Mash dapat selalu membuat setiap orang yang ditemui berdecak kagum atas cara Mash yang out of the box dalam memecahkan setiap masalah yang ditemuinya. Padahal dengan tanpa adanya kekuatan sihir seharusnya dialah yang paling sering mendapat kesulitan, namun dengan akalnya dia selalu dapat menemukan jalan keluar.

Kecerdasan Mash ini mengingatkan kita pada Senku dari Dr.Stone yang karena kejeniusannya dapat memecahkan masalah sehari-hari dengan sains, tetapi terdapat perbedaan di antara karakter Senku dan Mash. Jika Senku cenderung menyelesaikan permasalahan dengan penjelasan sains yang rumit, Mash justru selalu dapat menyederhanakan setiap masalah rumit yang ditemuinya sehingga terlihat bukan menjadi masalah besar baginya.

MASHLE, Manga Kocak yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan 6

Sama seperti Luffy, Mash juga memiliki berbagai sifat yang membuat setiap lawannya penasaran atas berbagai perilaku yang dilakukan Mash. Bahkan tidak jarang karakter yang awalnya menjadi musuh Mash berbalik menjadi teman dekatnya. Sikap polos dan tingkah laku Mash yang aneh juga pada merembet pada teman-temannya, yang akhirnya ikut bertingkah konyol seperti yang terjadi pada Lance, Dot dan Lemon, dimana hal ini membuat sisi komedi dari manga ini menjadi tidak monoton, karena setiap karakter memiliki sisi humoris yang berbeda-beda. 

Sebagai manga action, MASHLE cenderung memiliki jalan cerita yang relatif ringan, berbeda dengan Naruto atau One Piece yang walaupun shonen tetapi memiliki jalan cerita yang cukup rumit dan banyak terdapat misteri di dalamnya. Ini mungkin dikarenakan chapter dari manga ini belum cukup banyak sehingga belum banyak misteri yang tereksplor, namun bukan tidak mungkin jika semakin lama plotnya dapat semakin mendalam. Bagi kamu yang sedang mencari manga ringan dan banyak terdapat unsur komedi, manga yang satu ini dapat mengisi hari-harimu.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

GUTS