Masih Buang Minyak Jelantah Sembarangan? Mulai Sekarang Kirim Kesini Aja Yuk!

Masih Buang Minyak Jelantah Sembarangan? Mulai Sekarang Kirim Kesini Aja Yuk! 1

Mana nih pecinta gorengan?, kayaknya susah ya sehari aja ga makan gorengan kalo udah jadi gorengan lovers. Dari sarapan sampai makan malam wajib ada gorengan yang tersaji. Biasanya pecinta gorengan ini ada 2 tipe, yang pertama tipe suka beli gorengan sedangkan yang ke-dua tipe suka buat gorengan sendiri karena dinilai lebih dapat banyak dibanding beli. Betul tidak?.

Tapi eh tapi, sampai saat ini minyak bekas menggoreng (minyak jelantah) kalian buang kemana? Ke saluran air ya?, atau diplastikin dan dibuang ke tong sampah?. Duuuh kita jadi kontibutor pencemaran lingkungan dong kalau seperti itu ceritanya. Padahal tugas kita sebagai manusia salah satunya untuk menjaga bumi, kalau sedikit-sedikit sampah atau limbah rumah-tangga berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) akan jadi apa bumi beberapa tahun mendatang?.

Kita cari solusinya yuk!

Ada kabar baik nih, di zaman sekarang orang-orang udah mulai peduli dengan lingkungan tempat tinggalnya untuk melakukan pemilahan sampah tak terkecuali limbah minyak jelantah ini. Sampai-sampai ada beberapa orang yang terpanggil untuk membuat komunitas atau start-up yang bergerak di bidang sampah loh. Meskipun baru ada di kota-kota besar tetapi ini sudah jadi langkah yang sangat baik untuk memperbaiki kualitas lingkungan supaya bebas sampah dengan pelan dan pasti, sambil menyebarluaskan ide-ide bagus ini ke penjuru-penjuru negeri.

Siapa saja sih kira-kira lembaga atau start-up yang menerima limbah minyak jelantah rumah tangga, minyak jelantah umkm/perusahaan dan lainnya?

1. Bank Sampah Induk Rumah Harum

Masih Buang Minyak Jelantah Sembarangan? Mulai Sekarang Kirim Kesini Aja Yuk! 3

Di kelola oleh Bapak Hermansyah, Bank Sampah Induk Rumah Harum sudah berdiri sejak tahun 2013 dan tempat pengelolaannya beralamat di Jl. Merdeka No.3, Mekar Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16411. Jenis sampah yang diterima di Bank Sampah ini cukup banyak meliputi: sampah jenis karung, jenis ban, jenis plastik, jenis botol kaca, jenis logam, jenis minyak (minyak jelantah).

Penerimaan minyak jelantah ini merupakan program baru yang diberi nama sedekah minyak jelantah dan warung minyak jelantah.

Untuk program sedekah minyak jelantah ini kamu bisa mendaftarkan alamat rumahmu melalui contact person yang tertera pada website/instagram Bank Sampah Induk Rumah Harum yang nantinya akan dilakukan penjemputan minyak jelantah oleh petugas BSI Rumah Harum. Penjemputan minyak jelantah dilakukan setiap setiap hari selasa dan rabu mulai dari pukul 09:00-17:00. Jika kamu ingin minyak jelantahmu ditukar dengan minyak goreng baru juga bisa, ketentuannya adalah setiap 5kg minyak jelantah akan ditukar dengan 1 liter minyak goreng baru. Gimana? Menarik kan?

Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi Bapak hermansyah langsung melalui:

  • Website: http://banksampahrumahharum.com
  • Instagram: @bsirumahharum

2. Waste4Change

Masih Buang Minyak Jelantah Sembarangan? Mulai Sekarang Kirim Kesini Aja Yuk! 4

Merupakan salah satu start-up yang bergerak dalam penanganan sampah dan sudah berdiri sejak tahun 2014. Tempat pemulihan material pertama beralamat di Jl. Alun Alun Utara, RT.002/RW.001, Padurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat 17156. Tagline dari waste4change ini sangat unik yaitu

“#BijakKelolaSampah bantu kamu kelola & daur ulang sampah untuk Indonesia bebas sampah.”

Sesuai dengan tagline tersebut, waste4change menerima kiriman sampah dari kamu salah satunya adalah kiriman limbah minyak jelantah.

Berbeda dari BSI Rumah Harum, waste4change punya aturan sendiri untuk kamu yang ingin menyerahkan minyak jelantah. Pertama, sampai saat ini waste4change hanya menerima minyak jelantah yang dihasilkan dari pabrik atau usaha umkm. Ke-dua, kamu harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi beberapa pertanyaan yang tersedia di website/instagram waster4change (https://waste4change.com @waste4change). Ke-tiga, kirimkan minyak jelantah dengan ekspedisi pilihan kamu dan jangan lupa untuk memberi tanda “jangan dibanting” pada kemasan paket yang kamu buat serta pastikan kembali minyak jelantah yang kamu kemas aman dari goncangan.

3. PT Hijau Daun Energi

Masih Buang Minyak Jelantah Sembarangan? Mulai Sekarang Kirim Kesini Aja Yuk! 5

Merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang pengumpulan limbah minyak kelapa sawit dan turunannya khususnya minyak goreng bekas atau jelantah (UCO = Used Cooking Oil) dan sudah berdiri sejak tahun 2016. Dari limbah minyak jelantah yang terkumpul akan didaur ulang menjadi Biodesel (bahan bakar ramah lingkungan). PT. Hijau Daun Energi memiliki tujuan dan harapan yang besar dalam mendukung program penghijauan (Go Green) serta program hidup sehat (Go Health.

Kamu yang ingin mengirimkan minyak jelantah harus mengisi form kedatangan terlebih dahulu, form tersebut tertera di website PT Hijau Daun Energi (https://www.hdenergi.com). Setelah itu, nanti kamu akan mendapatkan balasan. Agar kamu mendapatkan balasan lebih cepat, sebaiknya kamu menghubungi pada jam operasionalnya saja yaitu setiap:

  • Senin s.d Jum’at pukul 09:00-17:00
  • Sabtu pukul 09:00-15:00
  • Minggu dan tanggal merah libur.

Sedangkan untuk alamat lengkapnya ada di Jl. Green Sedayu 5 GS 5 No.2, Jakarta Timur. Call Center (hanya layanan WA): 08115988388

Itu dia 3 tempat yang bisa kamu pilih untuk mengirimkan minyak jelantah yang dihasilkan. Jangan lupa untuk selalu menjaga lingkungan tempat tinggalmu ya, karena kebersihan lingkungan merupakan tanggungjawab kita bersama.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.