Mau Berbisnis di Tengah Pandemi Tapi Modal Minim? Ini Tipsnya

Mau Berbisnis di Tengah Pandemi Tapi Modal Minim? Ini Tipsnya 1

Tak sedikit dari masyarakat kita yang dirugikan dengan situasi COVID-19 seperti sekarang. Apalagi, COVID-19 saat ini sudah mulai bervariatif jenisnya. Sehingga bukan tidak mungkin situasi pandemi ini akan memperpanjang masa kita untuk berdiam diri rumah. Bayangkan, yang dulu hanya 1 jenis COVID-19 saja kita hampir setahun lebih mengalami krisis kesehatan, apalagi jenis virusnya sudah bervariatif, bukan?

Tapi… bukankah di setiap kesulitan dan krisis selalu ada celah bagi kita untuk menghirup angin segar? Yups, mulailah berkarya dan jadikan kreatifitas dan hobimu menjadi sesuatu yang dapat “menghasilkan”. Karena pekerjaan yang dilakukan dengan berdasarkan pada kenyamanan (seperti hobi) akan menjadikan pekerjaan itu luar biasa. Sehingga hal yang didapatkan pun tidak hanya berupa cuan, tapi juga kenyamanan dalam menjalani pekerjaan tersebut.

Setidaknya jangan berdiam diri, melangkahlah sedikit demi sedikit.

1. Sesuaikan Kemampuan dengan Potensi Usaha Saat Ini

Mau Berbisnis di Tengah Pandemi Tapi Modal Minim? Ini Tipsnya 3

Dalam situai seperti sekarang ini, setidaknya ada 5 sektor usaha yang masih dapat memberikan keuntungan. Kelima sektor itu antara lain, kesehatan, kuliner, pakaian, alat olahraga, dan jasa guru privat.

Selain itu, kelima jenis usaha ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Apalagi hal tersebut merupakan hal yang paling banyak dibutuhkan orang-orang di masa pandemi ini. Seperti halnya kuliner, kamu bisa menjual makanan-makanan sehat atau minuman yang dapat membantu menjaga imun tubuh, atau bisa juga kamu menjual makanan beku (frozen food). Atau untuk jenis kesehatan, kamu bisa menjual alat pendukung kesehatan seperti masker, face shield, hingga suplemen vitamin.

2. Promosikan Bisnismu melalui Media Sosial/Online

Mau Berbisnis di Tengah Pandemi Tapi Modal Minim? Ini Tipsnya 4

Setelah menentukan jenis usahamu, kamu bisa memanfaatkan kehadiran media sosial dan web e-commerce semaksimal mungkin untuk memaksimalkan usahamu agar lebih berkembang. Kalau kamu memiliki banyak teman dan kenalan di media sosialmu, hal itu akan sangat membantu untuk mengembangkan usaha  dan bisnismu. Kamu bisa menjangkau banyak pembeli, dan menghemat modal untuk promosi. Apalagi saat ini jumlah pembeli online meningkat pesat karena kondisi pandemi. Karena hampir semua kegiatan dilakukan secara online, termasuk berbelanja dan transaksi lainnya.

3. Perluas Jangkauan Bisnismu secara Perlahan

Mau Berbisnis di Tengah Pandemi Tapi Modal Minim? Ini Tipsnya 5

Last but not least, kembangkan dan perluas bisnismu sedikit demi sedikit. Buatlah strategi bisnis yang dapat menjaga eksistensi bisnismu di tengah pandemi ini. Intinya lakukan dengan penuh kesabaran dan ketelitian, amati perkembangan pasar, dan perhitungkan segala langkah dengan cermat dengan mengoptimalkan modal yang ada. Jangan memaksakan modal yang minim untuk melebarkan sayap bisnismu. Karena banyak orang yang terlalu berambisi malah membawa perekonomiannya menjadi semakin krisis. Cukup memutar modal yang ada, agar perekonomianmu aman hingga masa pandemi ini usai.

Orang sukses bukan karena modalnya, tapi karena keberaniannya melewati banyak kegagalan.

Itulah beberapa tips yang bisa kalian terapkan untuk memulai sampai menjalankan usaha di tengah pandemi. Kalian juga bisa menjalani bisnis dibarengi dengan berinvestasi, atau menginvestasikan sebagian dari penghasilan bisnismu ke salah satu jenis pasar modal. Karena investasi juga bisa membantu perekonomianmu agar selalu stabil dalam kondisi apapun.

Semangat, ya!!

Walaupun pandemi rasa-rasanya akan lama berakhirnya, kita harus tetap semangat menjalani keseharian kita, meski banyak hal yang tak sama seperti dulu. Dan juga, belajarlah untuk selalu bersyukur atas setiap hal kecil yang Tuhan berikan untuk kita setiap harinya. Jangan lupa istirahat yang cukup, makan sayurnya, minum air putih, jangan lupa konsumsi vitamin, dan kalau keluar rumah jangan lupa pakai maskernya, ya!

Sampai sini dulu ya, dan selamat berbisnis. 🙂

 

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Maharani