Mau berpartisipasi menjaga bumi? Yuk kirimkan sampah rumah tangga kamu kesini


Mau berpartisipasi menjaga bumi? Yuk kirimkan sampah rumah tangga kamu kesini 1

Sampah masih menjadi salah satu permasalahan yang sering terjadi di lingkungan kita. Tak jarang kita melihat tumpukan sampah yang menggunung di sepanjang jalan, di sungai, hingga di tanah lapang yang sebetulnya bukan area tempat sampah. Hingga banyak makhluk hidup yang terkena imbas buruk akibat sampah-sampah yang menggunung tidak tertangani. Banyaknya masyarakat yang belum teredukasi menjadi salah satu sebab belum tertanganinya sampah dengan baik di lingkungan kita.

Oleh karena itu, dibutuhkan sosialisasi menyeluruh yang harus dijalankan oleh pemerintah setempat agar masyarakat lebih teredukasi mengenai sampah. Saat ini sudah banyak tempat penampungan sampah yang tersebar di setiap kota, baik di kelola oleh pemerintah kota setempat ataupun di kelola oleh perorangan yang peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar.

Tersedianya tempat penampungan sampah juga harus dibarengi masyarakat yang sadar akan kebersihan lingkungan tempat tinggalnya, memilah sampah rumah tangganya dan mengirimkan ketempat penampungan sampah yang ada di dekat lokasi tinggal. Dengan mengirimkan sampah-sampah yang telah di pilah ke tempat penampungan sampah artinya kita sudah bertanggungjawab dengan sampah-sampah kita, dan kita bisa mendapatkan beberapa manfaat salah satunya manfaat ekonomi. Ini dia 4 tempat penampungan sampah yang bisa kamu pilih untuk menyalurkan sampah rumah tanggamu.

1. Bank Sampah Induk Rumah Harum Depok

http://banksampahrumahharum.com
http://banksampahrumahharum.com

Di kelola oleh Bapak Hermansyah, Bank Sampah Induk Rumah Harum sudah berdiri sejak 2013. Jenis sampah yang diterima di Bank Sampah ini cukup banyak meliputi: sampah jenis karung, jenis ban, jenis plastik, jenis botol kaca, jenis logam, jenis minyak. Seperti yang kita tau bahwa kegiatan utama bank sampah adalah menukar sampah menjadi uang. Hal ini tentu menguntungkan bagi masyarakat yang menyalurkan sampahnya ke Bank Sampah karena mendapatkan nilai ekonomis. Namun, jika ingin menyalurkan sampah rumah tangganya ke Bank Sampah Induk secara cuma-cuma alias sedekah akan ada penjemputan sampah yang dilakukan oleh pihak Bank Sampah Induk untuk menjemput kerumah langsung. Hasil uang yang terkumpul akan disalurkan pada pihak yang membutuhkan seperti korban banjir, gempa, tanah longsor dan sebagainya. 

Selain itu, ada program baru dari Bank Sampah Induk yakni sedekah minyak jelantah. Jika kalian menyedekahkan minyak jelantah sebanyak 5 kg maka akan mendapatkan minyak goreng baru sebanyak 1 liter. 

Untuk mengetahui program-program dari Bank Sampah Induk Rumah Harum Depok secarea lengkap, kalian bisa melihat langsung ke http://banksampahrumahharum.com

2. Rebricks Indonesia

https://www.instagram.com/rebricks.id
https://www.instagram.com/rebricks.id

Rebricks Indonesia adalah tempat penampung sampah yang mendaur ulang sampah plastik menjadi paving block dan batako. Berbeda dengan bank sampah, Rebricks Indonesia tidak memberikan layanan jemput ataupun memberikan sejumlah uang atas sampah plastik yang dikirim. Sampah yang diterima di Rebriks Indonesia hanya sampah plastik, tidak menerima sampah jenis lain.

Jenis sampah plastik yang diterima meliputi: sampah plastik multi layer/sachet/kemasan, plastic bag/kresek, label minuman botol (hanya label saja), dan bubble wrap. Informasi tambahan untuk kalian yang akan mengirimkan sampah plastik ke Rebricks Indonesia, yang pertama pastikan sampah plastik dalam keadaan bersih dan kering ya. Karena rebricks tidak mau menerima sampah plastik yang masih kotor dan basah. Yang kedua, sebelum mengirimkan sampah plastik, kalian wajib mengisi formulir terlebih dahulu. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Rebricks Indonesia, kalian bisa melihat langsung akun instagram disini https://www.instagram.com/rebricks.id

3. Golimbah

https://www.instagram.com/golimbah
https://www.instagram.com/golimbah

Golimbah ini merupakan perusahaan teknologi pengolahan berbasis riset. Jadi sampah-sampah yang diterima bergantung dari riset apa yang sedang dijalankan oleh Golimbah. Contohnya di periode bulan ini Golimbah menerima sampah plastik jenis botol skincare, dan puntung rokok yang akan di teliti. Sehingga kalian bisa mengirimkan sampah jenis tersebut ke Golimbah.

ifatnya suka rela, jadi tidak ada bayaran atas sampah yang kita kirim. Untuk informasi lebih lengkap mengenai Golimbah agar kalian dapat mengetahui program-progaram terbaru bisa melihat langsung akun instagram disini https://www.instagram.com/golimbah

4. Sedekah Sampah BBN

https://bbn.id/Lesswaste
https://bbn.id/Lesswaste

Sedekah Sampah BBN ini di inisiasi oleh para guru-guru kita, ustadz-ustadz kita untuk mengajarkan kepada kita bahwa pengelolaan sampah itu penting. Dengan mengolah sampah kita bisa lebih bertanggungjawab atas apa yang kita makan atau kita pakai sehari-hari. Konsep yang diusung Sedekah Sampah BBN adalah MASJID LESSWASTE. BBN menjelaskan bahwa BBN ingin menjadikan Masjid sebagai penggerak dan motor utama dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Sampah yang diterima oleh Sedekah Sampah BBN berjenis sampah botol plastik dan sampah kardus. Tidak ada sistem jemput atau kirim via paket, kalian yang akan mengirimkan sampah botol plastik ataupun sampah kardus harus datang langsung ke Masjid Al-Hakim BSD di hari Minggu pukul 05;00 – 10;00. Untuk informasi lebih lengkapnya kalian dapat sambangi website Sedekah Samapah BBN disini https://bbn.id/Lesswaste

Itu dia 4 penampung sampah yang bisa kalian pilih untuk menyalurkan sampah rumah tangga kalian. Semoga dengan cara ini, kita bisa mengurangi sampah-sampah yang tercecer di jalan, di tempat-tempat kosong, dan di sungai hingga laut. Yuk kita mulai bertanggung jawab dengan sampah kita dari keluarga kita masing-masing!

 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Nurul Hidayah

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap