Mau Bersyukur atau Insecure?


Mau Bersyukur atau Insecure? 1

Bersyukur atau insecure? inilah kata-kata yang ingin penulis tanyakan. Pada zaman ini banyak dari kita yang merasa minder atau insecure, termasuk penulis saat ini sedang berjuang untuk melawan rasa insecure. Insecure tidak memandang gender baik dia wanita maupun dia pria. So, apa sih itu insecure? mungkin sebagian dari kita tidak tahu pengertian tentang insecure itu sendiri. disinilah penulis ingin menjalaskan tentang insecure itu sendiri.

Insecure itu apa sih ?

  1. Abraham Maslow berkata insecure adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tidak aman, menganggap dunia sebagai hutan yang mengancam kebanyakan manusia yang berbahaya dan egois.
  2. Menurut penulis sendiri insecure berarti keadaan dimana seseorang merasa kurang, merasa berbeda dan ingin dianggap lebih dari orang lain.
Mau Bersyukur atau Insecure? 3

Nah, ada beberapa penyebab insecure itu sendiri yaitu

  1. Seseorang pernah mengalami kegagalan atau penolakan, dalam hal peristiwa ini kadang orang tsb pernah mengalami kegagalan atau penolakan baik dari keluarga, teman maupun lingkungan hal ini yang menyebabkan rasa percaya diri seseorang menjadi berkurang.
  2. Mendapat Penilaian kurang baik dari orang lain, sering kali komentar dan penilaian yang buruk terhadap seseorang dan tidak memikirkan perasaan orang lain sehingga menyakiti perasaan orang tsb. Hal ini yang menjadi salah satu penyebab dari insecure itu sendiri.
  3. Menginginkan segala sesuatu dengan sempurna, sering kali seseorang ingin memiliki kehidupan yang sempurna, hal inilah yang menyebabkan rasa lebih dan lebih itu timbul dan selalu membandingkan dirinya dengan kehidupan orang yang lebih tinggi darinya.
  4. Tekanan dari keluarga, keluarga adalah lingkungan terdekat kita tetapi sering kali keluarga yang membuat seseorang itu menjadi tidak percaya diri contoh saja selalu membandingkan seseorang dengan saudaranya : “coba lihat, adek/kakakmu itu dia kerja di perusahaan besar sedangkan kamu? hanya karyawan biasa.”
source : youtube.com
source : youtube.com

Bagaimana sih cara mengatasi agar kita tidak insecure:

  1. Love your self is important! mengapa penulis mengatakan demikian karena yang mengerti kepribadian kita adalah diri kita sendiri. Sering kali kita membohongi diri kita. Contohnya kita merasa lapar saat nongkrong maupun melakukan kegiatan tetapi karena kita sering di bilang “gendutan ya sekarang, nanti kalau ga ada yang mau sama kamu gimana?”Hal inilah yang membuat rasa insecure itu muncul. Jadi, cintai dirimu sendiri itu penting hukumnya.
  2. Me time atau Luangkan waktu untuk diri sendiri, apasih pentingnya me time? Terkadang kita perlu meluangkan diri kita sendiri untuk refreshing karena dari me time itu sendiri kita bisa mengenal kepribadian kita sendiri. Kita bisa mengenal kelebihan dan kelemahan kita. 
  3. Kegagalan adalah sebuah Motivasi, hal yang paling ditakuti oleh penulis saat ini adalah kegagalan. Tetapi ingat apabila kita mengalami kegagalan anggaplah suatu kegagalan adalah kunci dari keberhasilan. Saat kita merasa apa yang kita cita-citakan gagal dan tidak berhasil maka anggap saja itu adalah sebuah proses agar kita menjadi seseorang yang kuat.
Mau Bersyukur atau Insecure? 4

Last but not least, coba deh kita bersyukur dengan segala sesuatu. Mungkin saat ini kita merasa ga percaya diri atau merasa kurang dari yang lainnya, tetapi ingat bahwa saat kita bersyukur kita akan merasakan kedamaian. Jadilah diri kalian sendiri dan percayalah semua orang itu unik. Penulis ingin menyampaikan bahwa tidak perlu menjadi seseorang yang sempurna tetapi jadikanlah kekuranganmu untuk menyempurnakan orang lain. 

Dan buat kalian yang selalu berkata “Kok hitaman ya sekarang, kok gendutan ya, sekarang jerawatan deh” coba diganti dengan “kamu itu unik dan kelihatan segar ya, walaupun begitu kamu terlihat sempurna.” mudahkan ? daripada kita harus menyakiti perasaan orang lain.

Yuk Bersyukur daripada Insekyur!!!

 


Putri Kurnia

   

Kata "Ema" (sebutan mama dalam bahasa Estonia) aku berasal dari planet zigya. Pa adalah Jendral di planet kami dan saat ini kami sudah tinggal di bumi ini selama 24 Tahun. Terima kasih Bumi dan seisinya mari kita menciptakan kedamaian dan tidak ada perbedaan! Salam Sayangku <3

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap