Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini


Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini 1

Melakukan perjalanan wisata dengan menjadi backpacker ada plus dan minusnya. Sisi negatifnya adalah jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di tengah perjalanan, maka risiko tersebut harus kita hadapi sendiri tanpa ada yang membantu. Itu sebabnya perlengkapan traveling backpacker harus benar-benar dipersiapkan dengan matang.

Namun demikian, menjadi backpacker atau berangkat wisata sendiri tanpa melalui agen perjalanan, akan jauh lebih menyenangkan, karena kita bisa bebas mau kemana saja dan melakukan apa saja tanpa terikat oleh jadwal dan waktu sebagaimana yang telah ditentukan oleh agen perjalanan.

Disamping itu, biaya yang dikeluarkan jatuhnya jauh lebih murah dibanding melalui agen perjalanan, bahkan selisihnya bisa lebih dari separuhnya. Jumlah tersebut tentunya tidak sedikit, apalagi jika perjalanan wisata yang kita lakukan tujuannya ke luar negeri.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama dalam perjalanan itulah seorang backpacker harus melakukan persiapan dan merencanakan perjalan dengan matang, termasuk perlengkapan yang harus dibawa.

Itu sebabnya, bagi Anda yang ingin berangkat wisata sendiri tanpa melalui agen perjalanan, siapkan perlengkapan traveling backpacker berikut ini.

Dokumen Penting

Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini 3

Dokumen-dokumen penting seperti paspor, KTP, SIM, kartu kredit, kartu debet serta dokumen penting yang lain jangan ada satupun yang ketinggalan. Sebab dokumen tersebut akan sangat dibutuhkan untuk berbagai keperluan selama dalam perjalanan. Bahkan untuk membeli tiket penerbanganpun tidak dapat dilakukan tanpa menyertakan KTP atau paspor.

Dibandingkan dengan perlengkapan traveling backpacker yang lain, dokumen penting menduduki urutan pertama, karena jika perlengkapan yang lain ketinggalan masih mudah untuk dicarikan solusinya, tapi jika dokumen yang ketinggalan, bisa jadi Anda akan pulang kembali sebelum melakukan perjalanan wisata.

Uang Tunai

Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini 4

Meski telah membawa kartu kredit dan kartu debet, uang tunai tetap harus tersedia dalam dompet sebagai perlengkapan traveling backpacker yang wajib dibawa, karena tidak semua tempat terdapat mesin ATM dan tidak semua hotel serta restoran menerima kartu kredit.

Selain itu uang tunai seringkali dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan selama dalam perjalanan, seperti untuk membayar ongkos angkutan umum, membayar tiket masuk objek wisata, membeli makanan dan minuman selama dalam perjalanan dan sebagainya.

Uang tunai yang dimaksud bukan hanya sebatas mata uang rupiah, tapi juga mata uang yang dipakai di negara yang akan dituju jika tujuan wisata adalah ke luar negeri. Untuk dapat memegang mata uang asing, tukarkan rupiah sebelum berangkat dan jangan saat berada di negeri orang.

Tujuannya agar  tidak repot mencari money changer sehingga menghabiskan waktu perjalanan serta menghindari nilai kurs yang rendah jika ditukar di luar negeri.

Smartphone

Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini 5

Dengan berbagai fitur yang dimiliki, smartphone menjadi perlengkapan traveling backpacker yang wajib dibawa karena fungsinya tidak hanya dipakai untuk berkomunikasi, tapi juga untuk mengecek jadwal penerbangan, mencari referensi tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, memanfaatkan GPS untuk mencari lokasi yang ingin dituju, menggunakan kamera ponsel untuk mendokumentasikan perjalanan, dan masih banyak fungsi lainnya.

Bagi yang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, disarankan untuk mengganti simcard dengan kartu seluler yang dipakai di negara yang dituju. Karena jika masih menggunakan nomor simcard Indonesia, tarif untuk berkomunikasi dan mengakses internet jatuhnya akan jauh lebih mahal, bahkan selisihnya bisa berkali-kali lipat.

Obat-Obatan Pribadi

Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini 6

Bagi yang memiliki penyakit bawaan, obat-obatan pribadi merupakan perlengkapan traveling backpacker yang harus masuk ke dalam daftar barang yang dibawa. Disamping itu juga harus disiapkan obat ringan yang lain, seperti obat anti mabuk, minyak kayu putih atau minyak angin, pencegah masuk angin, plester penutup luka, antiseptik dan lotion anti nyamuk.

Tujuan membawa obat-obatan utamanya obat-obatan pribadi adalah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk selama di perjalanan sekalipun hal tersebut tidak kita harapkan. Sebab di tempat wisata yang dituju belum tentu dekat dengan apotek, puskesmas atau rumah sakit. Jikalau dekat dengan tempat berobat, belum tentu tempat berobat tersebut menyediakan obat yang kita butuhkan.

Pakaian

Mau Jalan-jalan ke Tempat-tempat Wisata? Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Traveling Backpacker Berikut Ini 7

Pakaian merupakan perlengkapan traveling backpacker yang wajib dibawa, karena fungsi  pakaian tidak hanya sebagai penutup badan dan agar terlihat modis, tapi juga sebagai pelindung tubuh dari cuaca. Itu sebabnya sesuaikan pakaian yang dibawa dengan lamanya kunjungan dan dengan cuaca di tempat yang akan dikunjungi.

Jangan terlalu banyak membawa pakaian karena akan menjadi beban selama dalam perjalanan. Tapi juga jangan terlalu sedikit karena dampaknya Anda harus membeli pakaian baru di tempat yang dituju.  Sementara pakaian yang dijual di tempat-tempat wisata pada umumnya dibandrol dengan harga yang lebih mahal. Kecuali jika tujuan membeli pakaian dengan maksud untuk dijadikan cinderamata atau oleh-oleh.

Sesuaikan pula jenis pakaian dengan cuaca di tempat yang dituju. Jika tempat yang dikunjungi bersuhu panas atau destinasi yang dituju adalah kawasan pantai, maka pakaian yang tepat adalah yang berbahan tipis dan mudah menyerap keringat. Sebaliknya, jika yang dituju bersuhu dingin, maka yang harus dibawa adalah pakaian berbahan tebal dan jangan lupa untuk membawa jaket.

Demikian beberapa perlengkapan traveling backpacker yang wajib dibawa, agar perjalanan wisata menjadi lebih aman dan menyenangkan. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap