Mau Tahu Cara Hidup Hemat? Ini Caranya


Mau Tahu Cara Hidup Hemat? Ini Caranya 1

Hidup hemat adalah sesuatu tindakan yang tentunya sangat diinginkan oleh  banyak orang. Kita ketahui bahwa hidup hemat adalah satu cara agar kita tidak tertimpa masalah keuangan. Andai hidup boros, ketika ada keperluan yang mendesak, maka tidak bisa dipenuhi hingga akhirnya harus meminjam uang dengan teman, saudara dan lainnya bahkan sangat mungkin melakukan tindak kejahatan seperti mencuri, merampok, mencopet dan lainnya.

Nah, sebab itu, mari kita coba hidup hemat agar keuangan kita tetap terjaga dan tidak terjadi krisis. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk bisa hidup hemat:

Pertama, Hentikan membelikan barang yang tidak diperlukan

Hal ini sangat penting kita ketahui karena sering kita lihat seseorang hidupnya sangat boros. Setiap punya uang atau gaji baru diterima, seringkali pergi berbelanja barang-barang seperti baju, celana, sepatu dan barang lainnya padahal masih banyak baju, celana, sepatu dan barang lainnya masih layak pakai.

Ada juga sering kita lihat mentraktir makanan teman, saudara dan lainnya tanpa melihat bagaimana keuangan satu bulan kedepannya. Sebab itu, uang untuk ditabung pun tidak ada. Sampai akhirnya, ada sesuatu yang diperlukan tetapi tidak ada tabungan yang bisa digunakan sehingga harus meminjam uang dan terlibat utang yang banyak.

Mau Tahu Cara Hidup Hemat? Ini Caranya 3

Kedua, Berhenti membeli makanan siap saji

Hal kedua yang penting diketahui juga adalah hentikan membeli makanan siap saji. Kita ketahui bersama bahwa banyak sekali orang yang menyukai makanan siap saji agar tidak capek memasak makanan sendiri. Banyak tentunya kita lihat orang-orang yang mengutamakan makan di luar seperti di restoran dan rumah makan lainnya.

Hal itu harus dikurangi karena sangat boros dimana harga makanan siap saji tergolong mahal. Coba bayangkan kalau kita memulai masak sendiri di rumah dengan bahan secukupnya, tentu lebih enak bukan dan sehat bukan?.

Penting kita ketahui bahwa mulai sekarang lebih baik memasak sendiri di rumah dan juga membawa makanan sendiri ketimbang harus makan di luar seperti restoran dan rumah makan.

Ketiga, Membawa uang secukupnya

Hal ketiga ini jangan juga dilupakan. Ingatlah untuk tidak membawa uang sebanyak mungkin karena godaan dari luar sangatlah banyak. Coba kita bayangkan, kalau membawa uang yang banyak keluar rumah, maka kita sering tergoda dengan aneka makanan, barang yang disajikan di luar rumah sehingga kita tergoda untuk membelinya.

Andai kita membawa uang sedikit maka alhasil kita tidak bisa membeli makanan dan barang apapun itu karena uang tidak cukup. Oleh karena itu, ketiga hal itu adalah cara untuk bisa hidup hemat. Mari kita lakukan perlahan tentu kita bisa hidup hemat.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap