MCAS, Mendadak Artis kah?


MCAS, Mendadak Artis kah? 1

PT. M CASH INTEGRASI TBK. Perusahaan yang bergerak dibidang penyedia self-kiosk digital dan layanan solusi IT. Produk digital yang ditawarkan adalah seperti pulsa dan token listrik, pembayaran tagihan, pemesanan tiket, e-ticket dan voucher digital. Itulah sekilas informasi tentang persahaan go public dengan kode MCAS.

Beberapa waktu lalu, kode saham ini mendadak jadi buah bibir di dunia maya. Lantaran Bursa Efek Indonesia (BEI) memperingati beberapa artis tanah air yang didapati mempromosikan saham ini ke followernya melalui media instagram. Oleh karena ulah kedua artis inilah, nama MCAS mendadak jadi artis.

Namun terlepas dari semua polemik di atas, bagaimana kondisi sesungguhnya saham ini bila kita tinjau dari sudut pandang teknikalnya?

Gambar 1 Daily Charting MCAS
Gambar 1 Daily Charting MCAS

Gambar 1 bagian B, Grafik MACD menunjukkan bahwa sejak tanggal 21 September 2020 lalu, saham ini sudah masuk ke zona uptrend. Dan mengalami kenaikan yang cukup tinggi (secara berkala) di tanggal 18 November 2020 dan di tanggal 16 Desember 2020. Gambar 1 bagian A, Garis MA dan Candlestick. Pada bagian ini memperlihatkan ketiga garis MA (10, 20, 50) bergerak bersamaan naik dan menghadap ke atas dengan jarak celah antara garis satu dengan lainnya masih cukup besar. Untuk candlestick, sejak tanggal 19 November 2020, batangan candlestick rata-rata bergerak di atas garis MA 10. Hal ini menjadikan garis MA 10 sebagai penopang yang kuat bagi harga untuk tetap naik. Secara sederhana – pengertiannya adalah harga saham ini masih memiliki potensi yang cukup besar untuk tetap naik ke atas selama beberapa hari ke depan (mungkin hingga ke pekan depan).

Gambar 2 Monthly Chart MCAS
Gambar 2 Monthly Chart MCAS

Gambar 2 bagian B, grafik MACD Bulanan. Garis MACD (biru) mengkonfirmasi bahwa mulai Januari 2021 ini, harga saham mulai masuk zona harga uptrend.

Gambar 2 bagian A, grafik garis MACD (10, 20, 50) dan candlestick. Garis MA 10 masih bergerak di bawah MA 20. Namun celah kedua garis ini mulai menunjukkan tanda pengecilan dan pergerakan mulai mengarah ke atas. Sejak Bulan September 2020, harga menyatakan keberadaannya bergerak di atas MA 10, per bulan Desember 2020 harga kembali dikonfirmasi bergerak di atas MA 20. Pengertian sederhananya adalah secara bulanan harga saham terdeteksi uptrend dan memiliki potensi untuk melanjutkan kondisi ini hingga bulan berikutnya. Konfirmasi uptrend akan lebih kuat lagi bila garis MA 10 (merah) memotong  garis MA 20 (hijau).

Jadi … bila seandainya kita saat ini duduk sebentar di warung kopi dan sambil bertanya “apakah MCAS mendadak artis?”, jawabannya mungkin iya benar, terkait peringatan BEI terhadap beberapa artis yang menginfluencer followernya ke saham MCAS. Namun bila dikaitkan dengan kondisi harga uptrend saham ini dengan “mendadak artis”nya. Menurut penulis, sepertinya tidak ada pengaruhnya sama sekali. Karena kondisi uptrend saham ini sudah terjadi beberapa bulan lalu di tahun 2020.

Akhir kata, penulis mengingatkan kembali, bahwa tulisan di atas ini hanyalah sebuah analisa teknikal yang didasarkan pada informasi yang disajikan pada sebuah grafik saja, sedangkan pada realitasnya harga saham sangat dipengaruhi banyak faktor. Jadi Keputusan yang tepat tetap ada di tangan Anda. Terima kasih.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Paulus Hary

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap