Meluapkan emosi dengan cara elegan, apakah mungkin?


Meluapkan emosi dengan cara elegan, apakah mungkin? 1

Apakah kamu pernah merasakan situasi ketika berhadapan dengan seseorang yang emosian, mudah marah atau moodyan? bertemu dengan seseorang yang bermuka masam, berhadapan dengan bos yang suka marah pada hal-hal kecil, atau menghadapi pacar atau sahabat yang moodyan? Menyebalkan dan pastinya menguras emosimu, bukan?

Atau mungkin kamu pernah merasa kesal bahkan kecewa pada suatu keadaan yang tidak mengenakkan, tapi tidak ada tempat untuk melampiaskan dengan alasan tidak ingin membebani orang lain. Pada akhirnya, kamu hanya memendam semua emosi dalam diri berharap agar segera melupakannya. Tapi ternyata perilaku itu sangat tidak baik untuk kesehatanmu loh, baik secara mental maupun fisik.

Lalu apa yang sebaiknya kita lakukan ketika emosi menghampiri?. Jawabannya adalah meluapkan. Tapi jangan sampai kita meluapkan emosi pada tempat dan waktu yang tidak tepat, sehingga bisa mengganggu orang-orang disekitarmu yang sebenarnya tidak ada kaitannya dengan penyebab emosimu.

Untuk itu, yuk coba lakukan beberapa tips di bawah ini agar emosimu tersalurkan dengan elegan.

1. Ambil sedikit ruang untuk dirimu sendiri

Meluapkan emosi dengan cara elegan, apakah mungkin? 3

Jika kamu merasa mulai kesal atau tidak sependapat dengan orang-orang di sekitarmu, coba tarik nafas sejenak dan buat sedikit ruang untuk dirimu. Jika sedang berada di sebuah ruangan, coba keluar ruangan tersebut untuk mendinginkan kepalamu. Tarik nafas perlahan agar detak jantungmu kembali normal. Setelah membaik dan pikiranmu rileks, kamu bisa melanjutkan diskusimu. Jika sebelumnya kamu marah karena adanya perbedaan pendapat, kamu bisa mengemukakan kembali alasan mengapa kamu tidak setuju dengan pendapat tersebut, serta berikan alasan yang logis.

2. Lakukan kegiatan fisik atau olahraga

Ada banyak hal-hal berguna yang bisa kamu lakukan ketika emosi melanda. Salah satu contohnya dengan melakukan olahraga atau kegiatan fisik. Jika kamu termasuk pecinta olahraga fisik, coba lakukan olahraga untuk melemaskan otot dan pikiran yang sempat menegang karena emosi. Selain dapat menyalurkan emosi, olahraga juga dapat membuat tubuh terasa bugar dan menyehatkan. Tapi jika kamu sedang berada di dalam ruangan atau ada banyak orang disekitarmu, lebih baik lakukan pemanasan saja agar tidak mengundang tatapan – tatapan aneh dari orang disekitarmu. 

3. Bermain atau mendengarkan musik

Musik memiliki kaitan yang erat dalam kehidupan sehari-hari. Hampir semua orang pasti memiliki lagu atau genre kesukaannya masing-masing. Bahkan faktanya, musik memiliki banyak manfaat bagi manusia, seperti dapat membantu meredakan stress dan menambah semangat dalam diri. Ketika emosi melandamu, coba deh ambil gitar kesayanganmu dan mainkan beberapa lagu kesukaanmu. Jika kamu gemar mendengarkan musik, coba putar playlist lagu kesukaanmu dan fokuskan pikiranmu pada lagu tersebut. Dengan melakukan aktivitas atau hal yang kita sukai ternyata efektif dapat membuat mood lebih baik loh.  

4. Luapkan dalam bentuk tulisan

Adakalanya kita merasa tidak enak dan ingin menyendiri ketika emosi datang menghampiri. Entah karena tidak ingin orang lain mengetahui perasaan aslinya atau karena overthinking dengan bagaimana reaksi orang lain terhadapnya nanti. Sebagian orang lebih memilih untuk menutupi dan mengubur dalam-dalam emosinya. Padahal kita tetap bisa lho meluapkan emosi tanpa harus melibatkan orang lain, salah satunya dengan menyalurkannya dalam bentuk tulisan. Buku diary, notes handphone, blog sampai platform sosial media dapat digunakan untuk menulis unek-unek yang kamu rasakan. Tapi jika kamu menulis di platform yang sekiranya dapat dibaca oleh orang lain, sebaiknya tetap gunakan etika dan bahasa yang baik agar nantinya tidak akan menambah masalah kamu dikemudian hari ya. 

Nah itulah beberapa tips meluapkan emosi dengan elegan yang dapat kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari yang ternyata menyenangkan jika dilakukan. Nyatanya, semua manusia pasti pernah merasa sedih dan kecewa dalam hidupnya, karena ini adalah fitrah semua manusia. Tapi jangan sampai emosi yang melandamu ini malah mengganggu orang-orang terdekatmu hanya karena tidak disalurkan dengan baik, ya. 


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

salmaaa

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap