Memahami Arti dari Efisiensi Energi


Memahami Arti dari Efisiensi Energi 1

Banyak sekali definisi dari kata Efisiensi Energi, salah satu diantaranya adalah berbagai macam tekhnik dan metode yang dapat menghasilkan penggunaan energi yang lebih efektif dan efisien guna membantu mengatasi peningkatan permintaan energi global.

Contoh sederhana dari efisiensi energi tersebut adalah penggunaan lampu hemat energi untuk mengganti bola lampu pijar tradisional.

Efisiensi energi menjadi bahan yang menarik untuk diperbincangkan pada beberapa tahun terakhir, karena kebutuhan dunia terhadap energi terus meningkat.

Memahami Arti dari Efisiensi Energi 3

Dengan melakukan efisiensi energi, maka akan diperlukan energi yang lebih sedikit untuk sebuah aktifitas, sehingga pemanfaatan energi secara global dapat lebih maksimal, artinya dapat lebih memenuhi kebutuhan konsumen dalam jumlah yang besar.

Hingga kini dunia IPTEK tidak henti-hentinya mencari teknologi energi yang terbarukan dan lebih efisien, namun belum ada yang mampu memberikan jawaban dan solusi yang memadai yang dapat menciptakan energi terbarukan yang lebih efisien.

Padahal, menurut penelitian yang dilakukan International Energi Agency, kalau saja efisiensi energi saat ini bisa dilakukan dengan maksimal lewat sektor industri dan transportasi, maka akan dapat memberikan kontribusi dengan mengurangi sebanyak sepertiga dari kebutuhan energi dunia.

Selain itu, efisiensi energi juga dapat meningkatkan keamanan dan kemandirian energi, karena impor bahan bakar asing bagi sebagian besar negara di dunia dapat ditekan dan dikurangi, serta dapat memperlambat jalannya penipisan cadangan sumber daya energi di dalam negeri.

Memahami Arti dari Efisiensi Energi 4

Keberadaan energi menjadi hal yang sangat signifikan untuk diperhatikan, karena keberlangsungannya membawa dampak secara langsung di semua sektor kehidupan, utamanya sektor ekonomi, karena pesatnya pertumbuhan ekonomi akan berbanding lurus dengan meningkatnya kebutuhan energi.

Mencuplik kembali hasil penelitian yang dilansir International Energi Agency yang mengatakan bahwa salah satu pengguna energi, utamanya energi listrik adalah sektor industri, maka perlu kiranya bagi mereka yang bergerak di bidang industri untuk mulai melirik serangkaian upaya untuk melakukan penghematan energi.

Hal ini perlu dilakukan, tidak saja untuk kepentingan global yang semakin dihantui oleh situasi yang bernama krisis energi, tapi juga untuk kepentingan dari industri itu sendiri, karena dengan efisiensi energi yang dilakukan, maka profitabilitas dari perusahaan juga akan meningkat. (*)


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

aguskurniawan

   

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap