Memasak Makananmu Sendiri di Rumah Ternyata Memiliki Beragam Manfaat, Lho!

Memasak Makananmu Sendiri di Rumah Ternyata Memiliki Beragam Manfaat, Lho! 1

Sekarang ini, perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk hidup serba praktis. Salah satunya dalam hal menyiapkan makanan untuk kita konsumsi sehari-hari. Perkembangan teknologi memudahkan kita untuk memesan atau membeli makanan tanpa harus keluar rumah. Tinggal pilih makanan yang kita inginkan, bayar, tunggu pesanan datang, dan kita langsung dapat menyantap makanan tanpa harus repot-repot memasaknya.

Gaya hidup semacam ini mudah kita temukan di sekeliling kita, termasuk kita sendiri yang juga sering memesan atau membeli makanan dari luar. Ada beragam alasan bagi banyak orang dan kita sendiri kenapa lebih memilih memesan atau membeli makanan dari luar daripada memasak sendiri, seperti karena tidak memiliki banyak waktu, repot, malas membersihkan dapur setelah memasak, membeli makanan di luar lebih praktis, makanan dari luar lebih variatif dan sebagainya. Padahal sebenanya, memasak makanan sendiri di rumah dapat menjadi penyeimbang dengan kesibukan kita, lho. Pasalnya, memasak makanan kita sendiri di rumah dapat membantu kita merasa lebih bahagia dan sejenak dapat melupakan kepenatan dan kesibukan harian kita.

Benar bahwa tidak ada kewajiban atau keharusan untuk memasak makanan kita sendiri di rumah. Terlebih saat perkembangan teknologi ini membuat segalanya menjadi tampak lebih mudah. Namun, tidak ada salahnya bukan, sesekali kita memasak makanan kita sendiri di rumah? Nah, berikut merupakan beberapa manfaat yang dapat kita rasakan kalau kita memasak sendiri makanan kita.

1. Lebih sehat

Sepertinya semua orang paham dengan teori ini bahwa memasak sendiri makanan kita akan lebih sehat daripada membelinya dari luar. Dengan memasak sendiri, kita dapat memastikan bahwa semua bahan yang kita masak benar-benar dalam kondisi baik dan layak konsumsi. Dengan memasak sendiri di rumah, kita juga dapat menjamin kebersihan dari masakan kita, sehingga akan meminimalisasi rasa khawatir kita terhadap efek yang mungkin dapat ditimbulkan karena makanan yang kita konsumsi. Selain itu, dengan memasak sendiri makanan kita, kita dapat mengontrol jumlah kalori hingga gizi yang masuk ke tubuh kita.

2. Menenangkan pikiran dan meredakan stres

Memasak dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk terapi pikiran. Mengolah beragam bahan makanan hingga menjadi suatu hidangan dapat membantu mengembalikan fokus kita. Perpaduan antara bahan, bumbu, dan proses kita dalam memasak dapat membantu menenangkan pikiran kita. Apalagi setelah makanan kita jadi dan kita makan, pikiran kita akan menjadi tenang dan bahagia.

3. Sarana mengembangkan diri

Hampir tidak ada aturan paten bagaimana seharusnya kegiatan memasak itu berjalan. Kita selalu bisa mencoba hal-hal baru di dapur kita sendiri. Kita juga bisa mengkreasikan aneka masakan yang disesuaikan dengan selera kita. Ini menjadi salah satu alternatif cara yang mudah untuk mencoba mengembangkan diri kita. Kreativitas, kepercayaan diri, keberanian mengambil keputusan, kesabaran, fokus, merupakan beberapa softskill yang mungkin akan kita dapatkan dan berkembang saat kira menikmati proses memasak.

4. Hemat

Mungkin ini terdengar klise, tapi untuk banyak kasus, memasak makanan sendiri di rumah terbukti dapat menghemat pengeluaran. Alokasi dana unuk konsumsi sehri-hari memang tidak sedikit. Dengan menghemat pengeluaran untuk makanan, kita dapat mengalihkan sebagian alokasi konsumsi untuk hal lain, investasi atau menabung, misalnya. Menyusun strategi atau tips sangat direkomendasikan agar makanan yang akan kita masak benar-benar kita konsumsi agar tidak ada yang terbuang atau pengeluaran justru bertambah krena kita terlalu banyak membeli bahan makanan.

Yuk, kita mulai memasak makanan kita sendiri di rumah mulai dari sekarang!

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

inayakh