Memasak Nasi Hanya 10 Menit, Simak 5 Langkahnya!

Memasak Nasi Hanya 10 Menit, Simak 5 Langkahnya!

Ada banyak cara namun, semuanya paling tidak membutuhkan waktu 30 menit. Kadang kita dalam kondisi membutuhkan sesegera mungkin, seperti perut sudah sangat lapar namun tidak ada yang siap dimakan. Atau ketika jam berangkat bekerja sudah sangat dekat sedangkan kita belum menyiapkan untuk sarapan. dengan penanak listrik pun harus menunggu paling tidak 30 sampai 40 menit. Apalagi dengan cara tradisional, akan memakan waktu lebih lama lagi. 

unsplash.com/ Pille R. Priske
unsplash.com/ Pille R. Priske

Tenang saja, sekarang ada cara yang hanya membutuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Iya, hanya 10 menit, super kilat, kan? Hasil nasinya pun lebih pulen daripada dimasak dengan metode biasa. Cara memasaknya relatif mudah bahkan anak-anak usia sekolah dasar pun dapat melakukannya. yang digunakan juga sangat familiar, hampir semua rumah memiliki ini. Penasaran, kan? Nah,simak, yuk 5 langkah hanya 10 menit!

Baca juga  Telur Rebus Terdapat Warna Abu Pada Permukaan Kuning Telurnya? Amankah?

1. Cuci beras

Memasak Nasi Hanya 10 Menit, Simak 5 Langkahnya!

Cuci beras sampai bersih. Kebersihan beras sangat berpengaruh pada keawetan setelah matang jadi pastikan bersih ketika mencuci beras. Selain itu, beras yang dicuci bersih menghasilkan yang putih cerah. Lebih baik gunakan air mengalir ketika mencuci beras agar kotoran pada beras mengalir.

2. Tuang beras ke dalam

Memasak Nasi Hanya 10 Menit, Simak 5 Langkahnya!

Setalah beras dicuci bersih, masukan ke dalam lalu beri air sebagaimana biasa. Jadi meski cara memasaknya berbeda namun, untuk takaran air yang digunakan sama.

3. Kunci

unsplash.com/Nickolas Nikolic
unsplash.com/Nickolas Nikolic

Langkah selanjutnya adalan kunci lalu masak di atas kompor dengan api besar sampai mengeluarkan bunyi khasnya. Biasanya pada kompor ada tanda api 1 dan 2, untuk api besar ini pilih tanda api 2. 

Baca juga  Harus tau! 5 masakan nasi khas jawa tengah yang bikin ngiler

Pastikan benar-benar terkunci karena bila tidak terkunci maka tidak akan mengelurkan bunyi. 

4. Ganti api sedang

unsplash.com/KWON JUNHO
unsplash.com/KWON JUNHO

Setelah presto mengeluarkan bunyi khasnya, ganti ke api sedang lalu masak kembali kurang lebih 5-7 menit. Kalau api besar biasanya tandanya tanda api 2, maka untuk api sedang ini tanda api 1.

Sebenarnya untuk tahap ini, lamanya tergantung jumlah beras yang dimasak. Untuk beras 500 gram biasanya 5-7 menit sudah cukup. Kemudian, pada tahap yang kedua ini, harus hati-hati karena kalau terlalu lama akan membuat  menjadi gosong. Gunakan timer supaya ingat kapan harus mematikan kompor.

Baca juga  7 Hobi Penghilang Stres Di Masa Pandemi

5. Matikan api

Setelah lima menit dimasak dengan api sedang, matikan api kompor. Tunggu uap panasnya hilang atau angkat sedikit tombol uapnya agar uapnya keluar. untuk , jangan membukanya ketika uap panas masih di dalam panci, ya karena akan mengakibatkan seperti meledak.  Setelah itu buka penutup , angkat nasi ke wadah nasi. Nasi pun siap dinikmati. 

Nasi yang dimasak dengan panci presto lebih pulen daripada dimasak dengan penanak nasi listrik. Selain itu nasinya juga lebih awet. Bila dihangatkan pun tetap akan pulen seperti biasa. 

Itulah cara nasi super kilat, hanya membtuhkan waktu kurang lebih 10 menit. Sangat menghemat waktu.  Selamat mencoba!

Memasak Nasi Hanya 10 Menit, Simak 5 Langkahnya!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

A Yahya Hastuti