Membaca Pesan Ini, Mahasiswa Baru Akan Siap Menghadapi Dunia Perkuliahan

Membaca Pesan Ini, Mahasiswa Baru Akan Siap Menghadapi Dunia Perkuliahan

Dear, baru. Kamu adalah harapan baru bagi bangsa, yang hadir dengan semangat yang membara. Jangan sampai percikan air yang datang meredupkan api semangatmu.

Memasuki dunia perkuliahan, baru mungkin terkejut dengan lingkungan baru yang ada di dalam . Berikut ini beberapa pesan untuk baru agar selalu siap menghadapi dunia perkuliahan

1. Tujuan Masuk

menjadi satu tahapan dalam proses pencapaian cita-cita. Kamu harus selalu mengingat tujuan kamu masuk , misalnya ingin menjadi ‘sesuatu’ sesuai dengan cita-citamu, ingin membahagiakan orang tua, dan tujuan lainnya yang positif. Ini akan menjadi pondasi agar kamu tetap semangat, dan menjadi perisai pelindung ketika godaan malas mulai datang.

Baca juga  Jangan Sepelekan Hal Ini Agar Wisuda Online Kamu Tetap Berkesan

2. Keseimbangan dan Organisasi

Saat merasakan segarnya nuansa baru, kamu mungkin disuguhi berbagai macam organisasi atau komunitas yang ada di . Kamu bisa memilih salah satu sesuai dengan minat dan kemampuan kamu. Namun, fokus utama kamu tetap .

Disarankan saat perkuliahan berlangsung, kamu benar-benar menyimak dan memahami apa yang diajarkan oleh Dosen. Jika ada yang belum dipahami terkait materi , segeralah bertanya kepada dosen atau teman kelas yang sudah paham. Sehingga di luar jam , kamu tidak lagi tertinggal materi dan bisa memanfaatkan waktu untuk berorganisasi.

Baca juga  Tips yang Wajib Dilakukan Mahasiswa Baru di Semester Pertama

3. Pertemanan

Di dalam , ada banyak orang yang akan kamu temui. Kamu harus pandai memilih siapa yang akan menjadi teman seperjuanganmu. Mereka yang selalu support dalam kebaikan dan mengingatkan ketika kamu berada di jalan yang salah.

4. Selalu Ada Jalan dalam Mengatasi Kendala Biaya

Seringkali baru bingung bagaimana mendapat penghasilan untuk membantu meringankan biaya . Jangan sampai biaya menjadi hal yang membuat kamu down.

Tetap semangat, percaya diri, dan mulailah menyusun apa yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa berjualan, mengajar les privat, atau mencari beasiswa.

Baca juga  Jangan Biarkan Skripsi Mengganggu Kesehatan Kalian!

Berjualan menjadi salah satu cara yang bagus karena dapat mendatangkan untung yang besar jika kamu tepat memasarkannya. Kamu bisa awali dengan menjual makanan dan minuman yang terjangkau dan disukai oleh .

Tak jarang mereka lebih memilih untuk membeli makanan yang dijual keliling daripada harus keluar gedung untuk ke kantin.

Kamu juga bisa mencari informasi les privat baik online atau offline. Biasanya ada tempat les yang menerima sebagai pengajar di tempatnya.

Selain itu, kamu bisa mencari informasi beasiswa melalui internet atau menanyakan kepada kakak tingkat. Kenali dan temui kakak tingkat yang baik dan berpengalaman, ia akan menjelaskan secara detail terkait beasiswa yang diketahuinya.


Nah, itu dia beberapa pesan untuk kamu yang akan atau sudah menjadi baru. Semangat selalu ya dalam menghadapi setiap masalah yang ada!

Baca Juga

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Muhammad Dede Firman