Membangkitkan Semangat Di Hari Libur


Membangkitkan Semangat Di Hari Libur 1

Setelah beraktivitas dari hari Senin sampai Jumat,  akhir pekan  merupakan saat yang dinanti. Kamu dapat memanfaatkan akhir pekan untuk refreshing, istirahat, atau menekuni hobi. Namun kadang libur di akhir pekan berlalu sia-sia. Tidak terasa hari sudah berganti dan kamu harus bersiap kembali untuk beraktivitas. Agar hari liburmu bermanfaat, lakukan hal berikut:

1. Buat plan apa yang kamu lakukan

Ini sangat penting. Tanpa plan kamu bisa saja menghabiskan waktu tanpa ada manfaatnya. Misal hanya tiduran saja sepanjang hari. Dalam plan yang kamu buat, cantumkan aktivitas yang akan kamu lakukan dan berapa lama waktunya. Misal bangun pagi jam 5-6 WIB dilanjut salat subuh, lari pagi. Jam 6-7: membersihkan kamar, mandi, sarapan. Jam 7-8: antar ibu ke pasar, dan seterusnya.

2. Bangun pagi

Meski hari libur dan kamu bisa sedikit santai, jangan membuat kamu malas bangun pagi ya. Karena bangun pagi dan udara segar yang masuk ke tubuhmu akan membawa aura positif sepanjang hari. So, biar kamu tetap bisa bangun pagi, malamnya jangan tidur terlalu malam agar waktu istirahatmu tetap cukup. Bangun pagi juga sangat baik untuk kesehatan. Udara yang segar di pagi hari dapat membersihkan rongga paru-paru.

3. Bersihkan rumah

Ini penting. Rumah dan lingkungan yang bersih akan memberimu suasanya rileks dan nyaman. Kamu bisa mengganti seprai dan korden dengan yang bersih dan wangi, menata kembali barang-barang koleksi, menyortir barang yang sudah tidak dipakai, merapikan kembali isi lemari pakaian. Jangan lupa bersihkan lantai dan pel dengan menggunakan cairan yang wangi. Aroma segar dari rumahmu akan meningkatkan semangatmu.

4. Tetap sarapan dan makan sehat

Karena seharian di dalam rumah, kita sering menunda untuk sarapan. Jangan lakukan ini! Sarapan penting bagi kesehatan. Asupan makanan dari sarapan akan menjadi energi untuk melakukan aktivitas sepanjang hari.  Sarapan yang kita makan tidak perlu banyak, yang penting cukup untuk memenuhi semua kebutuhan gizi bagi badan kita. Pastikan untuk menyantap makanan sehat seperti sayuran dan buah.

5. Sempatkan tidur siang

Ketika hari libur, tidur siang merupakan hal yang perlu kita lakukan. Kegiatan yang hanya dapat dilakukan saat libur ini akan mengembalikan kesegaran tubuh kita yang lelah selama bekerja. Pastikan kamu mendapatkan tidur cukup dan berkualitas. Sebagai pengantar tidur, kamu dapat membaca buku atau menikmati musik klasik yang kamu suka

6. Sisihkan waktu untuk orang terkasih

Keluarga kita adalah orang yang turut menanti hari libur kita. Mereka tentu berharap dapat menikmati hari liburmu bersama. Jangan habiskan waktumu hanya untuk menikmati hobimu sendiri. Libatkan orang terkasih dalam kegiatan liburmu. Masak bersama, makan bersama atau sekedar menikmati teh hangat cukup membuat mereka senang. Suasana bersama dengan orang terkasih akan membuatmu semangat kembali.

Sudah punya rencana untuk hari liburmu? Pastikan hari liburmu berkualitas dan berguna. Selama menikmati hari libur jangan forsir tenagamu ya! Kamu juga harus bersiap untuk beraktivitas kembali di awal minggu.


Digstraksi adalah platform menulis independen, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Isnaini

   

Mantan bankir, ibu rumah tangga yang mempunyai hobi menulis dan merajut. Menulis merupakan cara untuk menambah teman, ilmu dan wawasan.

Subscribe
Notify of
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
Copy link
Powered by Social Snap