Membuat Rawon Sendiri Khasnya Jawa Timur

Membuat Rawon Sendiri Khasnya Jawa Timur 1

Rawon merupakan makanan khas Jawa timur dengan sajian menarik sup daging sapi yang terkenal.

Rawon ini identik dengan sup berwarna hitam pekat ditambah dengan daging irisan kotak-kotak yang menjadi ciri khas dari sup rawon ini.

Rawon diubat dari bahan rempah alami, salah satunya adalah fermentasi buah kluwek yang memiliki aroma rempah yang sangat kental.

Nasi rawon awalnya merupakan makanan khas Surabaya, Jawa Timur dan lambat laun semakin banyak digemari dan menjadi sajian kuliner se jawa timur.

Rasanya tak asing lagi dengan rawon itulah ikon kuliner Jawa timur yang menggunggah selera makan se nussntara.

Tak hanya dijawa timur saja, rawon sudh populer dan merambah ke berbagai Nusantara di setiap restoran-restosan Indonesia rasanya sudah mengenal masakan ini.

Selain itu juga makanan ini terkenal sampai ke.mancanegara khusus nya di Asia. Dan pernah dinobatkan sebagai kuliner SOP paling enak di Asia pada tahun 2020 silam.

Membuat Rawon Sendiri Khasnya Jawa Timur 3

Citarasanya yang khas dengan berbagai bahan alami, serta warna nya yang menggunggah selera membuat SOP ini menjadi yang terbaik.

Sebuah situs yang berpusat di Kroasia bernama TasteAtlas pernah menyebutkan jika Rawon merupakan makanan terenak dan terlezat di Asia pada tahun 2020.

Situs ini pada dasarnya berisi tentang konsten kuliner dengan berbagai masakan seluruh dunia.

Makanan lebih identik dengan makanan tradisional atau makanan lokal setempat. Dengan penjelasan dan juga analisa kuliner oleh berbagai ahli kuliner yang ada di dunia.

Rasanya yang gurih dengan perpaduan banyak bumbu terutama bumbu rempah membuat masakan ini sebenarnya sulit untuk dimasak sendiri, mengingat bahannya yang terllau banyak.

Namun kalian tidak perlu repot, karena berikut resep menarik membuat rawon sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang bisa kalian siapkan :

-Yang pertama tentunya daging sapi, daging sapi ini bisa kalian ira-ira berapa jumlahnya sesuai selera kalian.

-Kedua kalian siapakan bawang putih, bawang merah, dan yang paling utama yaitu buah kluwek atau kluwak sesuai porsinya.

-Berikutnya adalah ketumbar, bisa ketumbar bubuk, kemiri, lengkuas, daun serai, taoge, kunyit, , merica, jahe, garam, dan air secukupnya.

-Bisa juga kalian siapkan kerupuk udang, sambel terasi khas daun jeruk, gula dan garam secukupnya.

Membuat Rawon Sendiri Khasnya Jawa Timur 4

Cara Memasaknya:

Pertama kalian rebus daging dalam air yang sudah,   dipanaskan sampai benar-benar empuk dan matang.

Setelah daging benar-benar matang dan empuk, kemudian kalian iris daging membentuk kotak-kotak kemudian kalian ambil bekas rebusan daging dan sisihkan.

Setelah kalian potong-potong daging, kemudian kalian masak lagi daging tersebut dengan menambahkan daun serai, lengkuas serta daun jeruk.

Kemudian haluskan atau tumbuk bisa kalian blender buah kluwak, bawang putih, bawang merah, kemiri, ketumbar, merica, jahe, kunyit, denga menambahkan gula dan garam jadikan satu semuanya sampai benar-benar halus.

Setelah siap bumbu yang dihaluskan tadi dimasukkan ke dalam wajan yang sudah dituang minyak goreng, lalu kalian tumis bumbu tadi benar-benar tercium aromanya yang sedap.

Langkah selanjutnya kalian masukan bumbu yang sudah di tumis tadi ke dalam daging yang sedang direbus agar bumbu bisa meresap ke dalam daging.

Selain itu aduk bumbu dalam rebusan daging agar bercampur dengan daging dan meresap secara merata.

Rebus daging sampai benar-benar empuk, masukan daun bawang dan biarkan sampai empuk jika air sudah habis sebelum daging empuk atau matang, kalian tambahkan air secukupnya.

Setelah itu barulah sup rawon daging sapi dengan kuahnya, siap dituangkan ke dalam sebuah mangkok kecil, dan tambahkan kerupuk udang, telur asin, dan juga bawang yang sudah digoreng, serta tauge dan juga sambel terasi yang sudah disiapkan.

Lalu rawon pun sudah siap dihidangkan. Dan rasakan rawon buatan sendiri yang tak kalah enak dengan rawon pada umumnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susi Idayanti