Mempercantik Diri Di Tengah Pandemi

Mempercantik Diri Di Tengah Pandemi 1

Pandemi covid-19 yang belum usai tak menyurutkan minat wanita untuk merawat diri. Terbukti dari banyaknya marketplace brand skincare yang meraup keuntungan lebih banyak saat pandemi dari biasanya. Baik brand local maupun brand luar berlomba-lomba menampilkan produk dan varian terbarunya. Tak hanya itu para small business pun ikut mengambil alih dengan mempromosikan masker organik yang tengah digandrungi saat ini.

Salah satu wanita berkomentar bahwa saat ini produk skincare lebih digemari ketimbang produk make-up dikarenakan imbauan pemerintah untuk tetap berada di rumah saja sehingga merawat diri dinilai sebagai pengisi waktu bosan dikala pandemi. Selain produk skincare adapula produk bodycare dan haircare secara berurutan.

Adapun iklan-iklan produk skincare yang persuasif dinilai semakin menambah tingkat konsumsi produk tersebut. Saat ini metode pengiklanan produk yang efektif adalah melalui media sosial seperti instagram, twitter, ataupun tiktok. Jasa endorsement pun dilihat sebagai peluang yang baik dalam mempromosikan produk.

Produk skincare yang kerap kali dibeli oleh kaum hawa, meliputi facial wash, serum, moisturizer, sunscreen, essence, cleansing balm dan sebagainya. Bagi sobat basabasi yang baru pertama kali menggunakan rangkaian skincare, dianjurkan untuk membeli tiga basic skincare yakni facial wash, moisturizer, dan sunscreen. Penggunaan skincare juga harus disesuaikan dengan jenis kulit, apakah kulit normal, berminyak, kombinasi atau sensitif. Untuk mengecek produk skincare yang cocok di kulit muka, maka sobat bisa mencoba mengaplikasikannya di belakang daun telinga. Apabila dalam seminggu tidak ada reaksi apapun maka produk tersebut boleh dibilang aman untuk kulit Anda.

Bagi sobat yang ingin mencoba tahapan skincare secara urut, maka Anda bisa mencoba rangkaian di bawah ini:

1. Facial Wash

Tentunya saat sobat bangun tidur, kulit wajah akan terasa berminyak dan kotor. Oleh sebab itu, tahapan awal skincare dimulai dengan mencuci muka menggunakan facial wash. Kulit wajah yang bersih akan mempermudah produk-produk selanjutnya menempel dan meresap ke dalam kulit wajah dengan sempurna.

2. Toner wajah

Rangkaian selanjutnya adalah penggunaan toner wajah yang berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel saat mencuci muka. Selain itu, toner wajah juga berguna untuk mengembalikan pH kulit yang hilang.

3. Essence

Penggunaan essence dapat dibilang opsional tergantung dari kebutuhan kulit wajah Anda. Essence sendiri berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat menyerap lebih baik ke dalam kulit.

4. Serum

Selanjutnya adalah serum wajah yang dinilai lebih efektif meresap ke dalam kulit dibandingkan pelembab. Hal ini dikarenakan serum memiliki kandungan konsentrat yang lebih tinggi. Cara penggunaannya dengan menuang 3-4 tetes serum ke telapak tangan kemudian tepuk tepuk secara merata ke kulit wajah. Perlu diingat bahwa serum dioleskan pada kulit yang sudah bersih.

5. Moisturizer

Penggunaan moisturizer atau pelembab berfungsi untuk melembapkan kulit, menghaluskan kulit serta menghindarkan kulit dari dehidrasi. Untuk kulit wajah kering, normal dan kombinasi dianjurkan untuk memilih pelembab bertekstur krim. Sedangkan tekstur gel dipilih bagi pemilik tipe wajah berminyak.

6. Sunscreen

Tahapan terakhir adalah penggunaan sunscreen atau tabir surya. Sunscreen dinilai sangat penting dalam urutan skincare. Produk ini berfungsi untuk membantu melindungi wajah dari penuaan akibat paparan sinar matahari. Sobat disarankan untuk menggunakan sunscreen minimal spf 30. Sunscreen dinilai sebagai pengunci agar skincare bekerja secara maksimal di wajah.

Mempercantik Diri Di Tengah Pandemi 3

Rangkaian tersebut merupakan tahapan skincare sehari-hari. Sobat dapat pula menggunakan masker setiap seminggu sekali jika dinilai belum cukup. Saat ini banyak varian masker yang beragam, seperti masker organik, peel off mask, sheet mask, dan sebagainya. Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan kulit wajah. Selain penggunaan masker, adapun rangkaian yang seringkali digunakan karena dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah yakni eksfoliasi.

Eksfoliasi sendiri terdiri dari dua jenis yaitu physical exfoliate dan chemical exfoliate. Physical exfoliate contohnya adalah scrub wajah sedangkan chemical exfoliate contohnya toner khusus eksfoliasi. Perlu diingat bahwa eksfoliasi ini tidak boleh dilakukan setiap hari karena dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi kering, kasar, dan bahkan bisa berakhir kemerahan sehingga pemakaiannya dibatasi hanya satu kali seminggu atau gunakan setiap dua minggu sekali agar aman.

Rangkaian penggunaan skincare pagi dan malam pun bisa berbeda. Perbedaannya terletak saat tahapan membersihkan wajah. Sobat dapat memilih tahapan membersihkan wajah, apakah ingin tahapan double cleansing atau triple cleansing. Double cleansing meliputi membersihkan sisa make up menggunakan micellar water kemudian dilanjut dengan mencuci muka menggunakan facial wash. Sedangkan untuk triple cleansing, perlu menggunakan produk milk cleanser setelah menggunakan micellar water dan dilanjutkan dengan facial wash.

Selain itu, untuk tahapan skincare di malam hari, sobat bisa menggunakan produk eye cream yang berfungsi untuk menghilangkan masalah mata panda, mata berkantung dan kerutan pada mata. Anda bisa menggunakannya dengan cara mengoleskan krim ke area bawah mata secara perlahan. Saat malam hari tentunya kita tidak akan menggunakan sunscreen sebagai pengunci produk, namun sebagai gantinya kita bisa menggunakan sleeping mask yang berfungsi untuk mengunci kelembapan kulit wajah saat tidur.

Penggunaan tahapan skincare yang banyak maupun yang sedikit, semuanya tergantung dari jenis kulit wajah masing-masing individu. Sobat basabasi jangan menelan semua informasi baik dari beauty influencer maupun review produk orang lain karena setiap kulit wajah tentunya memiliki penanganan yang berbeda-beda. Gunakanlah skincare yang memang dibutuhkan oleh kulit wajah Anda agar tidak terjadi penumpukan sisa skincare di kulit wajah. Selain itu, selalu ingat untuk membeli produk yang terjamin orisinalitasnya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Yuk mulai sekarang rawat diri masing-masing karena kalau bukan diri kita sendiri, siapa lagi yang akan merawatnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

sylvianidya