Menanam Buah dengan Sistem Hidroponik

Menanam Buah dengan Sistem Hidroponik 1

DEWASA ini sebuah budidaya tanaman atau buah-buahan dengan sistem akuaponik maupun hidroponik ini mulai banyak digemari atau diminati oleh para pelaku pertanian, namun belum banyak yang begitu tahu dan paham mengenai Apa itu sistem akuaponik maupun hidroponik.

Akuaponik atau hidroponik merupakan sistem yang menggabungkan antara media tanaman dengan kolam yang berisi ikan yang mana media tanam yang menggabungkan antara hewan dan tumbuh-tumbuhan atau buah-buahan.

Kemudian diisi dengan media tanah kemudian dijadikan sebagai media tanam untuk beberapa jenis sayuran maupun buah-buahan yang diletakkan di atas kolam yang berisi ikan.

Sistem aquaponik maupun hidroponik ini merupakan sistem bercocok tanam yang menguntungkan dan juga mempercepat pertumbuhan tanaman maupun buah-buahan karena langsung berinteraksin dengan ekosistem ikan yang hidup di media kolam.

Kemudian air dalam kolam disalurkan melalui pipa yang akan terkontaminasi dengan media tanaman tersebut.

Secara umum sistem aquaponik maupun hidroponik merupakan penggabungan antara pertanian atau agrikuluture dengan perternanakan.

Nah berikut beberapa jenis buah yang bisa ditanam melalui media hidroponik.

Anggur

Menanam Buah dengan Sistem Hidroponik 3

Selain tanaman beberapa buah pun juga bisa ditanam melalui media aquaponik atau hidroponik salah satunya adalah anggur.

Anggur merupakan buah yang tumbuh merambat ini juga bisa ditanam melalui media aquaponik atau hidroponik dimana pertumbuhan buah anggur ini juga berkisar antara 3 sampai 5 bulan.

Buah anggur ini merupakan salah satu buah yang cukup diminati khususnya masyarakat Indonesia karena dinilai buah ini disebut langka, di Eropa sendiri buah ini juga sangat diminati, dan hidup di wilayah yang suhunya dingin.

Meski begitu menanam buah anggur tidaklah sulit mengingat hanya membutuhkan media tanam dengan dukunhan nutrisi yang memadai yaitu dalam hal ini dari kolam ikan yang disuplai melalui saluran air untuk berinteraksi secara langsung dengan media tanam.

Untuk memulainya anggur ini kita juga menyiapkan akar dari buah anggur, kemudian dikembangkan atau dicangkok, setelah itu secara otomatis akan tumbuh subur di atas kolam aquaponik atau hidroponik.

Strowberry

Menanam Buah dengan Sistem Hidroponik 4

Jenis buah-buahan yang berikutnya adalah strawberry. Ini merupakan salah satu buah yang cukup langka dan juga jarang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.

Buah strawberry ini juga bisa dibudidayakan melalui sistem aquaponik ataupun hidroponik.

Buah strawberry ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang sering digunakan untuk hiasan hiasan kue maupun hiasan-hiasan makananm

Bentuknya yang kecil dan juga menarik warnanya yang cukup merah ini, membuat daya tarik tersendiri bagi buah ini.

Kita bisa memulai menanam buah strawberry di atas kolam aquaponik maupun hidroponik.

Tomat

Buah yang berikutnya adalah buah tomat. Buah tomat ini bisa dikategorikan buah maupun kategorikan sebagai sayuran, dan karena kaya akan vitamin C yang bisa digunakan untuk mencerahkan wajah.

Buah tomat ini memiliki bentuk bulat berwarna merah yang agak besar yang bisa ditanam melalui sistem aquaponik maupum hidroponik.

Buah tomat akan tumbuh baik dengan nutrisi yang cukup dengan supply air yang memadai.

Kita bisa memanen buah tomat yang berkualitas tinggi dan lebih sehat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Susi Idayanti