Menantikan Putusan Kemenkumham terhadap KLB Demokrat Deli Serdang

Menantikan Putusan Kemenkumham terhadap KLB Demokrat Deli Serdang 1

Saat ini kita ketahui bagaimana kisruh masih terjadi di Partai Demokrat. Partai Demokrat saat ini memiliki dualisme kepengurusan, satu Partai Demokrat pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan versi Kongres Luar Biasa Deli Serdang yakni Moeldoko.

Sangat dinantikan adalah putusan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) apakah akan mensahkan atau tidak KLB Deli Serdang demi kepastian hukum. Kita ketahui bahwa sahnya kepengurusan sebuah partai harus melalui putusan Kemenkumham atau menggugat ke pengadilan demi kepastian hukum.

Sebab itu, patut kita nantikan terlebih dahulu sikap Kemenkumham terhadap KLB Deli Serdang. Dan, bagi pihak yang tidak sepakat dengan putusan Kemenkumham maka bisa melakukan gugatan atas putusan Kemenkumham ke Pengadilan Tata Usaha Negara sampai Mahkamah Agung demi putusan berkekuatan hukum tetap (in kracht).

Langkah-langkah hukum itu harus ditempuh demi sebuah kepastian dan keadilan hukum juga. Sampai saat ini masyarakat awam pasti bingung, siapa sebenarnya pengurus Partai Demokrat?. Karena itu patut ada kepastian dulu selanjutnya keadilan bagi seluruh kader Partai Demokrat.

Sumber: Gambar via Antara Foto/ Endi Ahmad
Sumber: Gambar via Antara Foto/ Endi Ahmad

Harapan kita sebenarnya ada sebuah kepastian terutama perdamaian dari kedua kubu. Persoalannya, jika kisruh tetap dipertahankan, maka tidak akan ada yang diuntungkan. Kedua kubu akan merasa dirugikan. Seperti istilahnya, ada yang jadi arang dan ada jadi abu.

Karena itu, kalau hal itu tidak diinginkan maka berdamai saja. Damai itu indah. Sudah ada beberapa partai politik yang pernah mengalami kisruh, tetapi mereka bisa juga damai meski masa waktu lama. Begitu juga Partai Demokrat harus bisa berdamai satu dengan lainnya.

Harapan juga agar Kemenkumham bisa bersikap adil demi kemanfaatan bersama. Takutnya, jika tidak adil akan ada pihak yang merasa curiga dan memikirkan ada unsur politik dari putusan Kemenkumham. Semoga tidak begitu. Kita ingin situasi politik semakin baik karena politik adalah ilmu ketatanegaraan yang sangat dibutuhkan memajukan Indonesia lebih baik.

Sistem politik harus mengedepankan demokrasi dan hukum diatas segala-galanya. Jangan sampai sistem politik kacau balau dikarenakan oknum-oknum tertentu yang merusaknya. Mari kita jaga sistem politik makin baik dan makin bersinar.

Politik adalah untuk bangsa dan negara. Jadi mari kita mainkan politik dengan santun dan baik, niscaya kita dapat hidup dengan sejahtera. Partai Demokrat pun harus mengedepankan politik santun dan baik. Jangan sampai kisruh ini jadi masalah berlarut-larut tiada habisnya.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.

Juandi M