Menata Ruang Tamu Minimalis, Its So Easy !

Menata Ruang Tamu Minimalis, Its So Easy ! 1

Keluarga kecil, penghasilan masih minim dan baru saja memiliki rumah minimalis adalah suatu fakta tersendiri dari kehidupan bermasyarakat. Indonesia “diselimuti” berbagai macam perumahan minimalis. Dari harga yang cukup hingga mahal, selalu ada dan tersedia disudut manapun.

Permulaan yang bagus jika kita sudah mengetahui kesukaan dari diri kita untuk mengisi kekosongan rumah baru. Ada yang memilih “mode” yang sama, yaitu mode minimalis, ada yang classic dan juga modern.

Bagi Anda yang baru memiliki rumah dan ingin mulai mengisinya dengan barang-barang yang Anda inginkan, mungkin perlu mencermati beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu, yaitu :

Jumlah Ganjil

Kalu kita memiliki barang, rasanya sangat kurang jika tidak diletakkan secara simetris dan berdampingan. Biasanya kita memberikan “teman” bagi sebuah barang yang kita letakkan sebagai furnitur. Barang-barang tersebut bisa berupa guci, kursi, tanaman atau figura.

Tapi jika kita hanya memiliki ruang yang terbatas, maka kita juga harus mulai memikirkan bagaimana cara untuk menempatkannya agar tidak memenuhi ruangan.

Cara yang paling sederhana adalah dengan menempatkan barang-barang sesuai dengan kebutuhan dan spasi dari ruangan tersebut. Dari setiap kebutuhan tersebut kita harus mencoba mengeliminasi sebagiannya. Misal diperlukan sofa, maka sofa tersebut kita cukupkan satu sofa panjang saja, tumbuhan yang cukup besar bisa di taruh di salah satu sudut saja, sebuah kursi selain di taruh dekat sofa walaupun warna dan jenisnya berbeda dengan sofa.

Beberapa barang yang kecil seperti figura, cermin, dan hiasan mini bisa diletakkan diatas sebuah meja. Jika anda memiliki partisi yang belum terpasang, maka anda cukup memasangnya secara ganjil dan dalam posisi yang tidak simetris.

Warna Pastel

Pilihlah warna setiap furnitur Anda dala corak warna yang soft. Warna-warna yang berani cukup anda sandingkan pada satu posisi saja, tidak untuk setiap sudut ruangan. Misal, Anda menaruh lemari hias classic dan sebuah cermin diatasnya, maka hal yang boleh Anda lakukan adalah memilih figura foto mini dengan warna yang mencolok untuk ditaruh di atas lemari tersebut, sehingga menarik perhatian tamu. 

Jika Anda memilih Sofa dengan warna grey. Maka, Anda dapat menyandingkannya dengan kursi dari bahan plastik dengan desain minimalis plus bercorak warna berani.

Selain dari itu, rasanya bisa kita cari dengan warna pastel kesukaan. Ingat, tidak terlalu ramai, hanya cukup satu warna berani di setiap sudut. Kalaupun tidak, juga tidak masalah, namun warna pastel juga terkesan tidak hidup dan ceria jika tidak dipadu padankan dengan baik.

Penataan Cahaya

Cahaya yang kurang baik hanya akan menyia-nyiakan beberapa barang yang Anda beli dengan cukup mahal, namun tidak terekspos dengan sempurna. Barang-barang ini memang tidak ditampilkan secara tegas ditengah-tengah ruangan, barang-barang koleks dan seni ini biasanya ditaruh pada posisi yang aman dan jauh dari jangkauan tangan.

Namun, apa jadinya jika barang tersebut hanya berada dikegelapan atau pencahayaan yang buruk. Tidak ada yang mengetahuinya. Sebuah barang seni juga ingin dipuji, jika dia hidup. Begitu juga dengan pemiliknya, pasti ingin dapat pujian atas koleksi barang seni tersebut.

Maka dari itu, pemilihan lampu dengan jenis LED di setiap sudut menjadi pilihan yang cerdas. Selain itu, jika bersanding dengan lampu tengah yang bernuansa classic juga menjadikan nilai tambah dari ruangan tersebut. Supaya tidak silau, usahakan semua lampu sudut memiliki ceruk dan hanya dengan kemiringan sekitar beberapa derajat saja, dan objek yang ingin kita sorot tidak berada terlalu jauh dari sorotan lampu.

Mezzanine Level

Ini adalah pilihan untuk memperluas dan memanfaatkan ruang udara yang tidak terisi. Solusinya adalah memodifikasi ruangan dengan menambah partisi setengah tingkat. Tujuannya agar partisi tersebut dapat kita gunakan sebagai ruangan tersendiri.

Lantai mezzanine bisa kita upayakan dengan menggunakan bahan dasar kayu dan besi, sehingga berbentuk semi permanen. Lantai tersebut nantinya dapat dijadikan ruang keluarga. Tingginya hanya seperdua dari lantai dasar ke atap atau plafon.

Ini juga merupakan solusi untuk melegakan ruangan minimalis yang cukup sempit. Butuh biaya tambahan untuk mewujudkan lantai ini, namun hasilnya akan tampak lebih modern dari rumah tetangga Anda.

Semoga bermanfaat.

Digstraksi adalah Media User-Generated, Semua karya tulis sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis. Kamu juga bisa mempublikasikan karya tulis & mendapatkan kompensasi berupa uang tunai, pelajari Di sini.